tampil moderen dengan Usaha Pembuatan Kain Batik Tradisional

Peluang Usaha Pembuatan Kain Batik Tradisional

Apakah anda termasuk orang yang cinta akan indonesia? Jika iya maka tidak ada salahnya anda lebih sering mengenakan batik yang biasa dijadikan sebagai simbol cinta anah air.
Nah pada kesempatan kali ini berwirausaha.net ingin membagikan ulasan mengenai peluang usaha produksi pembuatan batik dan keuntungan memulai usaha pembatikan pakaian ini, serta sedikit memberi gambaran kenapa usaha batik ini terbilang menjanjikan.

Apa itu Batik?

Batik merupakan kain bergambar yang pembuatannya dilakukan dengan menggunakan bahan kain dengan media gambar berupa malam atau lilin. Batik merupakan salah satu produk yang asli berasal dari indonesia yang sudah dikenal luas oleh masyarakat, bahkan dunia.

Kenapa usaha pembuatan batik menjanjikan untuk dikerjakan?

 Batik sudah di tetapkan sebagai pakaian wajib sejak tanggal 2 oktober pada masa presiden SBY, sehingga tidak heran jika batik merupakan pakaian yang pasti di butuhkan oleh semua orang selain itu batik merupakan pakaian formal yang sering dipakai pada keadaan formal yang pasti akan dipakai pada acara hajatan dan lain lian. Selain itu batik juga memiliki pasar yang luas menjangkau segala kalangan baik itu anak anak ataupun dewasa.

Apa kelebihan batik?

Batik memiliki banyak sekali corak dan jenis, umumnya setiap daerah memiliki jenis batiknya tersendiri dan tentu saja memiliki keindahannya masing masing.
Beberapa jenis batik paling terkenal diantaranya yaitu :

  • Batik pekalongan
  • Batik cirebon
  • kalimantan
  • Batik solo
  • Batik yogyakarta
  • Batik lasem
  • Batik madura dan masih banyak lagi…


Kenapa batik bisa sangat terkenal saat ini?

Seperti yang saya jelaskan jika batik sudah dikukuhkan menjadi salah satu pakaian wajib, selain itu batk juga dikukuhkan menjadi salah satu pakaian asli indonesia batik mulai dikenal dunia bahkan beberapa artis luar negeri pernah mengenakan batik dalam berbagai acara, ini menandakan jika batik merupakan pakaian yang mewah.

Apakah mengenakan batik hanya cocok pada keadaan formal saja?

Ya batik memang sangat direkomendasikan untuk keadaan formal, tapi karena sekarang ini motif batik semakin berkembang dan bentuknya pun sudah sangat berfariasi yang menyesuaikan dengan perkembangan jaman serta moderenisasi sehingga ragam pakaian batik saat ini jadi lebih modis dan bahkan sangat bagus dan cocok dijadkan pakaian sehari hari.

Bagaimana Sih Proses Pembuatan Batik itu?

 Proses yang akan saya jelaskan berikut ini merupakan proses pembuatan batik secara tradisional (manual).
alat dan bahan yang harus disiapkan untuk membuat batik :

  • Kain putih  (bisa terbuat dari sutra, moria tau katun)
  • Canting sebagai alat pembentuk motif,
  • Gawang (tempat untuk menyampirkan kain)
  • Lilin (malam) yang dicairkan
  • Panci dan kompor kecil untuk memanaskan
  • Larutan pewarna

proses pembutan batik tulis :

  1. Langkah pertama adalah membuat desain batik yang biasa disebut molani. motif yang sering dipakai ada dua jenis yaitu klasik yang berupa simbol-simbol atau logo dan motif pesisir dengan ciri gambar bunga dan kupu-kupu dan tumbuhan atau alam. Pembuatan design atau motif awal ini dapat menggunakan pensil.
  2. Setelah se;lesai membuat desain langkah kedua adalah melukis dengan (lilin) malam menggunakan canting dengan mengikuti pola yang telah dibuat.
  3. Selanjutnya menutupi dengan lilin malam bagian-bagian yang akan tetap berwarna putih (tidak berwarna). Canting untuk bagian halus, dan kuas untuk bagian berukuran besar. Tujuannya adalah supaya bagian yang diberi lapisan lilin tidak terkena warna.saat pencelupan bahan kedalam larutan pewarna.
  4. Tahap berikutnya, proses pewarnaan pertama pada bagian yang tidak tertutup oleh lilin dengan mencelupkan kain tersebut pada warna tertentu .
  5. Setelah dicelupkan, kain tersebut di jemur dan dikeringkan.
  6. Setelah kering, kembali melakukan proses pembatikan yaitu melukis dengan lilin malam menggunakan canting untuk menutup bagian yang akan tetap dipertahankan pada pewarnaan yang pertama.
  7. Kemudian, dilanjutkan dengan proses pencelupan warna yang kedua.
  8. Proses berikutnya, menghilangkan lilin malam dari kain tersebut dengan cara meletakkan kain tersebut dengan air panas diatas tungku.
  9. Setelah kain bersih dari lilin dan kering, dapat dilakukan kembali proses pembatikan dengan penutupan lilin menggunakan alat canting untuk menahan warna pertama dan kedua.
  10. Proses membuka dan menutup lilin malam dapat dilakukan berulangkali sesuai dengan banyaknya warna dan kompleksitas motif yang diinginkan.
  11. Proses selanjutnya adalah nglorot, dimana kain yang telah berubah warna direbus air panas. Tujuannya adalah untuk menghilangkan lapisan lilin, sehingga motif yang telah digambar sebelumnya terlihat jelas. Anda tidak perlu kuatir, pencelupan ini tidak akan membuat motif yang telah Anda gambar terkena warna, karena bagian atas kain tersebut masih diselimuti lapisan tipis (lilin tidak sepenuhnya luntur). Setelah selesai, maka batik tersebut telah siap untuk digunakan.
  12. Proses terakhir adalah mencuci kain batik tersebut dan kemudian mengeringkannya dengan menjemurnya sebelum dapat digunakan dan dipakai.

Sebenarnya sekarang ini sudah terdapat banyak cara lebih moderen dalam pembuatan batik yaitu menggunakan bantuan mesian tapi tentu saja hasil serta kwalitasnya tidak akan bisa menyamai keahian tangan tangan terampil dan pembatik tradisional.

Tips memulai usaha batik sendiri

  1. Buat model atau motif sendiri supaya berbeda dengan yang sudah ada.
  2. Jangan lpa memberi brand atau merek pada hasil karya anda.
  3. Terus berinovasi dan mengikuti perkembangan.
  4. Konsisten dan pantang menyerah.

mungkin hanya itu dulu yang bisa berwirausaha.net bagikan kali ini tentang peluang bisnis pembuatan batik tradisional yang menjanjikan, semoga bermanfaat dan sukses selalu dengan usaha anda.

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.