Untung menjadi petani timun yang menjanjikan

timun merupakan salah satu komuditi pangan pokok yang sangat dibutuhkan saat ini. mentimun biasa digunakan sebagai lalapan atau pendamping makanan, dalam industri pangan, timun merupakan lalapan paling utama berbagai macam kuliner, juga timun biasa dimanfaatkan sebagai jus, dan masih banyak manfaat lain sebagainya.
Contohnya yaitu pada kuliner pecel lele, sambel, dan makanan serupa.
Oleh sebab itu timun memiliki harga yang lumayan dipasaran.
Inilah alasan yang membuat usaha menanam timun bisa sangat menguntungkan karena timun memiliki nilai ekonomis cukup tinggi di mata masyarakat.

usaha timun

Potensi Pasar
Faktor utama pendorong yang menjadikan semakin banyaknya permintaan timun dipasaran, semakin banyaknya jumlah pengusaha rumah makan yang membutuhkan timun. Dan ini merupakan pertanda baik bagi para petani timun, karena kemungkinan hasil panen timun akan laku dipasaran.

Keuntungan bertani ketimun
Timun banyak dibutuhkan oleh pengusaha makanan dan kuliner. Meningkatnya permintaan pasar terhadap komoditi timun akan meningkatkan potensi pasar dan harga yang baik untuk timun. sehingga peluang usaha bercocok tanam timun juga semakin terbuka lebar.
Timun mudah untuk di budidaya
Harga timun termasuk stabil

Kenapa harus memilih timun ??
Alasan kenapa usaha bercocok tanam timun dipilih karena memiliki beberapa kelebihan, diantaranya adalah :

1. teknik dan cara budidaya yang mudah
Teknik dan cara budidaya yang relatif mudah menjadi keuntungan tersendiri pada usaha bercocok tanam timun. Dengan menerapkan teknik sederhana, budidaya timun tidak memerlukan banyak penanganan, biaya pemeliharaan selama proses produksi juga tidak terlalu besar.

2 timun  merupakan kebutuhan pokok
Timun merupakan salah satu lalapan wajib dalam berbagai masakan sehinga timun menjadi salah satu kebutuhan pokok yang pasti dibutuhkan setiap hari.

Tips memulai usaha bercocok tanam timun
Persiapan
Sebelum memulai usaha bercocok tanam timun ada beberapa persiapan yang perlu anda lakukan diantaranya :

1. Persiapan lahan
Sama seperti usaha bercocok tanam lain nya, menanam timun juga memerlukan persiapan khususnya pada lahan. Anda bisa membajak terlebih dahulu lahan yang hendak anda gunakan untuk menanam timun untuk menggemburkan tanah dengan cara mencangkul  untuk membuat timun anda bisa tumbuh secara maksmal.
Timun biasa ditanam pada tanah yang dibuatkan gundukan panjang untuk menghindari timun terendam air saat hujan. Bisa juga di buatkan pagar untuk merambat timun.

2. Persiapan bibit
Pilihlah bibit timun sesuai dengan target pasar anda,. Anda bisa langsung datang ketoko bibit dan berkonsultasi kepada penjual untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginan anda. Atau anda dapat membibit sendiri timun melalui proses pembibitan tentu saja hal ini memerlukan keterampilan khusus.
Tips memilih bibit timun yang baik  
Rendam benih selama 15 menit. Benih yang mengapung berarti benih yang jelek dan memiliki peluang kecil untuk tumbuh sehingga harus dibuang.

3. Penanaman
Benih yang tetap terendam berarti memiliki kwalitas baik selanjutnya direndam selama 24 jam.setelah itu, benih dipindahkan ke lipatan handuk basah selama 12 jam sampai akan bakal akar timbul.
Ketika akar mulai keluar, benih dapat ditanam langsung di tempat yang telah disiapkan. Pada musim hujan, pembibitan harus diberikan atap plastik transparan untuk menghindari timun mati karena terendam air.

4. Pupuk
Pupuk adalah tambahan agar membuat timun anda lebih subur dan sehat. Pilihlah pupuk sesuai dengan jenis timun anda. Jangan memberikan pupuk terlalu sedikit atau teralu berlebihan pada timun karena akan berdampak kurang baik pada kwalitas timun anda nantinya.

5. Penyakit
Hama adalah musuh utama para petani khususnya timun, hama yang biasa menyerang tanaman timun adalah ulat, belalang yang memakan daun timun sehingga pertumbuhan timun menjadi tidak maksimal atau bahkan bisa membuat timun mati.
Selain hama ada juga berbagai macam virus, Dan masih banyak lagi.
Anda bisa memilih obat sesuai dengan ang menyerang tanaman timun anda, berkonsultasilah dengan penjual obat hama dan virus tanaman timun karena mereka sudah paham obat hamamana yang cocok untuk digunakan.

6.Panen
panen biasa dilakukan setiap tergantung dengan pertumbuhan timun anda.
Untuk timun biasanya di panen saat ukuran timun sudah mulai besar dan yang paling penting timun di panen sebelum tua, yang ditandai dengan timun yang berubah warna menjadi kekuningan.

mungkin Cuma itu saja dulu yang bisa saya bagikan kali ini tentang peluang usaha budidaya timun, semoga bisa bermanfaat bagi anda, dan jangan lupa untuk segera membuka usaha sebelum kesempatan itu didahului orang.
Sampai jumpa dan semoga sukses

1 comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.