Memulai Usaha Budiaya Ikan Bandeng Yang Menguntungkan

usaha budidaya ikan bandeng

Selamat datang di berwirausaha.net pengunjung semua, pada kesematan kali ini berwirausaha ingin mengajak anda mengulas peluang usaha budidaya bandeng, kenapa usaha budidaya bandeng ini layak untuk di kerjakan, dan bagaimana cara budidaya bandeng.
Selamat membaca.

Ikan bandeng atau yang dalam bahasa Inggris milkfish memiliki nama latin Chanos chanos adalah salah satu jenis ikan konsumsi yang cukup populer di Asia Tenggara, termasuk indonesia.

Ikan ini sering dimasak dan di olah menjadi berbagai macam kuliner seperti bandeng presto, bandeng bakar dan masih banyak lagi.
Bandeng disukai karena rasa dagingnya yang gurih gurih, rasa daging cenderung tawar (tidak asin seperti ikan laut) dan tidak mudah hancur jika dimasak. Dari sisi harga, bandeng termasuk ikan yang banyak di pilih karena harganya tergolong terjangkau. Dan oerlu diketahui menurut beberapa ahli gizi bandeng kaya akan omega 3 yang bagus untuk kesehatan, kaya akan protein dan juga vitamin, dan lemak. Karena lemak yang di kandung bandeng ada baiknya anda bijak dalam mengkonsumsi daging bandeng supaya jangan berlebihan.
Satu satunya Kelemahan ikan bandeng adalah berduri dan kadang-kadang berbau lumpur/tanah jika tidak pandai dalam mengolah dagingnya.

Apa saja contoh olahan bandeng?

  • Bandeng presto.
  • Otak otak bandeng.
  • Somay bandeng.
  • Bandeng bakar.
  • Bandeng goreng.
  • Dan masih banyak lagi.



Kenapa Usaha Budiaya Ikan Bandeng Layak Untuk Dikerjakan?

Ikan bandeng merupakan salah satu ikan yang banyak di sukai masyarakat, ikan ini juga sering di jadikan menu utama pada warung makan, termasuk warung makan padang.
Selain itu bandeng termasuk ikan yang mudah dibudidaya dan cukup diminati dipasaran. harga ikan bandeng juga tidak bisa di anggap re3mem pasalnya di pasar ikan tradisional ikan ini di bandrol dengan harga berkisar antar 28 sampai 35 ribu perkilo.
*catatan : harga bisa berbeda dan berubah setiap waktu, kwalitas, mutu dan juga trend harga juga menentukan 

Cara Memulai usaha Budiaya Bandeng.

 ada beberapa hal yang harus anda sapkan dalam budidaya bandeng yaitu :



1. Persiapan kolam budiaya

Persiapan kolam budidaya dilakukan untuk memberikan tempat ideal bagi proses budidaya bandeng agar dapat menghasilkan panen yang maksimal. Karena tempat yang tepat akan sangat berpengaruh pada keberhasilan dalam melakukan budidaya maupun pemanenan hasil tambak.

Langkah-langkah Pengolahan Kolam Tanah:

  1. lakukan terlebih dahulu pembajakan dasar kolam.
  2. penjemuran, di maksudkan untuk membunuh bakteri penyakit yang ada di air/tanah.
  3. Pemberian pupuk pada dasar tambak harus dilakukan ketika kolam bandengih retak-retak. Pemupukan bertujuan untuk membantu tanah terjaga kesuburannya sehingga lumut yang manjadi makanan pokok ikan bandeng akan tumbuh dengan subur.
  4. penggenangan air, hal ini dilakukan untuk mempersiapkan kolam agar menjadi lokasi yang ideal untuk proses budiaya.

2. Pembenihan ikan bandeng

Hal selanjutnya yang harus disiapkan adalah memilih bibit atau calon indukan.
Calon indukan ikan bandeng dapat anda dapatkan dari membeli dari petani lain ataupun membuat dan memelihara sendiri dalam kolam pembibitan, tapi biasanya petambak akan lebih memilih membeli bibit karena menghemat waktu dan juga pembibitan bandeng membutuhkan keahlian khusus.
Cara tebar pun ada triknya yaitu dengan :

  • masukkan benih ikan dengan plastiknya, ini berguna agar ikan beradaptasi dengan suhu kolam tersebut sehingga terhindar dari stress.
  • Setelah dua jam barulah buka plastic tersebut. Penebaran benih ikan bandeng sebaiknya dilakukan pada pagi atau sore hari.

3. Pemberian Pakan

 Bersamaan dengan hal ini, pemberian pupuk komos diberikan lagi namun dengan cara yang berbeda. Pemberian pupuk dapat dilakukan dengan cara menaruh dalam karung goni yang dilubangi, hal ini dimaksudkan untuk memicu tumbuhnya lumut dalam tambah sehingga pemberian pakan organic dapat dikurangi. Pemberian pakan buatan baru dapat dilakukan setelah ikan berumur tiga bulan hingga masa panen tiba. Bandeng termasuk golongan ikan herbivora , yaitu bangsa ikan yang mengkonsumsi tumbuhan. Mampu mencapai berat rata-rata 0,6 kg pada usia 5 – 6 bulan dengan pemeliharaan yang intensif.

4. Pemanenan

pemanenan ikan bandeng dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu panen selektif atau panen total.

  1. Panen selektif dapat dilakukan dengan cara membuang air tambak terlebih dahulu hingga tersisa 70%. Setelah ketinggian air berkurang, panen selektif dapat dilakukan dengan cara menyisir area tambak menggunakan jaring. Setelah ikan terkumpul pada satu area, ikan yang berukuran besar kemudian akan diambil sesuai dengan kebutuhan pasar atau konsumsi.
  2. Sedangkan cara pemanenan total tidak mempertimbangkan ukuran besar atau kecilnya suatu ikan. Pemanenan total dapat dilakukan dengan cara menguras air kolm paling tidak air yang tersisa hingga 10%.

Mungkin Cuma itu dulu yang bisa berwirausaha bagikan pada kesempatan kali ini tentang peluang bisnis budidaya ikan bandeng yang menjanjikan, semoga bermanfaat dan sukses selalu untuk anda.
Sampai jumpa.

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.