Tips Mudah Agar Menjadi Orang Yang Kreatif

Kreatifitas merupakan hal yang wajib dimiliki oleh setiap orang, walaupun setiap orang tentunya memiki tingkat kreatifitas yang berbeda beda. Semakin tinggi tingkat kreatif seseorang maka semakin cerdas dia dalam menyelesaikan masalah dan tantangan hidup yang mungkin dihadapinya. Dalam menghadapi berbagai masalah dalam kehidupan sehari hari, tentu kita akan selalu dituntut untuk bisa kreatif. Hal ini yang akan membantu kita untuk lebih mudah menemukan solusi serta peecahan masalah baik dalam pekerjaan maupun kehidupan sehari hari.

Agar Menjadi Orang Yang Kreatif

Meski bukan sebuah hal yang sulit, namun menjadi kreatif juga bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah, sebab hal ini erat kaitannya dengan berbagai kebiasaan yang dimiliki dan dijalankan selama ini. Simak beberapa cara di bawah ini, cara untuk menjadi orang kreatif:

1. Tanggap Terhadap Lingkungan Sekitar

Lingkungan merupakan salah satu sumber terbesar penyumbang kreatifitas seseorang, dari lingkungan kita bisa menemukan jutaan ide kreatif setiap harinya.
Banyak Seniman yang terispirasi dari lingkungan, seperti pelukis, pembuat lagu, dan penyair. Mereka semua kebanyakan menciptakan karya yang terisirasi oleh lingkungan.
Untuk itu untuk menjadi kreatif kita juga di tuntut untuk lebih peka terhadap lingkungan, perhatikan secara seksama karena banyak pelajaran yang bisa kita ambil dari sana.

2. Selalu Terbuka Untuk Mempelajari Hal Baru

Akan selalu ada hal hal baru, ilmu ilmu yang mungkin kita belum tau sebelumnya didalam hidup ini, pelajaran pelajaran berharga bisa kita dapat dari mana saja. Pilihannya Cuma dua; kita mau atau tidak menerima hal baru tersebut. Tentu caranya adalah dengan membuka diri terhadap sesuatu yang baru, dengan membuka diri ilmu akan lebih mudah kita pelajari.

 

3. Jangan Merasa Puas Dengan Apa Yang Telah Kita Miliki saat ini

Seseorang yang merasa sudah mengetahui semuanya tentu akan mengalami kesulitan dalam menerima hal baru. Karena merasa “ah saya sudah bisa , jadi tidak perlu”.
Kretifitas itu seperti air yang mengalir, dia selalu berubah setiap waktu, tidak selalu cair kadang dia buntu dan beku. Tidak usah jauh jauh sayapun sebagai penulis kadang merasa buntu akan ide, kadang tidak tau apa kata kata yang selanjutnya ingin saya tulis, tidak jarang kadang berjam jam didepan layar komputer hanya mampu menghasilkan sebaris tulisan, untuk itu saya selalu belajar karena saya merasa apa yang saya miliki ini selalu kurang. Sedangkan perkejaan saya selalu menuntut saya untuk mencari tau lebih banyak dari pada orang lain. Dan setelah saya tau saya memiki kewajiban untuk membagikannya.
Untuk itu saya diajarkan untu tidak pernah puas dengan apa yang saya bisa dan saya miliki, selalu belajar dan terus belajar adalah kuncinya menjadi kreatif.

4. Mau Menerima Kritik Dan Masukan

Berbesar hatilah untuk menerima kritikan, walaupun saya tau kritik dan saran itu kadang terasa pedas tapi percayalah jika kita mau menerima sedikit atau banyak hal itu akan membangun kreatifitas kita.
Sebuah kata kata bijak yang selalu bagus untuk kita jadikan pengingat adalah:
Selalu menjadi gelas terbuka sehingga mampu menerima air, jangan menjadi gelas tertutup karena sebanyak apapun ia diisi dengan ilmu maka semuanya akan tumpah dan kita tidak akan memperoleh apa apa.

5. Keluar Dari Zona Nyaman Anda

Ketika kita sudah nyaman terhadap sesuatu biasanya kita akan monoton dan bergerak di tempat, tidak mengalami perkembangan. Karena kita hanya akan melakukan hal hal yang itu itu saja membosankan.
Cobalah sesekali “Think Out Of The Box” atau berfikir diluar kotak. Maksudnya adalah dengan mencoba berfikir diluar dari zona pemikiran kita, cobalah untuk memandang dan menilai sesuatu bukan dari sudut pandang kita sendiri tetapi dari sudut pandang orang lain.
Hal ini akan memberikan kita gambaran apa sebebanrnya yang di lihat orang bukan berdasarkan apa yang kita yakini, dan tentu ini akan memberikan banyak pelajaran berhanrga yang mampu membuat kita lebih kreatif.

6. Berkumpul Dengan Orang Yang Kreatif

Percaya tidak percaya jika kita bergaul dengan orang kreatif kita juga akan terbawa menjadi orang yang kreatif pula. Kalau kata pepatah lama ”Jika kita berkumpul dengan penjual parfum tentu kita akan terkena bau wanginya”. Maksudnya adalah jika kita kita bergaul dengan orang yang kreatif kita bisa belajar dari mereka, ingat belajar itu tidak melulu melalui pendidikan dan buku, kadang berbincang, berbicara dan bersosialisasi juga dapat menjadi sebuah pelajaran berharga.

7. Buatlah lingkungan yang mendukung kreatifitas

Dengan membuat lingkungan tempat kerja kita rapi, bersih tentu akan mendukung kita menjadi orang yang kreatif.
Karena pengalaman saya kreatifitas akan sulit kita keluarkan jika lingkungan kita saja tidak mendukung.

Mungkin itu beberapa tips yang bisa berwirausaha bagikan kali ini tentang cara menjadi kreatif, semoga bermanfaat. Sampai jumpa

Reply