Tips Cara Cerdas Mengelola Uang Gajian Anda

cara cerdas mengelola uang gajian ,Siapa yang nggak seneng saat gajian?
Saya rasa kita semua seneng dan menunggu nunggu banget saat saat gajian tiba. Tapi pernah tidak kepikiran atau merasa kok saya sudah kerja sekian lama kok nggak dapet apa apa. Setiap dapat gajian habis, gajian habis, begitu seterusnya dan serasa nggak nyantol apa apa.
Untuk itu kenapa kita perlu belajar yang namanya manajemen keuangan, biar uang gajian yang susah susah kita dapatkan itu tidak selalu habis untuk barang barang yang kurang bermanfaat. Entah itu untuk membeli baju,  membeli smart phone baru atau keperluan yang lain lain yang sebenernya kurang kita butuhkan.

 

Tips Cara Cerdas Mengelola Uang Gajian Anda

Alasan yang membuat Kenapa Mengelola Uang Gajian Itu sangatlah penting.

Alasan terpenting yang membuat kenapa kita harus pintar mengelola uang hasil kerja kita, karena kita tau yang namanya manusia itu pasti akan tua, sakit sakitan dan tidak lagi bisa bekerja. Kalau kita tidak bisa memanajemen keuangan kita sedari muda, nanti dihari tua disaat kita sudah tidak bisa lagi untuk bekerja kita memiliki tabungan, atau setidaknya bisa untuk bekal di hari tua sehingga kita tidak akan kesulitan dan tidak menyusahkan anak anak kita. Hal penting untuk kita sadari adalah usia kita itu semakin bertambah dan tenaga serta kemampuan kita bekerja dari tahun ketahun pasti akan berkurang sementara kebutuhan hidup akan terus bertambah, mualai dari biaya kebutuhan sehari hari, keperluan untuk biaya kesehatan, dan yang terpenting kebutuhan untuk biaya sekolah anak kita. Kalau tidak di pikirkan dari sekarang sudah bisa di pastikan nantinya akan keteteran. Kecuali anda memang merasa gaji anda sudah mencukupi semuanya.

Lalu bagaimana tips nya cara untuk mengelola atau menggunakan uang gaji yang tepat, silahkan disimak tips tipsnya berikut ini:

 

1. Gunakan Uang gaji anda modal usaha

Cara paling sederhana yang pertama untuk mengelola uang gaji anda adalah dengan mengalokasikan uang yang anda dapatkan sebagai modal usaha. Tidak perlu yang besar usaha usaha kecil saja yang bisa anda sampi pas hari libur, atau bisa anda mempekerjakan orang lain.
Apa saja contoh usahanya; misalnya seperti jualan pop es di depan rumah, modalnya tidak terlalu besar untuk membli gerobak )(stand tempat jualan es) dan bleder saja modal tidak sampai 5 juta. Kalau anda sibut dan menjalankan usaha ini anda bisa menyuruh anak anda untuk menunggu sekalian memberikan dia pelajaran untuk menjalani usaha, hasil dan keuntungannya berikan untuknya biar anak anda semangat.
Selain contoh yang saya sebutkan diatas sebenarnya banyak lagi jenis contoh usaha lainnya yang juga bisa anda kerjakan, silahkan baca: peluang usaha pinggir jalan modal kecil paling menguntungkan.

2. Tabung sebagian uang gaji anda Untuk Sekolah anak dimasa mendatang

Cara mengelola uang yang kedua, Kalau anda memang tidak memiliki minat atau memang malas untuk membuka usaha anda bisa menabung uang hasil kerja anda di bank, tidak harus banyak atau semunya, cukup beberapa persen saja dari hasil gajian anda. Misal gaji anda 1.900.000 maka sisikan sekitar 400 atau 500 ratusnya untuk di tabung. Tapi dengan catatan uang ini jangan diambil atau digunakan selain untuk keperluan pendidikan, kecuali kalau benar benar diperlukan.

3. Di beilikan emas untuk Simpanan

Selain ditabung di bank menggunakan uang untuk membeli emas juga sangat bagus, kerena kita tau emas itu harganya lumayan mahal dan harganya cenderung selalu naik dari tahun. Nanti saat benar benar diperlukan sewaktu waktu anda bisa menjual emas anda.

4. Daftarkan diri anda ke Asuransi

Tau tidak apa itu asuransi? Kalau anda sekarng merasa hidup anda sudah lumayan berkecukupan, atau minimal anda memperoleh gaji setiap bulan tidak  ada salahnya anda mendaftarkan diri keasuransi. Banyak sekali jenis asuransi seperti; jaminan kesehatan, pendidikan dan kematian.
Asuransi ini sebenarnya mirip sekali dengan tabungan, bedanya cuma pada cara pengambilannya.  Misalnya anda menggunakan asuransi kematian, jika sewaktu waktu tiba tiba anda mengalami musibah yang menyebabkan kematian maka anak dan keluarga anda akan medapatkan uang sesuai dengan yang disepakati bersama dengan pihak asuransi. Jadi istilahnya asuransi ini adalah berjaga jaga kalau kalau terjadi kemungkinan terburuk.

 5.Dikumpulkan Untuk Beli Tanah dan properti yang menghasilkan

Kalu gaji anda cukup besar dan anda bisa, tidak ada salahnya anda mengumpukannya untuk membeli tanah dan membangun properti diatasnya. Apa saja contoh properti yang menghasilkan?
Banyak sekali contohnya anda dirikan kontrakan atau kos kosan, tempat tinggal hunian dan lain lainnya. Aset ini tentunya akan sangat berharg dan berkemungkinan untuk menjadi sumber penghasilan utama anda kelak di masa mendatang.

6. Beli hanya yang paling dibutuhkan saja

Tips terakhir adalah dengan memprioritaskan apa yang benar benar anda butuhkan untuk keperluan anda saja. Dengan memrioritaskan kepeluan terpenting anda akan lebih efektif untuk menggunakan uang gaji upah anda dan kemungkinan untuk menyimpannya jadi lebih besar kalau sewaktu waktu anda tiba tiba dipberhentikan dari tempat bekerja anda tidak akan kuatir.

Nah mungkin itu saja beberapa tips yang bisa berwirausaha bagikan tentang cara cerdas mengolola uang penghasilan anda, semoga tulisan ini bermanfaat untuk anda. Dan sampai jumpa lagi.

Reply