4 alasan kuliah yang kurang tepat yang sebaiknya dihindari

alasan kuliah yang kurang tepat

alasan kuliah yang kurang tepat

pendidikan dibangku perkuliahan merupakan sesuatu yang menurut saya termasuk kedalam hal mewah apalagi jika kita berasal dari keluarga yang sederha.

Karena saya tau (yakin) tidak semua orang bisa merasakannya, apalagi kita sendiripun tau biaya yang dibutuhkanpun untuk menempuuh pendidikan dibangku perkuliahan ini tidak main main besarnya. Baik itu untuk pembayaran semester, uang saku dan uang makan, biaya hidup, tempat tinggal serta masih banyak biaya lainnya yang perlu dikeluarkan orang tua untuk membiayai kuliah kamu.

untuk itu sebaiknya sebelum kamu memutuskan untuk melanjutkan pendidikan ke bangku perkuliahan sebaiknya alasan yang kamu ambil benar benar sesuai dengan apa yang diharapkan oleh orang tua kamu, karena jika tidak bukan tidak mungkin kamu hanya akan berhenti di tengah jalan dan hanya menghambur-hamburkan uang yang telah dengan susah payah dicarikan oleh orang tua untuk biaya kuliah kamu .

nah berikut ini sudah saya rangkumkan beberapa alasan yang keliru jika dijadikan penyebab seseorang memutuskan untuk melanjutkan kuliah

1. Kuliah cuma karena gengsi

alasan salah yang pertama dan mungkin paling umum dijadikan penyebab seorang akhirnya melanjutkan pendidikan ke bangku perguruan tinggi adalah gengsi, atau malu karena teman lain kuliah.

Kalau memang benar alasan yang menjadikan kamu ingin melanjutkan pendidikan adalah karena gengsi mungkin ada baiknya kamu pertimbangkan ulang lagi keinginan kamu untuk kuliah, apalagi jika kita sadar jika kita berasal bukan dari keluarga yang berada.

Karena kalau gengsi alasan utama kamu kuliah bukan tidak mungkin nanti ujung ujungnya kamu hanya akan membuang buang waktu dan tenaga, karena saat kamu sudah merasa bosan kamu akan malas untuk menyelesaikan pendidikan kamu. Belum lagi nantinya di lingkungan perkuliahan maupun tempat tinggal (kosan) itu banyak sekali godaan yang datang terutama dari teman.

2. kuliah karena paksaan orang tua

meskipun kamu berasal dari orang yang punya tetapi jika alasan kamu kuliah karena dipaksa orang tua juga menurut saya kurang bagus, kenapa?

karena dari awal saja kamu sudah tidak ada niat untuk kuliah, lah mau bagaimana menyelesaikannya kan?

karena kita tau menyelesaikan kuliah itu tidak semudah yang kita bayangkan, butuh perjuangan terutama untuk melawan malas, apalagi saat kamu memasuki semester semester tua dan teman teman sudah banyak yang wisuda bisa dijamin kamu akan semakin malas menyelesaikan kuliah kamu.

tidak sedikit loh orang yang akhirnya DO (drop out/keluar) dari tempatnya kuliah padahal tinggal mengerjakan skripsi.
tapi meskipun begitu ada satu hal yang harus kamu tau orang tua itu menginginkan kamu kuliah biasanya karena merasa hal itu penting untuk masa depan kamu, apalagi kita tau tidak semua anak bisa seberuntung kita yang bisa merasakan yang namanya menikmati pendidikan dibangku perguruan tinggi.

so bijaklah dalam memanfaatkan kesempatan yang ada, karena bukan tidak mungkin suatu saat kita akan menyesal karena mungkin saja kesempatan itu tidak kita dapatkan lagi dikemudian hari.

3. kuliah karena ikut ikut teman saja

ini lagi salah satu alasan yang menurut saya kurang sesuai dijadikan alasan kamu melanjutkan kuliah yaitu cuma karena ikut-ikutan.

jika kuliah bukan karena keinginan dan niat sendiri yang kuat sebaiknya dibatalkan saja karena yang niat untuk kuliah saja kadang tidak sampai selesai kuliah karena malas dan terjerumus dengan pergaualan yang salah, apalagi yang tidak niat kan?

mending uang yang kita punya kita kumpulkan untuk membuka usaha daripada dibuang-buang secara percuma kalau kuliah memang cuma ikut-ikutan kawan.

4. Kuliah karena alasan lain

masih ada loh alasan alasan lain yang digunakan untuk kuliah yang menurut saya kurang tepat misal karena ingin hidup bebas, males bekerja dan lain sebagainya.

jika memang alasan ini yang membuat kamu memutuskan kuliah saya rasa seberapa lamapun kamu kuliah tidak akan pernah yang namanya bisa menjadi sarjana.

kesimpulan:

  1.  Biaya pendidikan dibangku perkuliahan tidak murah jadi sebaiknya kamu pikirkan masak masak sebelum memutuskan untuk kuliah.
  2.  jika benar memang ingin kuliah coba kaji kembali dan yakinkan niat kamu kalau kamu memang ingin menuntaskan pendidikan kamu sampai sarjana agar kelak bisa berguna untuk masa depan mu dan kamu bisa membanggakan orang tua yang telah kerja keras banting tulang membiayai kuliahmu.
  3.  kuliah merupakan sebuah kesempatan yang patut kamu sukuri karena tidak semua anak bisa mendapatkan kesempatan ini jadi manfaatkan dengan sebaik-baiknya.

nah mungkin itu saja beberapa alasan yang sebaiknya dihindari jika kamu memutuskan kuliah, semoga bermanfaat.

dan kalimat penutup dari saya adalah bersyukur jika orang tua mau membiayai kuliah karena tidak semua bisa merasakan hal tersebut tapi jika memang orang tua belum mampu sebaiknya kamu bersabar, bekerja terlebih dahulu sembari mengumpulkan uang untuk biaya kuliah kamu sendiri.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.