Prospek Investasi Bukareksa ala BukaLapak, apakah menguntungkan?

Investasi Bukareksa

investasi bukareksa

Belakangan ini bukalapak melakukan gerbarakan dengan mnghadirkan produk barunya yang bergerak di pendanaan investasi RaksaDana online dengan nama BukaReksa.

Meskipun menurut saya program ini cukup terbilang cukup menjanjikan dan berpotensi menjadi salah satu pilihan investasi yang menguntungkan dimasa depan, tetapi sayang nya saat ini produk jenis ini masih menemui kendala dimana kurangnya pengetahuan serta kepercayaan masyarakat terhadap produk investasi.

Hal ini mungkin merupakan salah satu effek akibat maraknya erusahaan abal abal berkedok investasi yang akhirnya bukan memberikan untung kepada nasabahnya tetapi malah membawa kerugian.

Meskipun demikian jujur saya sendiri merasa cukup antusias dan yakin bahwa seiring dengan berjalanya waktu serta semakin bertambahnya kesadaran serta wawasan masyatakat akan potensi produk investasi seperti ini, kelak investasi ala bukalapak bernama Bukareksa ini akan mengalami perkembangan yang positive. hal ini didukung terutama karena investasi ini dihadirkan oleh perusahaan yang sudah memiliki nama besar dibawah naungan bukalapak, Bareksa , Dan OJK.

yang mana ketiga nama yang telah disebutkan diatas sudah teruji dan terpercaya dan di akui oleh hukum dan negara sebagai pengelola dan penyedia jasa keuangan.

 

Apa Itu Reksa Dana?

Belajar dari yang paling sederhana sebelum berbicara jauh mengenai apa dan bagaimana menginvestasikan uang kita ke program apapun yang berbentuk reksadana, tentu kita harus tau dulu apa itu raksadana.

Reksa Dana adalah sebuah produk investasi resmi yang diawasi oleh pemerintah langsung melalui Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Reksadana memiliki kesamaan dengan investasi bank, bedanya jika investasi di bank kita sendiri yang menginvestasikan uang kita, mengelola dan mengurusi sendiri investasi yang kita lakukan dan tentu saja jumlah inveestasinya besar serta sama sekali tidak cocok untuk kalangan menengah kebawah ataupun orang awam.

Sedangkan jika investasi berbentuk raksadana, sejumlah uang yang kamu investasikan nantinya akan satukan dengan investor lain, selanjutnya uang yang terkumpul dari patungan ini dikelola oleh Manajer Investasi profesional yang telah pakar mengelola investasi untuk selanjutnya di investasikan untuk memperoleh hasil yang maksimal tentunya.

Produk investasi Reksa Dana sangat cocok bagi orang orang yang tidak memiliki banyak waktu untuk mengelola investasi sendiri.

Hebatnya lagi Reksa Dana Pasar Uang Merupakan Salah satu jenis produk keuangan dengan nilai imbal hasil (return) yang stabil dan risiko yang paling rendah. Manajer Investasi akan menempatkan dana investasimu ke instrumen pasar uang seperti deposito dan obligasi di bawah 1 tahun.

 

Apa yang dimaksud BukaReksa? Kenapa harus bukalapak yang menyediakan?

BukaReksa adalah fitur pada bukalapak yang menyediakan produk ReksaDana yang sebenarnya dikhususlan untuk para pengguna Bukalapak. Pengguna Bukalapak dapat membeli produk Reksa Dana yang diinginkan melalui sistem BukaDompet. Menyimpan uang dalam bentuk Reksa Dana lebih menguntungkan karena memberikan imbal hasil (return) yang lebih tinggi dibandingkan dengan deposito atau tabungan konvensional di bank.

Jadi sembari menyediakan lapak untuk para pemilik UKM, bukalapak juga menyediakan wadah untuk para pelapak-nya menginvestasikan dan mengembangkan uang yang dihasilkan dari hasil menjajakan dagangan dibukalapak.

 

BukaReksa dapat diakses pada halaman Pengguna Bukalapak, pelapakpun dapat langsung membeli produk Reksa Dana melalui sistem BukaDompet.

BukaDompet sendiri adalah sebuah dompet virtual yang dimiliki oleh setiap orang yang memiliki akun di Bukalapak. BukaDompet berguna untuk menyimpan dana hasil penjualan (remittance) dan dana hasil pengembalian transaksi (refund). BukaDompet juga dapat ditambahkan saldonya untuk mempermudah transaksi pengguna Bukalapak.

Apa saja yang bisa dilakukan pengguna Bukalapak dengan memanfaatkan fitur BukaReksa?

Kelebihan yang paling sederhana tetapi paling mendukung UKM pada buka reksa adalah:

  1. dapat menyimpan uang dengan imbal hasil (return) yang lebih tinggi dari tabungan konvensional di bank dengan dana minimum 10.000 rupiah yang diambil dari saldo BukaDompet.
  2. pemilik hanya dapat mencairkan uang yang disimpan di rekening Reksa Dana ke rekening bank pemilik. Sehingga mampu menghidari penarikan oleh pihak yang tidak memiliki hak.

 

Apa saja keuntungan pemanfaatan fitur BukaReksa?

  1. Minimum dana pembelian Reksa Dana sangat terjangkau

Dana minimum yang dibutuhkan untuk membeli produk Reksa Dana di BukaReksa sangat terjangkau yakni hanya 10.000 rupiah, jauh di bawah rata-rata dana minimum pembelian Reksa Dana pada umumnya. Khusus produk Reksa Dana Pasar Uang, pembelian ataupun pencairan dana tidak dikenakan biaya apapun.

  1. Proses transaksi sangat sederhana

Proses transaksi pembelian ataupun penjualan Reksa Dana di BukaReksa sangat mudah. Kamu cukup memilih produk Reksa Dana yang diinginkan kemudian masukkan data yang dibutuhkan.

  1. Keuntungan (return) yang tinggi dan dapat dicairkan kapan saja.

Uang yang disimpan dalam rekening Reksa Dana Pasar Uang akan mendapatkan imbal hasil (return) yang relatif lebih tinggi dibandingkan dengan Deposito Berjangka. Kamu dapat mencairkan uang kamu kapan saja tanpa batas waktu jatuh tempo.

  1. Minim Resiko

Reksa Dana Pasar Uang memiliki risiko yang paling rendah dibandingkan dengan produk investasi langsung seperti obligasi dan saham. Pengelola Reksa Dana akan melakukan investasi ke berbagai instrumen yang menguntungkan agar imbal hasil (return) yang kamu dapatkan menjadi lebih maksimal.

  1. Tidak ada biaya transaksi

Kamu dapat melakukan pembelian dan penjualan produk Reksa Dana Pasar Uang kapan saja tanpa dikenakan biaya transaksi.

  1. Dana yang kamu cairkan akan kamu terima keesokan harinya (pada hari kerja) setelah pencairan.
  2. Dana investasimu tidak akan dipotong oleh pajak.

 

Apakah Uang yang Kamu investasikan Aman dari Penipuan ?

menurut bukalapak sendiri berani menjamin uang yang telah di investasikan akan Sangat aman, karena uang yang diinvestasikan disimpan oleh pihak ketiga yang independen yakni Bank Kustodian, bukan di Manajer Investasi atau Agen Penjual Reksa Dana. Bank Kustodian bertugas mencatat semua keputusan investasi yang diambil oleh Manajer Investasi dan menyimpan uang investasimu. Dana yang kamu investasikan hanya dapat dicairkan ke rekening atas nama kamu sendiri.

 Apa Itu Bank Kustodian?

Bank Kustodian merupakan pihak yang mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai penyimpan kekayaan atau aset dari Reksa Dana. Selain itu, Bank Kustodian juga melakukan perhitungan Nilai Aktiva Bersih (NAB) Reksa Dana setiap hari dan mempublikasikannya kepada masyarakat melalui media.

 

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan terkait BukaReksa

Siapa saja yang dapat memanfaatkan fitur BukaReksa ini?

Seluruh pengguna yang memiliki akun Bukalapak.

Apa syarat dan ketentuan dari penggunaan fitur BukaReksa?

  1. Kamu harus memiliki akun Bukalapak dan memiliki saldo BukaDompet minimal 10.000 rupiah.
  2. Kamu hanya dapat membeli produk Reksa Dana menggunakan saldo BukaDompet.

Cara melakukan pendaftaran untuk membeli Reksa Dana melalui BukaReksa?

  1. Pilih menu BukaReksa https://www.bukalapak.com/bukareksa
  2. Klik “Daftar Sekarang” kemudian isi form registrasi sesuai dengan data-data yang diminta.
  3. Setelah data kamu dinyatakan lengkap, kamu akan mendapatkan e-mail pemberitahuan bahwa pembukaan rekening Reksa Dana kamu telah disetujui.

 

Yang wajib anda ketahui Terkait Raksadana

Siapa sih Pihak yang nantinya menjadi Manajer Investasi di bukareksa?

Yang jelas merupakan pihak yang memiliki kemampuan dan keahlian dalam mengelola aset dari portofolio Reksa Dana secara profesional. Portofolio atau kumpulan aset yang dikelola oleh Manajer Investasi dapat berupa saham, obligasi, atau deposito.

Pada reksadana, manajemen investasi mengelola dana-dana yang ditempatkannya pada surat berharga dan merealisasikan keuntungan ataupun kerugian dan menerima dividen atau bunga yang dibukukannya ke dalam “Nilai Aktiva Bersih” (NAB) reksadana tersebut.

 

Apa Itu Agen Penjual Reksa Dana (APERD)?

Agen Penjual Reksa Dana (APERD) ini adalah pihak yang bekerjasama dengan Manajer Investasi dalam menawarkan dan memasarkan produk Reksa Dana. Fitur BukaReksa yang dihadirkan oleh Bukalapak bekerja sama dengan PT Bareksa Portal Investasi yang bertindak sebagai Agen Penjual Reksa Dana yang telah memiliki izin resmi dari (Otoritas Jasa Keuangan) OJK RI.

Uang reksadana yang dikelola oleh manajer investasi tersebut wajib untuk disimpan pada bank kustodian yang tidak terafiliasi dengan manajer investasi, di mana bank kustodian inilah yang akan bertindak sebagai tempat penitipan kolektif dan administratur.

Pengertian Prospektus?

Prospektus adalah setiap informasi tertulis terkait dengan penawaran dan deskripsi produk investasi agar kamu lebih yakin dalam melakukan investasi Reksa Dana.

Pengertian Hari Bursa?

Hari Bursa adalah hari kerja yang ditentukan Pemerintah melalui OJK (Otoritas Jasa Keuangan) terkait aktivitas di pasar modal. Hari bursa dimulai dari Senin – Jumat, kecuali hari libur nasional dan cuti bersama yang ditetapkan oleh Bursa Efek Indonesia.

 

 

Apa arti Nilai Aktiva Bersih per Unit yang terdapat di BukaReksa?

Nilai Aktiva Bersih per Unit yang tampil di BukaReksa akan diperbarui paling lambat pukul 11.00 WIB setiap hari bursa (hari kerja Bursa Efek Indonesia).

Nilai Aktiva Bersih (NAB) sendiri adalah total aset bersih yang dimiliki oleh Reksa Dana. Sedangkan NAB per unit adalah total aset Reksa Dana yang telah dibagi dengan jumlah penyertaan Reksa Dana. NAB per unit ini dapat dijadikan acuan harga ketika membeli atau menjual Reksa Dana. Nilai NAB per unit dapat berubah-ubah setiap hari, nilainya dapat naik atau turun tergantung kondisi pasar keuangan yang menjadi aset dalam portofolio pengelolaan Reksa Dana.

Pembelian Reksa Dana yang masuk sebelum pukul 13.00 akan mendapatkan Nilai Aktiva Bersih pada hari yang sama. Pembelian Reksa Dana yang masuk setelah pukul 13.00 akan mendapatkan Nilai Aktiva Bersih pada hari berikutnya.

Nilai Aktiva Bersih yang ditampilkan pada BukaReksa adalah Nilai Aktiva Bersih pada hari bursa sebelumnya. Nilai Aktiva Bersih pada hari bursa yang sama akan diperbarui oleh Bank Kustodian setelah aktivitas bursa pada hari itu ditutup.

 

Ketentuan Penting Penjualan?

Ketentuan penting ini perlu kamu ketahui ketika kamu melakukan penjualan unit Reksa Dana:

  1. Pastikan nama pada nomor rekening tujuan transfer hasil penjualan Reksa Dana sama dengan nama Pemegang Unit
  2. Penyertaan Reksa Dana (investor Reksa Dana).
  3. Penjualan Reksa Dana yang masuk ke sistem BukaReksa sebelum pukul 13.00 WIB akan mengikuti Nilai Aktiva Bersih (NAB) pada hari yang sama.
  4. Penjualan Reksa Dana yang masuk ke sistem BukaReksa setelah pukul 13.00 WIB akan mengikuti Nilai Aktiva Bersih (NAB) hari berikutnya.
  5. Penjualan akan otomatis dibatalkan jika saldo minimum Reksa Dana tidak mencukupi. Minimal nilai penjualan Reksa Dana adalah senilai Rp10,000.
  6. Bank Kustodian akan mentransfer hasil penjualan reksa dana maksimal dalam 7 hari bursa (hari kerja Bursa Efek Indonesia).
  7. Dana yang diterima di rekening nasabah merupakan hasil penjualan Reksa Dana setelah dikurangi biaya penjualan dan biaya transfer (jika ada).

 

Bagaimana cara membayar dengan Buka Dompet?

  1. Klik Beli pada produk yang ingin dibeli
  2. Isi semua data pembeli dengan lengkap
  3. Lanjut ke pembayaran
  4. Pilih metode pembayaran BukaDompet
  5. Masukkan password Bukalapak
  6. Klik Lanjut dan pembayaranmu otomatis akan terverifikasi oleh sistem Bukalapak
  7. Login menggunakan akun Bukalapak dan pilih BukaReksa pada menu myLapak atau pada halaman BukaDompet.
  8. Pilih menu Portofolio dan klik Jual.
  9. Baca Ketentuan Penting Penjualan dengan teliti, kemudian isi Jumlah Unit Reksa Dana yang akan dijual. Jika ingin menjual seluruh nilai investasi Reksa Dana, centang semua unit. Minimal nilai penjualan adalah senilai Rp10,000.
  10. Masukkan password Bukalapak kamu dan klik lanjut untuk menyelesaikan transaksi penjualan Reksa Dana.

 

 

lama waktu yang dibutuhkan untuk mencairkan dana ke rekening?

Dana akan ditransfer ke rekening pengguna dalam 1×24 jam (BCA, BNI, Mandiri, dan BRI) atau 2×24 jam untuk rekening tujuan selain keempat bank tersebut.

 

Mengapa proses pendaftaran tidak disetujui? Apa yang harus saya lakukan?

  1. Email yang di gunakan saat mendaftar di BukaReksa berbeda dengan email yang sudah pernah didaftarkan pada Agen Penjual Reksa Dana (APERD) PT Bareksa Portal Investasi. Kamu harus menyamakan email yang kamu daftarkan di BukaReksa dengan email yang sudah kamu daftarkan di APERD.
  2. Tanda tangan digital yang dimasukkan sangat berbeda dengan tanda tangan pada KTP kamu.
  3. Terdapat perbedaan penulisan nama antara yang tertera di KTP dengan Buku Tabungan. Oleh karena itu, dibutuhkan surat pernyataan perbedaan nama terlebih dahulu untuk menyatakan bahwa perbedaan nama tersebut merujuk pada orang yang sama.
  4. hubungi Customer Support Bukalapak untuk menanyakan informasi lebih lanjut.

 

Sumber sumber: bukalapak.com/

15 thoughts on “Prospek Investasi Bukareksa ala BukaLapak, apakah menguntungkan?”

  1. imron hasyim asy'ari says:

    Kami udah daftar reksadana tp kok belum ada konfirmasi pdahal syarat ketentuan udah saya penuhi

    1. Riski says:

      apakah email yang digunakan untuk mendaftar sudah benar? kalo sudah benar silahkan di cek di email masuk atau mungkin email balasan masuk ke kotak spam…
      kalo masih juga belum bisa langsung tanyakan ke kostumer service buka lapak..

  2. Musa says:

    Saya mau info . Saya mentransfer 2x ke rekening bukalapak. Nominal nya tidak besar sih cuman mau nyoba reksadana tp setelah d email ke bukalapak nya tidak ada respon. Dan tidak ada nomor telepon alternatif bila ada kendala seperti ini

    1. Riski says:

      wah kalau itu saya kurang paham mas, setau saya dulu saya invest langsung masuk, silahkan di tanyain langsung ke bukalapaknya

    2. Ibos says:

      Silakan langsung hubungi cs bukalapak mas

  3. andreas says:

    sangat membantu sekali artikel ini
    saya sedang mencari tahu tentang buka reksa di bukalapak
    dan saya tertarik untuk mencoba

    1. Riski says:

      Selamat mencoba mas kalau berhasil jangan lupa bagikan kesini lagi pengalaman nya

  4. budimurniati says:

    mau daftar kok susah loginnya? gmn hub cs bukalapak?

  5. bayu says:

    Saya iseng coba2 menu jual yang ada koq ga untung tapi BUNTUNG padahal tertera ga ada potongan tapi dana yg saya terima tidak bersis sesuai uang yang saya transfer

    1. Riski says:

      kah kalau masalah itu silahkan di tanyakan ke pihak buka reksa sendiri…
      sama satu lagi kalau mau jual dan beli itu harus di perhatikan harga nya, sama seperti jual beli emas kalau harga turun jangan jual karena jelas nanti akan rugi tidak sesuai dengan harga belinya

  6. 10011101 says:

    Menarik nih. Saya juga mau coba ah dalam waktu dekat

    Perkiraan bunga pertahunnya berapa ya? Ada yg tau

    1. Riski says:

      bunga sesuai dengan pendapatan manager invertasi dan tergantung aset yang di investasikan

  7. Dicki says:

    om mau tanya.. saya sudah beli produk di bukareksa bukalapak..kata nya bisa dicairkan kapan saja, bagaimana cara mencairkan nya ya om saya cari2 tidak ketemu. terima kasih.

    1. Riski says:

      Login menggunakan akun Bukalapak dan pilih BukaReksa pada menu myLapak atau pada halaman BukaDompet.
      Pilih menu Portofolio dan klik Jual.
      Baca Ketentuan Penting Penjualan dengan teliti, kemudian isi Jumlah Unit Reksa Dana yang akan dijual. Jika ingin menjual seluruh nilai investasi Reksa Dana, centang semua unit. Minimal nilai penjualan adalah senilai Rp10,000.
      Masukkan password Bukalapak kamu dan klik lanjut untuk menyelesaikan transaksi penjualan Reksa Dana.

  8. Miko says:

    Mau tanya, saya baca di bukalapak kalau semisal kita berada di luar jabodetabek & rekening yg kita gunakan bukan BCA maka ketika beli akan kena 35ribu ya. Sedangkan kalau pakai BCA & di luar jabodetabek kena 5ribu. Lalu gimana? Apakah lebih baik gunakan BCA saja sebagai rekening pengguna?
    Mohon saran dan penjelasannya. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *