Menggiurkannya Usaha Bisnis Kacang mede

Menggiurkannya Usaha Bisnis Kacang mede

 

Pernah mendengar istilah kacang mede? Apa itu kacang mede?

pengertian kacang mede sebenarnya merupakan biji dari buah jambu monyet (latin:Anacardium). Di indonesia jambu ini juga umum dikenal dengan istilah jambu mede. Nah itulah kenapa bijinya selanjutnya disebut dengan istilah jambu mede?

Kacang mede memiliki banyak sekali nama panggilan, ada yang menyebutnya kacang mete atau kacang mente.

Apapun istilah yang digunakan sebenarnya tetap sama saja, yaitu biji jambu monyet. Uniknya meskipun dikenal dengan sebutan jambu monyet, sebenarnya tumbuhan ini bukan anggota jambu-jambuan ataupun kacang-kacangan, melainkan lebih dekat kekerabatannya dengan mangga.

Kenapa Disebut Jambu Monyet?

jambu monyet

Salah persepsi terhadap jambu monyet terjadi karena masyarakat melihat tampilan buah jambu monyet merah segar seperti jambu. Akhirnya turun-temurun sampai sekarang kita sebut jambu monyet. Selain itu konon, di hutan buah ini sangat digemari monyet.

Dalam bahasa Inggris dinamakan cashew (pohonnya) dan cashew nut (kacang mete), yang diturunkan dari perkataan Portugis untuk menamai buahnya, caju, yang sebetulnya juga merupakan pinjaman dari nama dalam bahasa Tupi, acaj├║. Sementara nama marganya (Anacardium) merujuk pada bentuk buah semunya yang seperti jantung terbalik.

Kacang mede merupakan salah satu bahan baku kuliner yang cukup terkenal, biasa dimanfaatkan geuknya(yang berbentuk seperti biji), biasanya cara pengolahannya dengan cara geluknya dikeringkan dan digoreng untuk dijadikan berbagai macam penganan.

Harga jualnya pun tidak main-main. Sehingga tidak sedikit yang meminatinya untuk usaha karena menggiurkan.

Apa sih keistimewaan jambu mete? Kenapa sangat diminati?

Kacang mede secara umum dapat dimanfaatkan sebagai pelengkap dan juga penghias berbagai macam olahan contohnya seperti es krim, cokelat dan juga kue.

kacang mede

manfaat dan khasiat Jambu mede terletak pada kadungannya yang kaya energi, antioksidan, mineral dan vitamin yang baik untuk kesehatan. Buah geluk jambu mede berisi minyak yang berkualitas.

Dari tanaman jambu mede ini, semua bagian tanaman dapat diambil manfaatnya mulai dari akar, batang, daun, dan juga buahnya. Bagian yang dikenal sebagai biji dapat diolah langsung seperti di goreng ataupun sebagai bahan campuran dalam pembuatan kue atau panganan lain. Dari kacang mete juga dapat di ekstrak minyak yang berkualitas tinggi. manfaat jambu mete dari buah yang tidak terolah dapat dijadikan pakan ternak. Kulit kayu jambu mete mengandung cairan berwarna coklat. Akar jambu mete berkhasiat sebagai obat pencuci perut. di daerah Jawa Barat, Daun Jambu mete yang masih muda biasa dimanfaatkan sebagai lalap.

Peluang bisnis kacang mede.

Usaha pemanfaatan jambu mede ini terbilang cukup besar baik budidaya maupun usaha olahan makanan dari jambu mente. Prospek kedepannya pun bagus. Umumnya penghasilan dari usaha kacang mede ini meningkat secara signifikan saat mendekati hari raya idul fitri.

Berapa sih harga kacang mete per kilo gram (kg)?

Harga mede gelondongan yang masih dengan buah perkilo di hargai dengan harga berkisan antara Rp 20.000, tetapi Jika biji nya sudah dipisah dari cangkangnya harganya melonjak menjadi rata-rata Rp 95.000/kg dan setelah digoreng serta diolah kacang mede harganya naik menjadi Rp 120.000 sampai 137.000/kg.
Waw harga yang fantastis kan ya?

Makanya tidak salah jika bapak muhaimin Manajer UD. Mubaraq Lombe salah satu pengusaha pengolah makanan khas dari bahan biji mede yang berasal dari di Lombe, Kecamatan Gu, Kabupaten. Buton Tengah, Sulawesi Tenggara. Menyebutkan jika omzet yang diperolehnya setiap bulan mencapai Rp 200 juta. Sedangkan bulan Puasa omzet yang diperolehnya pun bisa melonjak mencapai Rp 500 juta.

Kekurangan usaha kacang mede

Secara umum kekurangan bisnis kacang mede ini hanyalah terletak pada kurangnya pengetahuan terhadapa cara budidaya kacang mede itu sendiri, dan juga terbatasnya pasar dagang tidak seluas budidaya lain seperti beras ataupun singkong karena produk akhirnya adalah berupa makanan cemilan bukan makanan pokok.

 

Olahan dari kacang mede

Beberapa contoh resep olahan dari kacang mete yang pling terkenal diantara adalah:

kacang mede lebaran

  • Putri salju kacang mede
  • Kacang Mede CRISPY PEDES
  • Aneka kue
  • Olahan blu
  • Cokelat mede
  • Kacang mede telor
  • Dan lain lain.

bahaya secara umum kacang mete

bahaya secara umum kacang mete tidak berbahaya untuk dikonsumsi selama masih dalam batas yang wajar dan tidaka berlebihan, tapi dalam beberapa kasus ada beberapa orang yang mungkin alergi seperti. Gejala-gejala dari reaksi alergi bisa berupa gatal-gatal kulit. Dalam keadaan ekstrim bisa menyebabkan kesulitan bernapas, nyeri perut, muntah-muntah, dan diare.

One Response

Reply