Tips Agar Skripsi Cepat Selesai Bagi Mahasiswa Tingkat Akhir

Tips Agar Skripsi Cepat Selesai

Tips Agar Skripsi Cepat Selesai copy

Skripsi merupakan Tugas Akhir yang harus diselesaikan oleh mahasiswa sebelum dapat dinyatakan lulus Strata 1 (S1) melalui proses wisuda dan sah dinyatakan memperoleh gelar sarjana.

Menurut beberapa mitos yang beredar dikalangan mahasiswa menyelesaikan skripsi sesuai jadwal jauh lebih sulit di bandingkan dengan semua tugas yang telah dikerjakan selama kegiatan belajar mengajar selama di perkuliahan itu berlangsung.

Dengan kata lain kamu cerdasnya seperti apapun kalau kamu tidak cepat mengerjakan skipsimu bukan tidak mungkin kamu akan kalah dengan mahasiswa yang biasbiasa saja tapi rajin.

Kenapa Skripsi Jadi Sebegitu Sulitnya?

Kalau ditanya alasannya kenapa skripsi sulit sebenarnya banyak sekali alasan yang bisa menjadikan skripsi itu sulit, tapi secara garis besar kita bisa membaginya menjadi dua penyebab, yaitu karena faktor eksternal dan faktor internal. berikut penjelasannnya:

1. Faktor eksternal.

Faktor eksternal yang mempengruhi tingkat kesulitan skripsi merupakan faktor yang berasal dari lingkungan, dan bukan dari diri sendiri. Contohnya dosen yang sulit ditemui, Dosen yang rewel dan menyulitkan, dan juga beberapa peraturan/persyaratan kampus yang sedikit memberatkan untuk mahasiswa bisa cepat lulus.

2. Faktor Internal

Sedangkan faktor interneal adalah alasan yang muncul dari dalam diri mahasiswa itu sendiri.
Contohnya terlalu bersantai-santai, malas mengerjakan laporan, Jarang menemui dosen untuk pembimbing dan lain-lain.

Sebenarnya apapun faktor yang mempengaruhi yang berperan paling besar menjadikan skripsi itu mudah atau sulit adalah motivasi mahasiswa itu sendiri, kalaupun memang dosennya sulit asalkan rajin di kejar terus saya yakin lama kelamaan dosen akan bosan dan luluh juga. Kalaupun karena peraturan kampus asalkan di ikuti pasti akan selesai.

Nah untuk lebih memudahkan skripsi itu diperlukan beberapa strategi yang bisa mahasiswa akhir terapkan untuk menjadikan skripsi itu cepat selesai, silahkan disimak tips-tips berikut ini.

Tips Agar Skripsi Cepat Selesai

1. Ingat Orang Tua

ingat orang tua
Ingatlah orang tua di rumah, ingat bagaimana sulitnya mereka mencari uang untuk bayaran kuliah, darimana uang yang mereka dapatkan untuk memberikan kita uang makan dan kiriman setiap bulan.

Apakah uang itu hasil dagang, uang gaji jerhaan, atau bisa jadi uang yang dikirimkan itu adalah uang hasil pinjaman (hutang kepada tetangga). Kita tidak pernah tau..

Jadi tidak adil rasanya jika kita terlalu bersantai-santai dan tidak segera menyelesaikan skrupsi kuliah kita.

2. Mulai Dekati Dosen

derita mahasiswa tingkat akhir

Trik selanjutnya adalah dengan mendekati dosen pembimbing yang mudah, kalau ditempat kuliah saya dulu ada dua cara dalam pengajuan dosen skripsi.

Yang pertama dipilihkan oleh pihak kampus dan kita tidak pernah tau akan dapat dosen siapa, dan alternatif kedua kita mengajukan dosen skripsi situs sendiri, dengan syarat dosen tersebut merekomendasikan judul yang kita ajukan untuk dibimbingnya, lalu kemudian kita ajukan ke pihak kampus.

Kalau pengen mudah tentu dengan cara yang kedua syaratnya yaitu tadi kita harus pintar mendekati dosen, dengan dosen pembimbing yang mudah tentu kita akan lebih mudah dalam proses menyelesaikan laporan skripisi.

Kalau kita perhatikan asdos (Asisten Dosen) dan Angota mahasiswa yang aktif kan cnderung lebih cepat saat menyelesaikan skripsi yaitu kuncinya mereka mendapat dosen pembimbing yang mudah dan sudah mereka kenal sebelumnya.

3. Angkat Judul Yang Mudah Asal Bisa Cepet Lulus

Saya sendiri masih bingung kenapa banyak teman-teman mahasiswa yang kesulitan dalam mencari judul dan menghabiskan waktu sampai berbulan bulan hanya untuk mencari dan memilih judul.

Padahal rata-rata mahasiswa menghabiskan waktu kurang lebih selama 4 tahun untuk mempelajari berbagai materi perkuliahan, masak iya dari pengetahuan yang sudah didapat itu tidak ada satupun informasi yang bisa dikembangkan untuk dibuat judul skripsi.

Saya sendiri dulu hanya memerlukan waktu kurang lebih 4 hari sampai judul di Acc, kuncinya Cuma satu perhatikan masalah apa yang terjadi dilingkungan sekitar, lalu angkat menjadi judul, terakhir kita tinggal tambahkan metode sesuai dengan masalah yang dihadapi.

Satu lagi tips untuk skripsi supaya mudah, jangan mencari judul yang terlalu berat atau susah diselesaikan, bukan apa-apa kalau terlalu berat nantinya malah akan membuat kita semakin lama menyelesaikannya.

Yang mudah saja asal bisa cepat wisuda, toh skripsi itu membuat penelitian ilmiah, bukan berlomba mencari judul paling susah.

4. Pasang Target

Kalau tidak ingin terlalu lama dalam mengerjakan proposal dan skripsi tentu kita harus pasang target. Kenapa?

Supaya waktu yang kita gunakan dalam penyusunan skripsi itu bisa dikelola semaksimal mungkin dan supaya tidak molor. Lebih bagus lagi kalau kita buat jadwal bimbingan, bagaimana cara membuat jadwal bimbingan Tugas Akhir yang efektif?

  1.  Pertama datang ke ruang informasi dosen, lalu tanyakan jadwal dosen yang membimbing laporan skripsi kita.
  2. Selanjutnya Perhatikan jadwal mengajarnya, lalu buatlah sebuah jadwal sendiri untuk bimbingan berdasarkan jadwal luang dosen tadi.
  3. Waktu waktu paling tepat untuk bimbingan biasanya adalah setelah dosen selesai mengajar atau jam istirahat yang agak lama.

Misal hari senin dosen pembimbing kita selesai mengajar jam 1 lalu mengajar lagi jam 5 sore, nah berarti waktu untuk bimbingan paling tepat adalah selama jam setengah 2 sampai jam 4 sore. Karena pada saat kosong itu dosen cenderung berada diruangan dan sedang tidak ada kegiatan lain.

Kalau sudah dapat jadwal dan membuat target seperti yang saya jabarkan diatas buatlah target lama waktu bimbingan, misal selama seminggu target 3 kali bimbingani, berarti target utamanya proposal selesai dalam waktu 1 setengah bulan sudah pres refisinya.

5. Kurangi Kegiatan Ekstra kulikuler Dikampus

Kegiatan ekstra kulikuler misalnya seperti BEM (badan eksekutif mahasiswa), pencinta alam, dan sejenisnya memang bagus karena bisa membuat kita dikenal dan dekat dengan dosen, tetapi saat sudah mengerjakan tugas akhri alangkah lebih bijaknya kalau kita kurangi kegiatan ektrakulikuler supaya jadwal kita mengerjakan proposan dan juga bimbingan tidak terganggu.

6. Berkumpul dengan sesama mahasiswa Tingkat akhir

Dengan bergabung dengan mahasiswa tingkat akhir lainya mau tidak mau kita akan selalu diajak membicarakan skripsi, dari yang tadinya tidak tau metode karena sering di obrolkan lama kelamaan kita akan paham, selain itu dengan bergabung dengan mahasiswa Tingkat akhir lainnya kita tidak akan kesulitan mencari teman untuk audience sidang nantinya.

Selain itu kita akan mendapat bimbingan gratis dari sesama mahasiswa yang sebelumnya sudah bimbingan, kan lumayan tu sebelum di koreksi dosen sudah di koreksi oleh teman sendiri.

7. Cari Teman seperjuangan Yang bisa memotifasi

Biar semangat ngerjain cobalah dekati teman teman yang sering kepo, sering tanya :

Udah bimbingan gan? udah bab berapa gan? udah sidang? Dan pertanyaan greget sejenisnya.
Memang kesannya menjengkelkan tiap kali ketemu mendengar pertanyaan-pertanyaan menyindir semacam ini, tetapi meskipun menjengkelkan karena selalu ditanya biasanya tingkah mereka ini cenderung merangsang alam bahaw sadar kita untuk terus kepikiran skripsi dan mau tidak mau kita jadi berfikir untuk mengerjakan.

8. Hindari teman yang jarang ngampus

Percaya tidak percaya lingkungan dan pergaulan itu sangat mempengaruhi kelancaran kita dalam mengerjakan skripsi. Kalau kita berteman dengan teman yang jarang masuk, sering bolos dan tidak pernah kuliah lama lama kita juga akan ketularan malasnya, jadi sebisa mungkin sedikit menarik diri dari teman teman seperti ini dan mulai mendekatkan diri dengan teman teman yang bisa membawa dampak positif. Bukan berarti langsung tidak berteman ya tapi ya harus sedikit di kurangi.

Karena kalau kita terlalu mengikuti pergaulan teman yang malas dan santai sanatai saat skripsi nanti ujung ujungnya kita akan menyesal sendiri saat teman teman yang lain sudah pada lulus dan mendapat pekerjaan, sedangkan kita masih berkutik dengan tugas akhri sementar teman teman yang santai satu persatu akan terus berkurang, ada yang berhenti kuliah, ada yang tidak pernah kelihatan, dan yang pasti tidak akan perduli dengan urusan kita.

9. Fokus saja Ke sripsi jangan dulu memikirkan Cari kerja

Banyak teman teman yang akhirnya gagal wisuda karena keburu mendapatkan kerja, memang tidak ada yang melarang kita untuk kerja karena toh nanti setelah lulus ujung ujungnya kita cari kerja, tapi ya alangkah ruginya kalau sampai gagal padahal sudah sampai tugas akhir.

kerja sebelum wisuda

Belum lagi uang yang diberikan orang tua selama ini jadi terlihat sia-sia karena bagaimanapun orang tua membiayai kuliah kita sudah pasti mereka ingin melihat kita memakai toga.

10. Rajin-rajin berdoa

Doa adalah salah satu yang tidak boleh dianggap remeh, karena itu selalu berdoa supaya diberikan kelancaran dalam mengerjakan skripsi.
jangan lupa juga Minta doa dan restu dari orang tua karena doanya orang tua itu biasanya di ijabah sama yang maha kuasa gan.

nah mungkin itu beberapa Tips Agar Skripsi Cepat Selesai, semoga bermanfaat dan semoga skripsi kamu cepat kelar.

 

Reply