Beberapa Jajanan tradisional Unik Yang Mudah Dibuat

Jajanan tradisional Unik

Jajanan tradisional Unik

Apa sih jajan tradisinal itu?

Secara sederhana kita bisa menganggap jika Jajanan tradisional merupakan Sebuah hidangan khas yang mencirikan asal dari dimana jajanan itu ditemukan. Jajanan tradisonal adalah makanan atau kuliner dari resep yang secara turun temurun di turunkan oleh nenek moyang kita, resep jajanan tradisional biasanya memang sederhana tapi dari kesederhanaan itulah tercipta keunikan dan akhirnya menggambarkan kesan khas yang mendalam.

Jenisnya dan rasanyapun sangat beragam dari yang manis, hingga yang guring, dari minuman sampai cemilan.

Kenapa dinegara kita banyak jajanan tradisinal?

jajanan tradisional banyak sekali jenisnya yang ada di indonesia, bahkan hampir disetiap daerah ada jajanan tradisionalnya sendiri, kenapa?

Seperti yang kita ketahui bersama Indonesia adalah negara dengan jumlah kekayaan alam serta budaya yang luar biasa banyaknya, bukan hanya budaya indonesia juga kaya akan berbagai jenis olahan makanan (kuliner). Tidak sedikit diantaranya berupa jajanan khas daerah, yang tentu saja tidak hanya enak, tetapi juga kreatif, inovatif dan kaya akan nilai budaya.

Dimana mendapatkan jajanan tradisional jaman sekarang?

Jajanan tradisional saat ini umumnya diperjual belikan secara bebas di pasar-pasar tradisional hampiur diseluruh daerah di indonesia. Tidak hanya dipasar jajanan tradisional juga ada yang akhirnya diangkat menjadi menu utama rumah makan contohnya seperti kue serabi, pancong dan lain-lain.

Apakah jajanan khas daerah bisa dijadikan produk dagang yang mampu bersaing dengan makanan modern jaman sekarang?

Kalau kita perhatikan Bahkan tidak sedikit usaha saat ini yang mengadopsi ide dari resep dari warisan budaya, yang sebelumnya terlebih dahulu diinovasikan mengikuti perkembangan jaman, sehingga tetap dapat diterima dengan baik oleh masyarakat, salah satunya adalah cendol, lemper, dodol dan masih banyak lagi jajanan khas daerah yang terkenal dan kali ini berwirausaha bagikan mengenai beberapa jananan tradisional yang sangat mudah dibuat dan bisa kamu jadikan sebagai ide untuk membuat produk berupa jajanan tradisonal yang jika kamu cukup inovatif dan bisa melihat peluang tentu saja bisa ditekuni dan tentu bisa menjadi ladang pencarian serta usaha yang menggiurkan.

10 jenis makanan Jajanan tradisional Unik dan mudah dibuat

Getuk

getuk

Getuk adalah sebuah makanan yang berasal dari jawa, getuk merupakan makanan berbahan dasar terbuat dari singkong rebus yang dihaluskan, untuk memperindah tampilannya biasanya getuk diberi pewarna makanan sedangkan untuk rasanya basanya menggunakan gula dan garam sebagai perasa gurih. Getuk umumnya biasa dihidangkan dengan taburan parutan kelapa muda.

Klepon atau onde-onde manis

klepon

Klepon merupakan makanan yang terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk bulat seperti bola-bola kecil yang didalamnya umumnya diberi isian seperti gula merah, dimasak dengan cara direbus dalam air mendidih, serta sering ditaburi dengan parutan kelapa. Cara pembuatan klepon adalah dengan mencampur tepung beras, tepung ketan, pasta pandang, air dan garam secukupnya. Dipasar pasar tradisional klepon umumnya dijual dengan bungkus berupa daun pisang.

Onde-onde

onde-onde

Onde-onde adalah sejenis kue jajanan pasar yang populer di Indonesia.

Onde-onde adalah nama sebuah makanan  (kue) yang bahannya terbuat dari tepung ketan/terigu dan berbentuk bulat , di dalamnya biasanya berisi kacang hijau manis atau kacang tanah serta bagian luarnya ditaburi biji wijen. Onde-onde merupakan kue yang rasanya gurih dan banyak disukai sehingga terkenal di seluruh indonesia. Kue ini sangat terkenal di daerah Mojokerto yang disebut sebagai kota onde-onde sejak zaman Majapahit.

Kue lapis

 

Kue lapis adalah makanan khas Indonesia. Kue ini biasanya terdiri dari berbagai warna yang berlapis-lapis, ini yang memberi nama kue ini. Kue ini dibuat dari tepung beras, tepung kanji, santan, gula pasir, garam dan pewarna. Kue ini dikukus setiap lapisannya sebelum kemudian lapisan di atasnya ditambahkan. Kue ini banyak ditemui di daerah-daerah di Indonesia.

Pewarna yang digunakan untuk kue lapis bisa terdiri dari pewarna makanan buatan atau pewarna alami. Pewarna yang sering digunakan adalah pandan (hijau) dan sirup bunga mawar (merah).

Lemper

kue lapis

Lemper adalah salah satu jajanan khas Jawa yang masih lestari hingga kini. Kuliner bercitarasa gurih ini masih kerap menghiasi beragam acara adat Jawa, mulai dari acara pesta pernikahan, hingga snack dalam acara selamatan bayi. Lemper merupakan makanan yang terbuat dari ketan yang dimasak dengan santan. Kedua bahan ini akan membuat citarasa gurih dan lezat. Lemper umumnyabiasanya berisi abon atau cincangan daging ayam, dan terbungkus oleh daun pisang, yang dimasak gurih dengan menggunakan air dan santan yang diberi bumbu berupa bawang merah, bawang putih, ketumbar, kemiri, daun salam, serai dan garam.

Sebelum isi lemper dibuat, biasanya lemper diisi abon atau cincangan daging ayam, dan terbungkus oleh daun pisang, lalu dimasak hingga kuahnya kering. Dengan demikian bumbu daging ayam akan meresap dan memberikan citarasa gurih yang lezat.

Mendut

lemper

kue mendut sesui dengan namanya merupakan kue yang kenyal dan seperti agar-agar namun lebh keras. Kue Mendut adalah kue basah tradisional khas jawa. Rasanya enak dengan tekstur kenyal karena terbuat dari beras ketan disukai banyak orang. Kue mendut biasanya diberi berwarna hijau dan dibungkus dengan menggunakan daun pisang dan diberi kuah santan di dalamnya

Dodol

dodol

Dodol adalah penganan tradisional Indonesia yang tergolong sebagai cemilan dengan rasa manis, memiliki tekstur yang empuk dan sedikit lengket. Secara umum dodol terbuat dari tepung beras, santan, gula merah, gula pasir dan sedikit garam, namun ada beberapa jenis dan variasi yang diberi buah-buahan seperti durian, sirsak, apel dan nangka.

dodol sangat identik dengan jakarta karena memang makanan yang satu ini asli berasal dari ibu kota jakarta.

Peyek atau Rempeyek

rempeyek

Rempeyek atau peyek adalah makanan pelengkap dari kelompok goreng gorengan.

Secara umum, rempeyek adalah gorengan terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan air hingga membentuk adonan kental, diberi bumbu (terutama garam dan bawang putih), dan diberi bahan pengisi yang khas, biasanya kacang tanah atau kedelai, ikan teri, ebi, udang kecil, jingking, atau laron. Saat ini orang juga membuat rempeyek dari daun bayam.

Peran tepung di sini adalah sebagai pengikat.

Kembang goyang

kembang goyang

Kue Kembang Goyang adalah salah satu kue tradisional khas Betawi.

Nama kembang goyang berasal dari bentuknya yang menyerupai kelopak bunga atau kembang dan proses membuatnya digoyang-goyang hingga adonan terlepas dari cetakan.
Kue kembang goyang Dibuat dari tepung beras. Kue kering ini disebut Kembang Goyang karena ketika akan digoreng cetakan digoyang-goyangkan di atas minyak panas.

Wajik atau wajik kletik

wajik

Bentuk belah ketupat atau jajar genjang oleh orang Jawa biasa disebut bentuk wajik, oleh karena itu kue ini bernama wajik.

Wajik ketan terbuat dari beras ketan yang dikukus kemudian dimasak dengan campuran santan, dan gula hingga berminyak dan terasa lembut.  Gula yang digunakan pada wajik jenis ini biasanya adalah gula merah.Gula merah yang digunakan akan membuat wajik menjadi berwarna coklat muda hingga coklat tua.

Kue wajik biasanya juga berbau harum karena dalam pengolahannya menggunakan daun pandan. Wajik yang biasa di kenal masyarakat luas adalah wajik yang berasal dari ketan atau wajik ketan. Wajik adalah salah satu ragam kekayaan kuliner di Indonesia.

Nah itu beberapa kuliner tradisional yang bisa anda inovasi menjadi menu baru yang pasti akan laku untuk dijual, semoga tulisan kali ini bermanfaat mohon maaf jika ada kesalahan dan sampai ketemu ditulisan selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *