Pekerjaan Yang Bisa Dimulai Dari Hobby Menulis

Pekerjaan Yang Bisa Dimulai Dari Hobby Menulis

Pekerjaan Yang Bisa Dimulai Dari Hobby Menulis

apakah kamu seorang yang gemar menulis? Jika iya berarti hobby kita sama .. hhe

Bagi saya pribadi, Menulis adalah hal yang menyenangkan karena dengan menulis kita bisa mengekspresikan apa yang kita rasakan, membagikan hal-hal yang mengagumkan dan bahkan bisa mengispirasi banyak orang. Hebat kan?

Selain itu kelebihan dari Menulis adalah merupakan salah satu media belajar yang paling efektif dan mudah kita ingat, kanapa?

karena saat Menuliskan kalimat kita berbicara dengan apa yang kita fikirkan, mengucapkannya dalam hati, lalu menuangkannya lewat tangan bait perbait dan menyusunnya menjadi kata kata yang bisa dibaca, memiliki arti dan bisa di pahami.

Apa Sih Tujuan Menulis?

Tujuan tuilisan sebenarnya berbeda-beda tergantung jenis tulisan apa yang dibuat.
Berikut ini adalah tujuan menulis menurut beberapa resapan buku yang telah saya simpulkan intinya:

1. Menyampaikan Informasi

Tujuan menulis secara umum adalah untuk menyampaikan segala bentuk informasi, informasi itu banyak ya ada yang berupa fakta, data, peristiwa, pendapat, ide, gagasan maupun pandangan seseorang. Sehingga orang yang membaca tulisan itu akan tau apa yang hendak disampaikan oleh penulis dan makna dari tulisan tersebut.

(jadi dari sini bisa di ambil kesimpulan jika menulis merupakan salah satu sarana komunikasi tidak langsung).

2. Mendidik

Mendidik adalah salah satu tujuan dari komunikasi lewat tulisan.

Karena melalui membaca seseorang yang tadinya tidak mengerti akan menjadi mengerti, yang tidak tau akan menjadi tau? Jadi secara ilmiah melalui membaca tulisan pengetahuan kita akan bertambah, wawasan akan terus diasah dan pada akhirnya akan membentuk pribadi seseorang.

3. Menyimpan Ilmu dan Pengetahuan

Taukah kalian jika ilmu itu sebagian besar diabadikan dalam tulisan.
Bayangkan jika tidak ada tulisan bagaiamana cara mengabadikan ilmu yan kita miliki?

Karena ingatan manusia itu terbatas, sehingga ilmu, nasehat maupun ilmu pengetahuan yang telah di temukan bisa dilupakan dan akhirnya hilang. Oleh karena itu buku digunakan sebagai media penyimapanan ilmu.

4. Media Hiburan

Kenapa tulisan merupakan media penghibur?  Karena dulu jauh sebelum radio, televisi, dan internet berkembang secanggih sekarang hiburan di sampaikan kedalam bentuk tulisan. Contohnya apa saja?

Novel, koran, majalah, buku dongen, cerita rakyat dan masih banyak lagi.

Lalu Apa sih Manfaat Tulisan

Manfaat menulis sebenarnya ada banyak berikut ini contohnya:

1. Memperkaya kosa kata dan meningkatkan kemampuan dalam menyampaikan informasi melalui tulisan.
2. Mencerdaskan karena Dengan menulis kita dipaksa untuk berfikir dan menggali pengetahuan dan pengalaman yang tersimpan di alam bawah sadar kita.
3. Dengan menulis kita mengembangkan gagasan kita menggunakan penalaran, membanding-bandingkan fakta-fakta yang ada yang mungkin tidak kita lakukan jika tidak sedang menulis.
4. Lebih banyak mencari, menyerap, kemudian menguasai informasi, sehingga secara tidak langsung memperluas wawsan si penulis.
5. Dengan menulis kita bisa meninjau gagasan dan menilai gagasan kita secara objektif.
6. Dengan menulis otal kita akan lebih aktif dalam berfikir sehingga dapat menjadi oenemu sekaligus pemecah masalah. Bukan sekedar penyerap informasi.
7. dengan menulis kita memiki sarana untuk mengembangkan emahaman dan kemampuan dalam bertata bahasa.
8. Proses Menulis secara benar akan membiasakan kita berfikir sistematis, dan berbahasa dengan baik.
8. melatih ingatan, Dengan membiasakan diri menulis dan membaca kita berarti secara rutin melatih otak sehingga mengurangi resiko gampang lupa/pikun di hari tua kelak.

Pekerjaan dari yang berawal dari hoby menulis

Nah sudah tau apa manfaat dari menulis sekarang saya akan menjelaskan beberapa profesi yang cocok dan bisa dikerjakan oleh seseorang yang gemar menulis dan memiliki kemampuan untuk membuat tulisan:

1. Wartawan

Wikipedia menjelaskan wartawan atau jurnalis (pewarta) adalah orang-orang yang secara teratur menuliskan berita (atau laporan kejadian) dan kemudian di terbitkan di media masa, baik itu televisi, radio, koran, internet, maupun media cetak.

2. Penulis buku

Kalau ini tidak perlu saya jelaskan pasti anda sendiri sudah tau apa itu penulis buku. Yaitu seseorang yang bertugas menulis buku, baik itu berupa buku pelajaran, novel, maupun karya tulis umum lainnya .

3. Editor

Editor adalah seseorang yang bertugas melakukan pengeditan pada buku, tulisan, atau berita sebelum di cetak dan diterbitkan ke publik oleh media cetak seperti koran, surat kabar, majalah, dan sejenisnya. Menjadi editor sangat cocok untuk kamu yang jeli mengoreksi kesalahan dalam tulisan.

4. Blogger atau pengelola blog/website

Menjadi blogger atau bisa juga artikan sebagai pemilik dan pengelola blog adalah salah satu pekerjaan yang mengharuskan kamu mampu menulis kontent dengan baik, sebab blog itu yang dijual adalah tulisannya.

Selain hobby menjadi blogger juga bisa menghasilkan loh Sehingga cocok untuk kamu yang hobby menulis.

5. Coppy writter/review

Coppy writting adalah sebuah pekerjaan yang menawarkan jasa berupa keahlian dalam menulis dan mengulas barang (review) sehingga tulisannya nantinya bisa mempengaruhi pembacanya untuk tertarik membeli barang/produk/jasa yang di ulas.

Sehingga tidak heran jika jenis pekerjaan ini sering sekali berhubungan langsung dengan media pengiklanan (advertising).

6. Content Writter

Mungkin banyak yang mengira jika coppy writter dan konten writter itu sama padahal pada kenyataannya keduanya memiliki makna yang berbeda, letak perbedaanya yaitu sebagai berikut:

Kalau coppy writter oengulas produk, sedangkan Kalau content writter itu penulis konten/artikel/tulisan.

Content writter ini mudah kita temui pada blog-blog besar yang menggunakan jasa penulis konten yang biasanya dipekerjakan secara freelance.

7. Novelis

Novelis sama dengan penulis buku bedanya kalau novelis jatuhnya lebih fokus kepada penulisan novel yang bersifat fiksi ya.

Manfaat menulis menurut saya pribadi

Berikut ini manfaat menulis yang setidaknya saya sendiri rasakan:

  1. Menulis mendewasakan pola pikir seseorang. Menulis membuat kita mudah untuk mengungkapkan apa yang kita rasakan, sehingga keburukan dan rasa kesal dalam hati bisa tersalurkan. Dengan berfikir positif otak kita akan cenderung terbuka akan hal-hal baru, mempu memperhatikan hal-hal detail yang selama ini terlewat dari perhatian, dan menjadikan kamu lebih dewasa dari segi pemikiran.
  2.  Menulis meredam emosi. Menulis merupakan cara kuno untuk mengekspresikan perasaan, sehingga mampu mengendalikan emosi yang berlebihan meskipun sekarang sudah banyak ditinggalkan.
  3.  Menulis cara mudah untuk menjelaskan. Cara termudah untuk memahami sebuah informasi selain melalui komunikasi langsung juga bisa dengan menggunakan tulisan.

Kesimpulan

Dari berbagai ulasan diatas bisa kita simpulkan serbagai berikut:

  1.  Menulis memiliki banyak sekali manfaat sehingga sangat direkomendasikan
  2.  Biasakanlah diri menulis hal-hal yang penting supaya tidak terlupakan
  3.  Dampak baik menulis bagi kesehatan otak juga sangat baik karena melatih kecermatan dan mengasah kecerdasan

Reply