Peluang Usaha Kuliner Bakso Yang Menguntungkan

Peluang Usaha Kuliner Bakso

Peluang Usaha Kuliner Bakso

Sekilas mengenai bakso

Siapa sih yang tidak mengenal bakso?

Tua muda, laki laki perempuan dari anak anak, remaja, sampai yang dewasa semuanya tau dengan makanan bulat dari olahan daging yang satu ini. Bakso memang sudah lama akrab dengan lidah orang indonesia sehingga tidak heran banyak sekali yang menggemari kuliner yang satu ini.

Karena banyaknya masyarakat yang menggemari kuliner ini menadikan bakso merupakan salah Bisnis kuliner yang terbilang menjanjikan.Bakso memiki arti daging giling (dalam bahasa hokkien) diluar negeri bakso juga dikenal dengan istilah meatbal, diindonesia umumnya bakso dibuat dari berbagai macam bahan seperti daging sapi giling.

Disajikan panas dengan kuah kaldu sapi bening, bersama dengan mie putih dan mie kuning, sering di beri tambahan berupa sambel cabai, saos dan juga kecap. Rasanya yang nikmat sangat cocok dikonsumsi apalagi saat cuaca dingin dan hujan.

Jenis-jenis bakso yang sering di perjual belikan pedagang

Ada berbagai macam jenis bakso yang umum diperjual belikan, diantaranya yaitu:

  • Bakso urat, yaitu bakso yang didalamnya telah diisi dengan urat atau tendon dan daging tetelah kasar.
  • Bakso bola tenis, taitu bakso yang berukuran sebesar bola tenis biasanya tidak terisi apa apa.
    Bakso telur, yaitu bakso yang didalamnya berisi telur bulat.
  • Bakso ikan, yaitu bakso yang terbuah bukan menggunakan daging sapi dapi dari ikan.
    Bakso udang, yaitu bakso dari bahan udang.
  • Bakso gepeng bakso yang bentuknya gepeng.
  • Bakso malang, yaitu bakso yang khas berasal dari kota malang, bakso ini biasanya lengkap dengan makanan lain seperti tahu, somay, kerupuk dan lain-lain.
  • Bakso unyil atau bakso kerikil, bakso yang berukurang kecil seukuran biji kelereng.
  • Dan yang lagi hebah belakangan ini yaitu Bakso kaget dan beranak, yaitu bakso yang dibagian dalamnya berisi bakso berukuran kecil. Serta masih banyak lagi jenis jenis bakso yang lainnya.

Berbagai jenis usaha bakso

Karena peminatnya yang luas bakso banyak dipilih sebagai salah satu usaha kuliner yang menjanjikan, banyak pelaku bisnis ini yang menjalankan usaha bakso mulai dari yang keliling menggunakan gerobak, pedagang kaki lima, sampai yang berbenttuk restoran mewah.
Sekarang bakso juga sudah mulai diinovasi menjadi kuliner kreatif lainnya seperti bakso bakar, bakso goreng, dan masih banyak lagi.

Peluang usaha bakso saat ini

Banyak sudah orang yang menekuni usaha kuliner yang satu ini dan akhirnya sukses, dari yang tadinya hanya keliling dan mangkal di perempatan sampai akhirnya mampu membeli ruko dagang sendiri sampai mampu membuka beberapa cabang diberbagai kota misalnya seperti sony yang terkenal dengan bakso sony.

Apakah modal usaha bakso ini besar?

Sebenarnya besar kecil modal yang di perlukan dalam memulai usaha kuliner bakso tergantung anda sendiri ingin mendirikan usaha bakso yang seperti apa, semakin besar dan mewah dengan banyak karyawan tentu memerlukan modal yang besar.

Tapi kalau untuk usaha kecil-kecilan seperti keliling dengan menggunakan gerobak keliling tentu tidak terlalu besar. Asusmi termudahnya modal bersih sudah bisa dagang paling tidak memerlukan biaya dibawah lima juta, untuk rincian bisa dilihat di bawah ini:

  • Kompor dan gas 300.000
  • Bahan baku 500.000
  • Perlengkapan masak 200.000
  • Peralatan makan 150.000
  • Peralatan dan Perlengkapan usaha bakso lainnya 250.000

Total 1.400.000

Modal diatas di asumsikan tanpa gerobak, tapi tentu saja jualan bakso pasti membutuhkan gerobak, selanjutnya memerlukan gerobak untuk tempat dagang.

Pembuatan gerobak untuk usaha bakso

gerobak bakso

gerobak merupakan benda yang wajib anda miliki jika anda hendak membuka usaha usaha bakso karena segala aktivitas jualan mulai dari merebuh mie membuat kuah sampai memajang dan menyajikan bakso semua dilakukan diatas gerobak, jadi sudah dipastikan anda memerlukan gerobak.

Berapa harga gerobak?

Harga gerobak dipasaran bermacam-macam, mulai dari yang harga 1.500.000 sampai ada yang berharga 3 juta, semua tentu tergantung dengan desain gerobak yang anda buat serta bahan material yang anda gunakan. Semakin bagus dan kuat gerobak tentu harganya akan semakin mahal.

sebenarnya modal masih bisa ditekan jika anda membuat gerobak sendiri. Tapi tentu itu memerlukan keahliah khusus untuk mendesain Desain gerobak tempat jualan bakso .
Sudah memiliki gerobak selanjutnya bagaiman cara memilih tempat untuk usaha kuliner bakso ini?

Tips Mencari atau memilih tempat usaha

lokasi jualan bakso

Tempat usha atau lokasi jualan adalah sesuatu yang penting anda perhatikan sebelum memulai usaha kuliner bakso ini. Jika anda penasaran dimana lokasi yang bagus untuk berjualan bakso, berikut ini beberapa rekomendasi tempat dagang bakso yang strategis:

1.Dekat pasar

Pasar menjadi tempat stategis pertama untuk berjualan bakso, karena disana banyak masyarakat beraktivitas dan juga berlalu lalang, mulai dari yang sedang berbelanja, pedagang, dan semua orang yang beraktifitas dipasar berpotensi untuk menjadi pelanggan anda.

2.Dekat terminal atau stasiun

Sama halnya dengan pasar terminal dan stasiun merupakan tempat strategis berikutnya jika anda ingin menjual bakso, karena terminal dan stasiun banyak keluar pergi orang baik dari luar atau dari kota ingin keluar dan biasanya sembari menunggu mereka mencari makanan yang bisa digunakan untuk mengganjal perut.

3. Dekat pabrik/tempat kerja

Saat istirahat lebih baik anda bergegas keliling kearah pabrik akrena disana para karyawan sedang mencari makanan.

4.Dilingkungan sekolah atau kampus

Saat jam istirahat kampus menjadi tempat yang menjanjikan untuk berjualan, tetapi dengan catatan kalau mahasiswa itu biasanya gensian dan nggak mau makan kalau tempatnya tidak nyaman jadi anda membutuhkan tempat yang nyaman untuk makan jadi pastikan anda membawa kursi dan meja.

5.Dilingkungan perumahan/koskosan/kontrakan

Anak anak kosan dan kontrakan umumnya tidak masak mereka lebih cenderung membeli makanan diluar sehingga masyarakt perantauan yang tinggal di perumahan, kontrakan, atau koskosan bisa menjadi pembeli yang menjanjikan.

Cara Membuat kuliner Bakso

Proses yang harus anda ketahui selanjutnya adalah Proses Pembuatan Bakso/Cara membuat bakso :

Sebenarnya cara membuat bakso tidaklah sulit apalagi saat ini banyak informasi di internet tentang cara membuat bakso yang bisa anda terapkan sendiri. Sebenarnya sekarang sudah ada penjual bakso jadi tetapi karena beli tentu saja kwalitasnya tidak seenak jika membuat sendiri, selain itu membeli bakso jadi juga menjadi riskan karena banyak pedagang bakso pentol yang melakukan kecurangan dengan memasukan bahan-bahan ilmiah yang kurang sesuai untuk di konsumsi jadi sebaiknya bakso anda buat sendiri agar lebih sehat dan juga aman di konsumsi pelanggan.

Jika anda memiliki modal cukup besar sebenanya sekarang sudah ada mesin bakso otomatis yang bisa di gunakan secara praktis untuk membuat bakso dalam jumlah banyak, tetapi karna harganya yang tergolong mahal mesin bakso ini cocok di gunakan untuk pengusaha bakso, sedangkan untuk memulai dagang kecil-kecilan berikut ini caranya.

Cara membuat pentol bakso yang praktis:

Bahan-bahan utama:

  • Daging giling 300 gram
  • Tepung tapioka
  • Bawang putih
  • Garam
  • putih telur
  • baking powder
  • merica, pala dan juga air untuk merebus

cara pembuatan nya:

  1. bahan bahan di atas diblender (kecuali air), atau bisa juga dilakukan secara manual dengan cara di uleni.
  2. jika dirasa adonan terlalu sulit untuk di blender bisa di tambahkan sedikit air, biarkan sampai adonan menjadi halus dan merata.
  3. Setelah bahan selesai di blender selanjutnya mulai di bentuk menjadi bulatan sesuai ukuran bakso yang anda inginkan.
  4. Kemudian bulatan bakso tadi dilakukan perebusan dengan menggunakan air secara bertahap hingga bakso matang, tandanya yaitu bakso mulai mengapung.

Setelah matang bakso bisa disimpan di kulkas untuk sewaktu-waktu digunakan untuk membuat bakso.

Pembuatan kuah bakso

Bahan-bahan dan cara dalam membuat kuah bakso adalah sebagai berikut:

Rebus Air 4 liter, selanjutnya masukan tulang sapi dalam api kecil hingga mendidih.
Selanjutnya masukan Bawang putih 12 siung yang sudah dihaluskan biarkan selama 15 – 20 menit selanjutnya tambahkan bumbu bumbu lain seperti : Daun bawang secukupnya, 1 sendok lada bubuk, Kaldu rasa sapi 2 sendok, Garam secukupnya.

Selanjutnya tinggal di buat saja bakso seperti yang sering anda perhatikan pada penjual bakso pada umumnya.

Tips membuka usaha bakso

  1. Lakukan uji coba terlebih dahulu jika anda memang baru pertama kali membuatnya sampai anda menemukan takaran dan resep yang pas dan sesuai dengan selera anda, saat siap baru anda mulai membuka kios.
  2. Jika anda berniat berjualan keliling pastikan anda sudah melakukan survey untuk mengetahui apakah sudah ada penjual bakso lain yang keliling atau belum jika sudah sebaiknya adna cari yang belum ada untuk menghindari persaingan.
  3. Pilihlah saat saatyang tepa untuk berkeliling, datangi tempat tempat ramai misal lapangan, seolahan, dan lain-lain.
  4. Waktu-waktu yang paling tepat untuk jualan bakso adalah mulai dari jam 10 pagi sampai jam 10 malam.
  5. Saat hujan atau cuaca dingin penjualan bakso umumnya meningkat karena banyak orang yang mencari makanan hangat yang berkuah, sehingga bisa anda manfaatkan semaksimal mungkin.

Mungkin Cuma itu saja yang bisa berwirausaha bagikan kali ini, semoga yang telah di ulas disini bermanfaat dan mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan artikel ini.
Sampai jumpa di tulisan selanjutnya.

Reply