Peluang Usaha Sop Durian Begini Cara Memulainya

Peluang Usaha Sop Durian

Peluang Usaha Sop Durian

Membahas tentang peluang usaha khususnya dibidang kuliner memang tidak pernah ada habisnya. Nah kesempatan kali ini kita akan ulas mengenai peluang bisnis kuliner sop durian, bagaimana cara memulainya, dan berapa kira-kira untung ruginya. Selamat menyimak.

Sekilas Tentang Keberadaan Buah durian

Durian, siapa sih yang tidak kenal dengan buah beraroma khas yang memiki duri dibagian kulitnya ini?

Buah durian atau duren berasal dari kawasan di wilayah Asia Tenggara, banyak dijumpai dan dibudidaya di negara kita. Buah ini disebut durian karena memang kulitnya runcing  berduri.

Tau tidak jika Buah durian ini sudah lama lo di kenal sebagai raja dari semua buah (king of fruit).
Dengan rasanya yang nikmat, manis serta memiliki wangi yang unik sehingga tidak heran rasanya jika buah yang bernama latin bernama latin Durio Zibethinus ini memiliki banyak sekali penggemar saat ini. Penggemar durian berasal dari berbagai kalangan,mulai  dari dari anak-anak, dewasa dan juga remaja perduli golongan maupun status sosial.

Selain di konsumsi langsung saat matang durian juga bisa di olah menjadi aneka kuliner yang diminati loh, dan salah satunya yang akan kita bahas disini yaitu sop durian.

Apa itu sop durian?

Sop durian merupakan salah satu kuliner yang disajikan dalam bentuk dingin menggunakan es yang terbuat dari buah durian, sop buah duren ini awalnya merupakan sebuah inovasi anak muda kreatif.

Hal ini tidak mengherankan jika mengingat negara kita ini memang terkenal dengan banyak sekali jenis buah durian, dan ditangan pemuda anak muda kreatif inilah tercipta resep sop durian yang tanpa di sangka-sangka ternyata dapat diterima dengan baik oleh masyarakat hingga akhirnya bisa berkembang pesat hampir dan sekarang tersebar hampir keseluruh daerah di indonesia.

Kenapa Usaha Sop durian ini menjanjikan untuk usaha?

berbeda dengan jenis usaha lainnya seperti pakaian atau gedget yang sekedar gaya hidup, usaha semacm makan dan kuliner merupakan kebutuhan utama setiap manusia, sehingga dari hari kehari usaha macam ini semakin diminati. Ditambah lagi banyaknya masyarakat penyuka buah durian saat ini sehingga semakin menjadikan  usaha sop durian ini menjanjikan untuk dijalankan.
Berikut ini setidaknya ada 4 alasan kenapa sop durian batut di pertimbangkan :

  1.  Durian merupakan buah yang cukup terkenal dan disukai oleh hampir semua orang, sehingga pangsa pasarnya masih cukup luas.
  2.  Buah durian masih tergolong melimpah dan mudah di dapatkan di negara kita sekalipun tidak pada musimnya kita masih bisa membelinya dari luar daerah. Daerah yang banyak menghasilkan durian diantaranya adalah wilayah palembang, Medan, Sidikalang dan Sumatra Utara.
  3.  Proses pengolahan buah durian yang tidak menghabiskan waktu yang relatif lama.
  4.  Masih belum terlalu banyak saingan sehingga prospek kedepannya masih bagus.

Apa yang harus saya persiapkan jikaingin membuka cafe sop durian?

Ada beberapa gambaran yang perlu anda persiapkan sebelum terjun ke bisnis kuliner sop durian ini, diantaranya:

1. Punya resep Original

Resep Sop  durian merupakan kunci awal dalam memulai bisnis ini tentu saja, bagaimana caranya anda memulai jika anda saja tidak tau bagaimana caranya membuat sup durian..
Intinya anda harus mempelajari cara pembuatan dan penyajian dari sop durian yang ada, kemudian membuat inovasi agar menjadi resep original anda sendiri yang baru, serta menjadikan usaha kuliner sop durian anda berbeda dan tidak kerkesan ikut-ikutan.
Bagaiman cara berinovasi pada sup durian? bisa dengan cara menciptakan dan menambahkan varian rasa baru, atau dengan mix and combine toping yang menjadi penghias sup duren anda.

2. Punya modal untuk memulai

Usaha apapun pasti memerlukan modal termasuk juga dalam usaha sop durian ini, jadi mau tidak mau anda harus mempersiapkan modal.

Besaran modal perorang tentu berbeda beda tapi lebih bijaknya jika disesuaikan dengan modal/budget yang anda punya.Modal ini untuk apa sih?

Nantinya modal ini bisa andaalukasikan dalam berbagai hal seperti:

  •  Membeli bahan bahan untuk membuat hidangan, misalnya seperti durian, toping, cokelat, keju, dan lain-lain.
  • Membeli peralatan dapur, peralatan penyajian, kulkas dan juga keperluan terkait lainnya.
  • Untuk membayar Gaji karyawan (jika menggunakan).
  • Dan yang tidak kalah penting juga adalah untuk Sewa ruko sebagai tempat julan atau lokasi dagang.

3. Persiapkan lokasi dagang

Sudah siap modal sekarang saatnya anda mencari lokasi dagang yang strategis. Pertimbangkan secara hati-hati lokasi dagang anda karena sedikit banyak tentu lokasi dagang akan mempengaruhi kesuksesan usaha anda kedepannya.

Rincilah secermat mungkin perhitungan antara pengeluaran harian, biaya sewa dengan perkiraan pendapatan yang mungkin akan anda dapatkan. Setidaknya dalam perhitungan diatas kertas Pastikan dalam perhitungan anda, usaha yang akan anda bangung nantinya mampu membuahkan hasil lebih besar dari apa yang telah anda keluarkan. Tujuannya apa?

Supaya dagangnya anda menguntungkan dan juga untuk membantu memudahkan anda lebih bijak dalam mengambil keputusan.

4. Buat brand image supaya mudah di kenali

Banyak jenis jenis usaha sop durian yang sedikit banyak sudah dikenali saat ini. Seperti sop durian lodaya, sop durian king, sop durian margado, duran duren, dan merek-merek lainnya. Anda tidak boleh menggunakan nama sama dengan yang sudah ada karena kebanyakan mereka sudah mematenkan nama (brand) tersebut, kalau semabrangan anda pakai tanpa izin bisa-bisa anda di tuntut karena pelanggaran hak cipta.

5. Mulai mendirikan usaha

Sudah yakin benar untuk mendirikan usaha sop durian sekarang saatnya anda memulai usaha sop durian anda, jika anda masih bingung bagaimana membuat sop durian berikut ini saya berikan gambaran dasarnya saja, pembuatan sop durian untuk pengembanganya silahkan anda lakukan inovasi resep anda sendiri.

Proses pembuatan sop durian:

bahan-bahan campuran berupa tepung maizena, gula dan susu rebus hingga menjadi kental. Sertelah itu, angkat dan biarkan dingin. selanjutnya tambahkan ke dalam campuran susu dan bahan lain berupa air es, aduk merata. selanjutnya siapkan duren yang sudah dibelah dan diambil dagingnya.jangan lupa Pisahkan daging dari biji lalu campurkan dengan bahan campuran di atas kemudian masukkan es batu.

Sebelum disajikan, lengkapi sop duren ini dengan menambahkan topping sesuai selera

6. Lakukan promosi secara berkala

Kalau mau usaha cepat di kenal dan anda memiliki pelanggan mau tidak mau and harus urun tangan untuk promosi. Media sosial seperti facebook, BBM, atau instagram merupakan media promosi gratis yang bisa anda manfaatkan untuk mempromosikan usaha anda.
Jangan malu untuk turun kejalan dan membagikan brosur atau jika anda punya budget lebih anda promosikan produk anda keradio lokal, dengan begitu semkin banyak orang tau tentu pemnatnya akan semakin bertambah.

Kembangkan bisnis anda
Alang lebih bagus jika anda membuat brand anda sendiri lalu mengebangkannya supaya menjadi terkenal, jan lumayan saat terkenal anda bisa membuka dan mengembangkan cabang sendiri atau membuat program kemitraan dengan sistem francise. tentu omsetnya bisa sangat menggiurkan.

Tips dalam membuka usaha sop durian:

  1.  Kembangkan dan Sajikan berbagai macam varian rasa, tujuannya adalah agar pelanggan anda tidak cepat bosan.
  2.  Lokasi yang trategis untuk usaha sop durian ini adalah dilingkungan yang dekat dengan mall, kamus, pinggir jalan raya perkotaan, dekat dengan lapangan dan tempat rekreasi.
  3.  Durian itu nerasal dari daerah yang berbeda juga memiliki rasa yang berbeda misal durian dari sumatra rasanya akan berbeda dengan durian palembang, jenis juga mempengaruhi misal durian lokal dengan durian montong. jadi coba anda tentukan sendiri mana durian yang sesuai untuk usaha anda.

Reply