12 Strategi Agar Usaha Rumah Makan Anda Laris

Strategi Agar Usaha Rumah Makan Anda Laris

Strategi Agar Usaha Rumah Makan Anda Laris

Apakah anda salah satu pemilik usaha rumah makan atau ingin mendirikan usaha rumah makan? Jka iya berikut ini kami memiliki beberapa strategi agar rumah makan anda selalu laris di kunjungi pembeli, selamat membaca.

Bicara tentang rumah makan berarti kita bicara dengan yang namanya kebutuhan sehari-hari yaitu makan, manusia memang diciptakan untuk tidak bisa lepas dari yang namanya makan.

Makanan merupakan salah satu kebutuhan pokok yang tidak bisa dihindari, sebab manusia tidak mungkin bisa bertahan hidup tanpa makan. Hal inilah yang harus menjadikan usaha rumah makan selalu menjanjikan untuk di jalankan.

Tapi sayang nya karena terbilang cukup menjanjikan saat ini banyak sekali orang yang berbondong ikut mendirikan usaha rumah makan yang tentu akan menjadikan persaingan dalam bisbnis ini semakin ketat. Nah untuk itu anda harus memiliki strategi khusus agar rumah makan anda selalu laris dan bisa memenangkan persaingan.

berikut 12 tips agar rumah makan selalu laris:

1. Dirikan usaha rumah makan pada tempat yang mudah terlihat

Kalau anda belum mendirikan usaha rumah makan dan hendak mendirikan usaha sebaiknya anda perhatikan benar lokasi nya. Pastikan rumah makan anda mudah dicari dan terlihat dari jalan, sebab dengan mendirikan usaha rumah makan di tempat yang mudah terlihat anda akan memperoleh beberapa keuntungan di antaranya:

  •  Pengunjung yang lewat akan dengan mudah mengetahui usaha anda. Sehingga kalaupun ada orang yang penasaran ingin mencoba makan ditempat anda mereka tidak akan kesulitan mencarinya.
  •  Semakin sering dilihat orang akan semakin penasaran untuk mencoba. Kalau sudah mencoba dan puas bisa di pastikan pengunjung tersebut tidak akan ragu untuk kembali membelli makanan ditempat anda.

2. Jual rasa bukan hanya mencari untung semata

Memang sih enak itu relatif, tetapi karena Jualan makanan berarti ya anda harus mampu menyajikan makanan yang sesuai dengan harapan pelanggan. Tips untuk memperbaiki adalah dengan bertanya kepada pelanggan saat selesai membayar “bagaimana bu/pak apakah ada yang urang”, kumayan respon pelanggan akan menjadi kritik yang membangun usaha anda kedepannya, selain itu pelanggan akan senang dengan bangga menjawab karena merasa diperhatikan.  Jangan hanya terlalu terfokus mencari keuntungan semata.

3. Harga jangan terlalu mahal

meskipun makanan adalah kebutuhan pokok manusia tetapi tetap saja anda jangan lantas menjadikan harganya mahal. Justru salah jika anda mematok biaya terlalu mahal hanya dengan pertimbangan makan adalah kebutuhan, bisa bisa malah pelanggan anda pindah ketempat lain karena kita tau sekarang ini banyaknya pilihan tempat makan yang enak dan juga murah.

Selain itu makanan adalah olahan cepat basi jadi sebaiknya bandrol dengan harga terjangkau yang penting penjualan lancar supaya perputaran uang menjadi cepat.

4. Terjangkau untuk semua kalangan

Jadi sebisa mungkin bandrolah dengan harga yang sesuai dengan pasaran atau kalau bisa buatlah harga anda terjangkau untuk semua kalangan, sebab jaman sekarang ini harga berbeda seribu dua ribu saja bisa memberikan perbedaan yang jauh.

5. Bonus minumanan dingin atau es teh manis

Meski terkesan sederhana ternyata memberikan minuman gratis misalnya es teh bisa menjadi bahan pertimbangan sendiri untuk para calon pembeli. Misal saja anda di suruh memilih tempat makan sama-sama rumah makan pecel lele tapi yang satu memberikan es teh gratis dan satunya tidak, pasti kebanyakan orang akan memilih yang gratis es teh.

Jangan pelit saya sendiri pernah pengalaman beberapa tahun berkecimpung di bidang rumah makan dan menurut saya masih menguntungkan kok meskipun kita memberikan gratis es teh manis.

6. Akrab dan ramah kepada pembeli

Orang lebih cenderung mencari rumah makan yang umumnya penjualnya ramah karena sejatinya tempat makan itu bukan hanya sekedar tempat untuk mengisi perut yang lapar tetapi juga tempat interaksi. Jadi kalaupun anda merasa makanan anda enak tetapi anda tidak ramah kepada pelanggan mungkin pelanggan akan berfikir ulang jika hendak kembali makan di tempat anda.

7. Tempat makan sebaiknya bersih, terang dan nyaman

Beberapa survey pendapat di daily life menunjukan jika Makanan akan menjadi terasa lebih nikmat jika tempat untuk mengkonsums bersih dan nyaman, suasanya mendukung dan tempatnya terang. Tempat makan yang bersih dan terang juga akan memberikan kesan rumah makan anda mewah, selain itu tempat terang akan menjadikan tempat anda terlihat selalu ramai pengunjung.

Terlihat selalu ramai menjadi tanggapan postif bagi usaha anda. Karena menurut pendapat orang kebanyakan semakin ramai rumah makan berarti semakin enak dan bagus kwalitas tempat makan tersebut.

8. Pajang nomer kontak pesanan di tempat yang jelas

Kalau rumah makan anda melayani pesanan pastikan anda memajang nomer telpon anda ditempat yang mudah dilihat oleh pelanggan, misal di buku menu, di nota dan di baner warung. Tujuannya apa biar kalau seseorang yang sudah menjadi pelanggan anda itu ingin mencatat nomer anda bisa dengan mudah dilkukan.

9. Pajang baner dengan gambar yang menggugah selera makan

Kebanyakan rumah makan pinggir jalan/rumah makan tenda yang menghidangkan menu seperti bebek ayam hanya memberikan gambar kartun hewan seperti lele, bebek dan ayam memang tidak ada salahnya toh orang sudah tau itu tempat makan bebek ayam.

Tapi kenapa tidak dimanfaatkan Padahal kalau difikir-fikir seandainya gambarnya dirubah dengan baner gambar menu yang menarik perhatian pasti sedikit banyak akan membantu membujuk pelanggan.

10. Cari kasir yang mau mengucapkan terimakasih dan senyum kalau pelanggan pulang

Beberapa kasir rumah makan hanya memberikan kembalian dan bilang terimakasih, beberapa pelanggan memang tidak mempermasalhkan hal ini tapi seandainya anda misal sebagai kasihnya sambil senyum bilang besok balik lagi ya pak/buk pasti pelanggan juga merasa senang.
Sudah kenyang, puas, di perhatikan.

11. Pastikan ada kamar mandi dan tempat cuci tangan

Mungkin ada Beberapa rumah makan kadang yang tidak memperhatikan fasilitas rumah makan seperti tempat cuci tangan dan kamar mandi, padahal menurut saya kamar mandi dan tempat cuci tangan itu hal yang wajib disediakan apalagi kalau rumah makan anda makanan bersambal seperti ayam, lele, dan bebek.

12. Jangan takut kalah saingan

Berikanlah pelayanan terbaik anda kepada pelanggan nantinya ramai tidaknya nanti pelangan yang menentukan, tapi kalau memang pelayanannya sudah prima mustahil pelanggan anda berkurang. Yang ada malah semakin bertambah dari hari kehari, dan hal inilah yang akan membantu anda memenangkan persaingan. persaingan juga bisa di menangkan dengan cara berinovasi, inovasi bisa dari segi apa saja dari resep, suasana, dan lain-lain.

nah itu dia 12 tips membangun usaha rumah makan agar tidak pernah sepi pembeli, semoga bermanfaat dan mohon maaf jika terdapat kesalahan.

 

Reply