Pentingnya Hutan Bakau Atau Mangrove Bagi Lingkungan Hidup

Pentingnya Hutan Bakau Atau Mangrove Bagi Lingkungan Hidup

Apa itu hutan bakau?

Hutan bakau atau disebut juga hutan mangrove ialah hutan yang tumbuh di air payau, dan dipengaruhi oleh pasang-surut air laut.

Dimana tumbuhan bakau ini dapat kita jumpai?

Hutan bakau tumbuh khususnya di tempat-tempat di pelumpuran dan akumulasi bahan organik. Biasanya dijumpai di teluk-teluk yang terlindung dari gempuran ombak, maupun di sekitar muara sungai di mana air melambat dan mengendapkan lumpur yang dibawanya dari hulu.

Apasih kelebihan tumbuhan bakau?

hutan mangrove

Ekosistem hutan bakau (mangrove) bersifat khas, baik karena adanya pelumpuran yang mengakibatkan kurangnya abrasi tanah; salinitas tanahnya yang tinggi; serta mengalami daur penggenangan oleh pasang-surut air laut. Hanya sedikit jenis tumbuhan yang bertahan hidup di tempat semacam ini, dan jenis-jenis ini kebanyakan bersifat khas hutan bakau karena telah melewati proses adaptasi dan evolusi.

Apa sih kegunaan hutan mangrove?

Sangat banyak sebenarnya kegunaan hutan mangrove bagi kelestarian lingkungan daerah pantai
kaitannya dengan usaha untuk meminimalisir erosi di daerah pantai berikut ini diantaranya ialah:

1. Mencegah Intrusi Air Laut dan Mencegah Erosi Pantai

mangrove menjadi salah satu tumbuhan yang dapat menjaga perbatasan antara kawasan daerah daratan dan perairan. Erosi pantai akan terus menggerus perbatasan permukaan tanah yang bertemu langsung dengan air pasang, jika dibiarkan erosi ini dapat sangat mengancam lingkungan manusia karena berkurangnya tanah dan meluasnya perairan. Pada kondisi lebih serius kurangnya penahan air pun dapat menyebabkan bencana alam yang besar. Hutan mangrove menjadi salah satu sarana yang mampu mencegah erosi tersebut sehingga efek jangka panjangnya mampu menyematkan garis pantai dari perairan laut. Mencegah Erosi dan Abrasi Pantai.

2. Menjadi peredam benturan Tanah dari Air Laut

Tanah yang masuk ke dalam air laut secara terus menerus karena bagian tanah yang bersentuhan secara langsung dengan air laut. Untuk mencegah hal ini maka kegunaan hutan mangrove secara ekologis menjadi sumber yang sangat jelas untuk melindungi tanah disekitar laut. Tanah akan menjadi lapisan yang lebih padat dan langkah ini menyelamatkan tanah agar tidak terus tergerus oleh air laut.

3. Habitat Tempat kembang biak ikan dan biota laut lain

Dibawah hutan mangrove ialah salah satu tempat yang beberapa jenis mahluk perairan dan organisme hidup dan berkembang biak. Beberapa spesies seperti udang, ikan dan kepiting dan organisme kecil banyak berkembang dikawasan hutan bakau. Sebagai tempat hidup dan sumber makanan bagi beberapa jenis satwa. …

4. Memberikan Kesempatan untuk Dampak Ekonomi yang Luas

Pohon mangrove yang banyak ditanam pada hutan mangrove dapat dipanen seperti jenis tumbuhan lain. Kegunaan hutan mangrove bagi manusia berguna untuk diolah menjadi berbagai benda hiasan atau kerajinan. Upaya ini sangat penting untuk meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar dan meningkatkan standar ekonomi pada daerah tertentu.

5. Sumber Pakan Ternak

Pohon mangrove juga dapat dijadikan sebagai alternatif pengganti makanan ternak. Pohon mangrove yang telah dihancurkan dan digiling menjadi bubuk pakan ternak mengandung nutrisi yang sangat baik untuk pertumbuhan ternak seperti sapi, kambing atau unggas.
Nutris seperti mineral, protein dan kalori akan meningkatkan perkembangan ternak. Selain itu pohon mangrove juga mengandung tanin dan bahan alami lain.

6. Mencegah Pemanasan Global

Pemanasan global memang menjadi ancaman yang sangat serius untuk dunia saat ini. Salah satu cara untuk mencegah dan mengurangi dampak pemanasan global ialah dengan mengembangkan kawasan hutan mangrove.
Tanaman mangrove menjadi salah satu penopang pemanasan dari perairan laut.
Selain itu mangrove juga berperan untuk mengatasi masalah banjir pada kawasan pesisir.

7. Sumber Pendapatan Bagi Nelayan Pantai

Masyarakat yang tinggal dikawasan pantai biasanya banyak bekerja menjadi nelayan. Mereka mencari ikan dan berbagai sumber daya untuk menopang ekonomi keluarga. Kegunaan kawasan hutan mangrove menjadi tempat yang paling sesuai untuk pembibitan ikan, udang dan berbagai potensi habitat laut lainnya. Kawasan hutan mangrove telah membantu menjaga ketersediaan sumber daya ikan di laut yang tidak akan habis.

8. Menjaga Kualitas Air dan Udara

Kawasan hutan mangrove juga membantu manusia dalam mendapatkan air bersih dan udara yang segar karena daunannya yang mampu menyumbangkan oksigen ke udara. Kawasan hutan mangrove memiliki fungsi menyerap kotoran yang berasal dari sampah laut yang berasal dari manusia maupun kapal yang berlayar di laut. Kegunaan hutan mangrove bagi kehidupan akan menyerap semua jenis logam berbahaya dan membuat kualitas air menjadi lebih bersih. Selain itu mangrove juga membantu alam dalam mendapatkan kualitas udara yang lebih baik dan bersih. Sebagai pencegah dan penyaring alami.

9. Pengembangan Kawasan Pariwisata

Kawasan hutan mangrove dapat dikembangkan menjadi salah satu objek wisata.
Selain manfaatnya untuk keselamatan hutan hutan mangrove juga akan menjadi tujuan wisata dari berbagai daerah maupun mancanegara. Pariwisata akan memberikan dampak ekonomi yang baik untuk masyarakat disekitarnya dan memberikan sumbangsing pendapatan daerah secara khusus. Selain itu juga Berperan dalam pembentukan pulau dan menstabilkan daerah pesisir.

10. Sumber Kayu Bakar

Hutan mangrove sangat bermanfaat untuk penduduk yang tinggal di kawasan sekitar hutan. karena Pohon dan kayu mangrove yang sudah kering dan membusuk dapat digunakan sebagai kayu bakar. Dengan cara ini maka secara tidak langsung sudah mengurangi kebutuhan gas atau bahan bakar bagi sebuah negara.
Selain itu, bagi masyarakat di sekitar hutan mangrove juga dapat memakai kayu mangrove untuk bahan bangunan atau kontruksi rumah.

11. Membantu Menjaga Iklim Cuaca

Perubahan iklim serta cuaca biasa terjadi karena berbagai macam faktor, salah satunya ialah kerusakan sistem dalam alam. Hutan mangrove menjadi sumber yang sangat jelas untuk menjaga ekosistem perairan antara laut, pantai dan darat. Selain itu, kegunaan hutan mangrove juga akan membantu manusia dalam mendapatkan iklim dan cuaca yang paling nyaman yang menghindarkan diri dari bencana alam.

12. Pengembangan Ilmu Pengetahuan

Hutan mangrove menjadi salah satu tempat untuk mengembangkan berbagai jenis ilmu pengetahuan dalam bidang kelautan, perikanan dan kimia. Banyak peneliti yang membutuhkan hutan mangrove dan dijadikan berbagai sumber penelitian. Hutan mangrove akan meningkatkan berbagai jenis penemuan yang dapat disebarkan ke seluruh dunia. Bahkan banyak peneliti asing yang di negaranya tidak memiliki hutan mangrove dan harus datang ke Indonesia.
Harapan untuk menemukan kegunaan yang lebih besar dari hutan Mangrove dapat dilakukan dengan metode ini.

Nah itu dia pentingnya hutan mangrove Beserta Kegunaannya Bagi Kehidupan, penting bagi kita untuk menjaganya supaya tetap lestari dan membawa kegunaan bagi kehidupan kita dan anak cucu kita.

Reply