Manfaat Mengkonsumsi Air Mineral Bagi Kesehatan

Apakah kamu cukup mengkonsumsi air mineral? Berapa gelas air mineral yang kamu minum hari ini?

Taukah kamu, selain makanan air merupakan kebutuhan dasar akan kelangsungan hidup manusia. Air adalah salah satu kebutuhan terpenting bagi hampir semua makhluk hidup. Pada beberapa organisme, berat tubuh mereka berasal dari 90% air. Sementara itu berat badan manusia dewasa berasal dari 60% cairan.

Menurut H. H. Mitchell dalam Journal of Biological Chemistry 158, organ tubuh kita paling banyak terdiri dari air. Otak dan jantung terdiri dari 73% air, dan paru-paru sekitar 83% air. Kulit mengandung 64% air, otot dan ginjal 79%, dan tulangnya terdiri dari 31% air.

Manfaat Mengkonsumsi Air Mineral

Bisakah kamu bayangkan apa yang akan terjadi jika kamu tidak minum segelas air untuk satu hari saja? kamu mungkin kehabisan energi, kehilangan fokus, memiliki gangguan metabolisme, dan yang terburuk adalah dehidrasi. Menurut persentase komposisi, sangat penting bagi setiap manusia untuk mengkonsumsi sejumlah air untuk menjaga agar semua organ vital tetap baik dan bertahan.

Kebutuhan Tubuh Akan Air

Tentu, kebutuhan mengkonsumsi air untuk setiap manusia akan bervariasi sesuai dengan usia, jenis kelamin, aktifitas dan juga dimana orang tersebut tinggal. Umumnya, pria dewasa membutuhkan sekitar 3 liter per hari. Sedangkan kebutuhan wanita dewasa sekitar 2,2 liter per hari.

Manfaat air mineral

Selain air matang yang kita konsumsi, ada jenis air yang bisa memberi kita beberapa manfaat kesehatan jika kita konsumsi setiap hari, Air ini disebut air mineral. Mengutip dari collinsdictionary, air mineral didefinisikan sebagai air yang keluar dari tanah secara alami dan dianggap sehat untuk diminum.

Karakter Air Bermineral

Sementara itu karakterisasi lengkap air mineral ditentukan oleh nestle-waters sebagai air yaitu:

  1. Diperoleh langsung dari sumber bawah tanah yang terlindungi dari risiko polusi.
  2. Menjamin keteguhan komposisi dan stabilitas alirannya dikumpulkan dalam kondisi yang menjamin kemurnian mikrobiologis asli dan komposisi kimia.
  3. Dikemas mendekati titik kemunculan sumbernya.
  4. Tidak dapat dikenai perlakuan apapun (kecuali yang terbatas seperti pengerasan karbon, besi atau mangan).
  5. Dapat mengklaim manfaat pengobatan.

Manfaat Mengkonsumsi Air Mineral

Berdasarkan pentingnya mengkonsumsi air mineral, artikel ini akan membahas tentang 5 manfaat kesehatan yang dikonsumsi air mineral, sebagai berikut!

Mengurangi Berat Badan dan Membantu Mencegah Resiko Kolesterol

Bisakah kamu menghitung berapa banyak gula yang terkandung dalam kopi, teh, roti, permen, dan coklat dari konsumsi harian kamu? Berapa banyak lemak yang kamu sumbangkan ke tubuh kamu?

Hal ini tidak hanya penting bagi orang-orang yang sedang dalam program diet mereka, tapi juga untuk semua orang mengingat risiko diabetes yang bisa datang saat kita mengkonsumsi banyak gula dari yang seharusnya. Penting bagi kita untuk minum air mineral lebih banyak daripada minuman manis atau beraroma lainnya.

Air mineral tidak mengandung unsur kimia apapun. Dengan demikian, mengkonsumsi air mineral memberi sedikit kalori ke tubuh kamu, menjaga tubuh kamu bebas dari lemak, kolesterol dan masalah terkait lainnya. Minum lebih banyak air mineral bisa membantu menurunkan berat badan, menjaga berat badan, dan menjaga kesehatan tubuh tetap terhidrasi dan sehat setiap saat.

Meningkatkan Fokus Otak

Otak terdiri dari 73% air dan fungsi otak bergantung pada memiliki akses air yang melimpah. Artinya, otak kamu bergantung pada cukup asupan air agar berfungsi optimal. Menurut Dr. Corinne Allen, pendiri Advanced Learning and Development Institute, sel otak membutuhkan energi dua kali lebih banyak daripada sel lain di tubuh. Sel otak membutuhkan keseimbangan jumlah air mineral dan elemen lainnya untuk beroperasi.

Jadi bila kamu kehilangan terlalu banyak air, keseimbangan akan berubah dan ini menyebabkan otak kamu berfungsi kurang optimal. Di sisi lain, kekurangan air di otak bisa menimbulkan masalah seperti kehilangan fokus, sakit kepala, masalah tidur, kemarahan, dan depresi. Makanya, mengonsumsi cukup air mineral akan membantu otak kamu tetap fokus karena air mineral memberi energi bagi sel otak lebih efektif daripada zat lainnya.

Alasan lain mengapa penting untuk minum cukup air mineral adalah karena otak kamu tidak memiliki cara lain untuk menyimpan air selain dari air konsumsi kamu.

Membantu Mencegah dan Menghapus Keriput

Pasti sangat tidak nyaman untuk memiliki kerutan di usia dini. Terkadang kamu tidak menyadari bahwa keriput di kulit kamu hanya membutuhkan lebih banyak air mineral dari konsumsi harian kamu dan bukan lotion atau perawatan tubuh tambahan.

Bagaimana air berkontribusi untuk mencegah kulit kamu keriput?

Ada satu komponen yang disebut kolagen pada kulit yang berfungsi menjaga elastisitas kulit. Menurut Julius Few, M. D., direktur The Few Institute dan profesor klinis operasi plastik di University of Chicago, kolagen membutuhkan air untuk bekerja secara efektif. Inilah sebabnya mengapa kamu perlu mulai minum cukup air mineral agar kulit kamu bebas dari keriput.

Membantu Mengolah dan Pertahankan Tekanan Darah

Pernahkah kamu bertanya-tanya bahwa salah satu faktor tekanan darah tinggi adalah dehidrasi? Jika belum memilikinya, maka kamu harus mulai mengonsumsi air mineral secukupnya per hari karena air mineral akan menurunkan tekanan darah tinggi kamu.

Bagaimana air mineral menurunkan tekanan darah kamu?

Menurut Dr. Stephen Sinatra, pendiri New England Heart Center, ketika kamu tidak cukup minum air mineral, dehidrasi akan memaksa tubuh kamu untuk secara bertahap dan secara sistematis menutup beberapa tempat tidur kapilernya. Ketika beberapa tempat tidur kapiler tertutup, tekanan lebih banyak pada “pipa”, meningkatkan tekanan darah kamu. Jadi, salah satu cara terbaik untuk menurunkan tekanan darah kamu adalah dengan tetap terhidrasi dengan baik dengan mengkonsumsi cukup air mineral. Magnesium yang terkandung dalam air mineral akan membantu menjaga tekanan darah normal dan keseluruhan kamu.

Mengurangi Resiko Batu Ginjal

Tahukah kamu bahwa sebuah penelitian menunjukkan bahwa tingkat batu ginjal meningkat di seluruh negeri? Mengutip dari onhealth, batu ginjal adalah massa kecil garam dan mineral yang terbentuk di dalam ginjal dan dapat mengalir ke saluran kemih. Ginjal mengatur kadar cairan, mineral, garam, dan zat lainnya dalam tubuh. Bila keseimbangan senyawa tersebut berubah, batu ginjal bisa terbentuk.

Artinya bila kita minum sedikit air, keseimbangan senyawa cairan dalam tubuh kita bisa berubah, dan itu adalah salah satu faktor yang bisa menyebabkan terbentuknya batu ginjal. Mayoritas dokter merekomendasikan minum cukup air mineral, sehingga kemungkinan terkena batu ginjal dicegah. Air mineral akan mengurangi masalah batu ginjal, karena air mineral mengandung komposisi magnesium dan kalsium yang lebih tinggi, yang memudahkan penurunan konsentrasi dan pembentukan batu ginjal.

Ada banyak minuman lezat yang saat ini lebih disukai oleh orang-orang. Namun, tubuh kamu membutuhkan satu jenis air untuk tetap sehat dan fungsinya normal.

Agar tetap sehat adalah dengan membiasakan mengkonsumsi cukup air mineral per hari. Dari asupan konsumsi air mineral kamu, kamu akan terbebas dari lemak dan kolesterol; tetap fokus; memiliki kulit yang baik dan tekanan darah normal; dan kurangi kemungkinan kamu untuk memiliki batu ginjal. Jangan lupa minum 8 gelas air mineral per hari untuk membuat kamu tetap sehat dan energik!

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.