5 Tahapan Memanfaatkan Peluang Usaha Dari Hobi Yang Dimiliki Sampai Sukses

Hobi Sebagai Peluang Usaha Bisnis – Kadangkala untuk memulai usaha kita harus berpikir keras dalam mencari pekerjaan yang cocok dengan kita. Padahal jika dicermati peluang usaha tersebut sangat dekat di depan mata anda. Dalam artian dekat disini adalah hobi yang digemari. Iya benar, berdasarkan bakat yang anda miliki.

Dan pada postingan kali ini Wak Jamal dan Berwirausaha akan menjabarkan langkah-langkah memanfaatkan bakat dan hobi sebagai peluang usaha atau bisnis.

Hobi merupakan sesuatu yang menyenangkan sekaligus bermanfaat jika memang ditekuni dengan sungguh-sungguh. Ditambah kalau hobi tersebut dimanfaatkan menjadi ladang uang. Bukan khayalan melainkan hal yang benar bisa terjadi dengan syarat asal ditekuni.

Nah apa saja tahapan memanfaatkan hobi dan bakat yang dimiliki sebagai peluang usaha sampai menghasilkan uang? Berikut penjelasannya

Menemukan jati diri dari latar belakang yang dimiliki

Menemukan jati diri

Manusia merupakan makhluk sempurna yang tiap individu dianugerahkan kemampuan belajar. Semenjak lahir kita telah diajar baca tulis oleh orang tua, sampai menemukan keunggulan kecil di usia balita. Sekalipun terdapat banyak kesalahan dan kekurangan, wajar karna ini merupakan proses pencarian jati diri.

Terkadang sesorang belum sadar dengan potensi yang mereka punya dan dengan pasrah mengatakan kalau saya tidak mempunyai bakat apapun. Hal tersebut tentunya sangat keliru. Bakat tersebut didapat tidak secara spontan melainkan melalui berbagai macam peristiwa dan tahapan sampai anda bisa berkata dalam hati “inilah bakat saya”.

Tentunya hal yang paling pertama dilakukan yaitu pengenalan diri sendiri. Hal ini sangat diutamakan mengingat tiap individu mempunyai latar belakang berbeda. Misal, bagi anak yang terlahir di keluarga musisi dan tiap harinya bercokol dengan alat musik pasti besar kemungkinan anak tersebut mempunyai bakat sama yang menurunkan darah musisi orang tua nya tersebut.

Mengingat hal ini berkaitan dengan pembentukan rangka fondasi pembangunan kepribadian dan keunggulan fisik serta mental sangatlah diperlukan pengenalan diri sendiri yang selanjutnya berdampak pada kesungguh-sungguhan anda dalam meraih cita-cita.

Maka dari itu anda harus menyadari hal yang melatar-belakangi pertumbuhan dan perkembangan anda. Apakah kita dilahirkan dengan pendidikan akademik atau non akademik. Selanjutnya, anda-lah yang menentukan seberapa keseriusan anda memahami diri anda sendiri.

Kesuksesan itu terletak keseriusan pada tiap proses suatu hal, bukan hasil.

Mempelajari sesuatu yang baru terkait bakat yang anda punya

Mempelajari hal baru

Selalu mempelajari hal baru dalam hobi anda

Lumrahnya, seseorang pasti menggemari suatu hal yang baru dan menarik dari hal yang dia gemari. Ini menyangkut proses pembelajaran mutlak dimiliki manusia sebagai pelajar kehidupan, yang dilandasi potensi diri sebagai motifnya. Potensi ini tentunya melalui proses pertama seperti yang saya terangkan pada sub-bab diatas.

Mempelajari hal baru adalah langkah penting dalam menentukan kehidupan yang berkualitas dengan catatan, hal baru tersebut merupakan sesuatu yang positif dan bermanfaat bagi pribadi dan orang lain.

Dengan hal tersebut sepatutnya kita berupaya mencari potensi terpendam dalam tubuh kita dengan terus belajar dan berlatih, sampai menemukan titik terang untuk menentukan hal selanjutnya dilakukan sampai impian anda terwujud. Makanya pembelajaran merupakan hal terbesar yang memberi andil terhadap kehidupan kita.

Pembelajaran terdefenisi memiliki cakupan yang luas. Penerapan paling sederhana dari pembelajaran ini yakni mempelajari hal menarik dan baru dari bakat atau hobi yang telah dimiliki. Selalu mencari tahu tentang hobi yang digemari tentunya dapat menjaga semangat anda, terlebih di lingkup emosional. Anda menjadi lebih gigih dalam memperjuangkan jati diri anda dan menjadi seseorang yang memiliki nilai karna keunggulan yang dimiliki.

Tentunya dengan menemukan hal baru dari hobi atau bakat merupakan sesuatu yang mengasyikan bukan?

 

Konsisten dan tekun terhadap bakat anda

Konsisten dan terus kembangkan

Konsisten dan terus kembangkan bakatmu

Apa artinya sesuatu jika tidak kamu ditekuni?

Sebuah pertanyaan sederhana pengantar pada bagian ini. Anda pasti tahu jawabannya, begitupun dalam bakat yang kita miliki. Tentunya bakat atau hobi tersebut tidak cukup kita menentukan awalannya saja. Perlu juga keseriusan serta ketekunan dengan upaya dapat mengembangkan bakat tersebut. Melalui pembelajaran yang sungguh-sungguh kita dapat menikmati buah kerja yang kita usahakan.

Konsisten juga merupakan proses yang panjang, proses tersebutlah yang akan menghasilkan buah yang manis dan selanjutnya menjadi checkpoint pada tiap langkah pada bisnis anda. Selama hidupnya manusia telah diberkahi kemampuan tiap individunya, maka dari itu kita harus menerima dengan baik dan bersyukur. Anda perlu menjaganya dengan keseriusan atau konsistensi. Dalam upaya menjaga api semangat dalam diri anda terutama semangat berbisnis.

Tekun dan konsisten juga merupakan salah satu spirit utama dalam bisnis. Jadi jika anda ingin membuat suatu keuntungan dari bakat anda. anda wajib menanamkan spirit tersebut. Jadi, titik temu suatu bakat dengan kekuatan bisnis adalah ketekunan dan konsistensi.

“Membidik sekali barangkali meleset, membidik sering barangkali kena”

Baca Juga: Pentingnya Sikap Kejujuran Berwirausaha Dalam Bisnis

 

Mencari mitra atau teman yang mempunyai minat sama dengan hobi anda

Jalinlah hubungan dengan sahabat mitra bisnismu

Mengembangkan bakat tidak sekedar membangun internal link atau membangun dari dalam diri saja, melainkan ada proses eksternal yang mendukungnya juga. Salah satunya menciptakan hubungan dengan teman sesama hobi.

Mengapa dikatakan disini menciptakan hubungan? Karna disinilah diri anda tereksploitasi baik secara fisik maupun mental. Anda dituntut dan dipaksa menunjukan bakat anda sebelum meluas ke ranah publik bisnis. Secara tersusun membangun dari bawah hubungan mitra tersebut.

Apalagi untuk memonetasi bakat, anda diharuskan memiliki hubungan yang berkualitas kalau bahasa kerennya itu the quality of relationship. Mengapa demikian, dikarnakan manusia tidak selamanya bisa mengerjakan tugas dan pekerjaannya sendiri, mereka perlu mitra atau sobat bisnis yang bisa membangun bersama harapan tiap masing-masing individu. Menjadikan satu tujuan bersama yang ingin diwujudkan yakni kesuksesan.

Untuk anda yang telah menekuni hobi dan telah mengalami perkembangan yang baik, alangkah perlunya disiapkan dari sekarang mitra anda. Bisa saja dari sanak keluarga, teman atau orang lain yang bisa dipercaya, yang memiliki kredibelitas baik dan tidak memiliki catatan buruk. Tentunya dengan dua orang baik atau lebih bisa terjalin suatu persahabatan yang baik bukan?

Baca Juga: 7 Metode Mendapatkan Ide Postingan Yang Ampuh Untuk Blog

Sebagai contoh nyata dalam industri musik seorang musisi selalu ditemani manager tiap kemana-mana mau manggung. Manager biasanya orang yang memiliki strategi, berwawasan luas dan bisa memanage waktu. Sehingga sang musisi tersebut bisa fokus dengan kualitas dirinya.

“Orang baik selalu ditemani orang baik pula”

 

Menjaga kredibilitas, melatih performa dan terus meningkatkan kualitas diri

Pertahankan kesuksesan

Pertahankan kesuksesan yang telah diraih

Sebenarnya sub-bab yang kelima ini bukanlah step terakhir, melainkan sebuah kesimpulan dari step-step diatas sekaligus kesimpulan dari postingan ini.

Bisnis merupakan suatu hal berjangka panjang. Jadi alangkah malangnya jika selama ini bisnis dari hobi yang ditekuni hancur karna satu hal kecil. Maka dari itu anda perlu memperhatikan detail diri anda yang berikutnya menyangkut kredibilitas dan kualitas anda sebagai pelakor usaha.

Anda juga harus bijak dan berhati-hati melakukan suatu hal demi diri anda sendiri. Bukannya Wak Jamal menakut-nakuti, mengingat ketika seseorang telah meraih kesuksesan banyak hal yang dapat mempengaruhi kejayaan. Bukankah ada pepatah yang berbunyi: “mempertahankan lebih susah daripada meraih”.

Jadi untuk kalian para sobat bisnis selamat meraih kejayaan dari hobi dan bakat anda. Semoga sukses.

Penulis: Wak Jamal

One Response

  1. Ahmad Hawabi

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.