Pengalaman memperbaiki KTP salah tempat tanggal lahir dan nama lengkap

memperbaiki KTP salah

Ektp

Saya yakin anda semua pasti sudah tahu apa itu KTP.

KTP adalah singkatan dari kartu tanda penduduk. KTP digunakan untuk mengidentifikasi kependudukan seseorang dan juga merupakan bukti jika seseorang merupakan penduduk resmi suatu negara.

Macam macam KTP

Secara garis besar KTP dapat Kita bedakan menjadi dua jenis yaitu KTP versi lama atau KTP konvensional yang saat ini sudah jarang digunakan DAN model baru yaitu e-ktp yang Merupakan singkatan dari elektronik e-ktp.

Dari segi fungsi sebenarnya baik ktp maupun ektp memiliki fungsi yang hampir sama yang membedakan adalah e-ktp sudah menggunakan sistem yang terkomputerisasi sehingga data penduduk yang bersangkutan langsung terhubung secara online dan juga masa berlakunya KTP adalah seumur hidup.

Walaupun memiliki fungsi vital sayangnya di Indonesia dalam proses pengurusan e-ktp seringkali kita menemui berbagai macam kendala seperti kehabisan blangko ataupun kesalahan penulisan nama tempat tanggal lahir dan identitas lainnya seperti yang pernah saya alami yaitu KTP saya menggunakan nama, tempat tanggal lahir dan tanggal serta  bulan yang berbeda dengan data yang saya miliki pada dokumen lain termasuk akta kelahiran, ijazah SD, SMP dan SMA.

tentu saja hal ini sangat mengganggu saya karena kita tau KTP digunakan hampir pada semua keperluan seperti melamar pekerjaan mengurus surat nikah dan lain-lain.

Lalu bagaimana cara saya memperbaiki nya?

Bagaimana cara saya mengurusnya berikut akan saya jelaskan bagaimana prosedur yang harus dilalui untuk memperbaiki e-ktp yang salah tersebut;

yang pertama Anda harus mencari tahu dimana letak kesalahan pada e-ktp Anda setelah ketemu coba untuk memeriksa kembali KK atau kartu keluarga yang Anda gunakan untuk mendaftar e-ktp.

Jika ternyata terdapat kesalahan pada penulisan kata maka Segera lakukan perbaikan melalui RT RW dan kelurahan setempat tapi jika ternyata kesalahan yang terjadi bukan pada KK maka anda tidak perlu melakukan perbaikan pada kartu keluarga setelah anda yakin KK yang akan anda gunakan benar.

step selanjutnya adalah mendatangi RT RW setempat lalu meminta surat pengantar ke kelurahan dengan membawa Kartu Keluarga dan jelaskan Jika anda ingin meminta surat pengantar untuk memperbaiki kesalahan pada penulisan KTP elektronik anda. Sebagai contoh pada kasus saya saya menjelaskan jika KTP yang saya terima memiliki tiga kesalahan yaitu pada nama yang berbeda, pada tanggal dan bulan yang salah dan tempat tanggal lahir yang tidak sesuai dengan penulisan yang sebenarnya.

Selanjutnya dengan membawa surat pengantar dari Kelurahan kita akan datang ke Kecamatan untuk melakukan perbaikan KTP setelah sampai di Kecamatan Anda harus mengambil nomor antrian setelah anda dipanggil untuk masuk, selanjutnya Jelaskan sejelas mungkin terkait permasalahan yang sedang anda hadapi misalnya jika kartu Anda atau Nama pada kartu pengenal anda salah penulisan atau kurang Nama belakang.

Selanjutnya anda akan diminta untuk menunjukkan bukti yaitu surat pengantar dari Kelurahan dan beserta kartu keluarga dan identitas lain yang mendukung yang anda miliki. Untuk itu sangat disarankan untuk memfoto copy ktp lama, kk, akta, ijazah terakhir dan surat pengantar yang anda punya..

Berapa lama proses perbaikan ektp?

lamanya proses perbaikan Kartu Tanda Penduduk elektronik Ini Membutuhkan waktu yang relatif berbeda-beda di setiap daerah karena pada beberapa hal yang bisa saja mempengaruhi seperti ketersediaan blangko KTP antrian dan juga sumber daya lainnya yang dibutuhkan untuk memperbaiki KTP.

Tetapi kalau pengalaman saya dulu untuk ketiga kesalahan pada nama tanggal bulan dan tempat lahir hanya memerlukan waktu kurang dari 1 minggu. Bahkan dibeberapa daerah waktu yang dibutuhkan untuk memperbaiki ektp tidak sampai satu hari sudah selesai.

Apakah memperbaiki ektp berbayar?

untuk berapa daya yang dibutuhkan untuk proses perbaikan KTP biasanya proses perbaikan e-ktp adalah 100% gratis tetapi kalaupun ada pihak dari Kecamatan meminta uang 10 atau Rp15.000 sebagai uang fotocopy anda saya sarankan untuk memberikan nya.

Nah mungkin hanya itu saja pengalaman yang bisa saya bagikan semoga bermanfaat dan terima kasih telah membaca

Reply