Fakta Mengagumkan dari Matahari

0
12

Mungkin kita semua sudah sadar bahwa matahari adalah salah satu faktor paling berpengaruh dalam kehidupan kita di bumi, tanpa matahari kemungkinan besar makhluk yang hidup dibumi ini tidak akan mampu bertahan hidup.

Daftar Tulisan

Berapa Fakta mengagumkan matahari

matahari memeiliki banyak sekali fakta unik diantaranya:

Matahari adalah pusat tata surya

Tata surya merupakan susunan yang terdiri atas beberapa planet-planet serta benda langit lainnya dan matahari sebagai pusatnya. Teori yang menyatakan bahwa matahari adalah pusat dari tatasurya dan pelanet-pelanet bergerak mengelilingi matahari disebut dengan teori Heliosentris yang dikemukakan oleh Nicolas Copernicus.

Matahari Memiliki Cahaya sendiri

Sebenarnya matahari adalah sebuah bola gas yang sangat besar, materi penyusu matahari terdiri dari gas hiderogen (80%-90%) dan gas helium.

Matahari adalah Bola gas raksasa

Matahari adalah salah satu bintang yang sangat besar, diameter matahari adalah 1.400.000 km atau 109 kali dari diameter bumi. Masa matahari adalah sekitar 2×1030 kilogram, 330.000 kali massa bumi, yang berarti matahari memiliki lebih 99,86 massa total Tata Surya.

Suhu matahari Sangat panas

Matahari memiliki Suhu yag sangat panas, suhu permukaan matahari sekitar 6000 derajat celcius, sedangkan suhu inti matahari sekitar 15.000.000 derajat celcius.

Matahari sebenarnya sangat jauh dari bumi

Walaupun terlihat dekat sebenarnya matahari sangat jauh dari bumi, tetapi karena ukuran nya yang sangat besarlah yang membuat matahari masih bisa terlihat dengan baik dari bumi, menurut penelitian jarak antara bumi ke matahari mencapai 150 juta kilo meter.

Manfaat cahaya matahari

Matahari memiliki banyak sekali manfaat, contohnya sebagai berikut:

Manfaat cahaya matahari bagi tumbuhan dan hewan

Cahaya matahari sangat diperlukan bagi tumbuhan untuk bisa melakukan fotosintesis, proses fotosintesis inilah yang kemudian menghasilkan oksigen, nah oksigen inilah yang nantinya digunakan untuk bernafas oleh juga manusia dan juga hewan.

Manfaat cahaya matahari bagi manusia

Sudah sejak lama cahaya yang di pancarkan matahari di manfaatkan oleh manusia, contohnya sangat banyak misalnya untuk menjemur atau di jadikan sebagai energy alternative yang bisa menghasilkan listrik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.