Perubahan Penampakan Bumi

sadarkah anda jika bumi yang kita tinggali ini selalu berutah seiring berjalannya waktu? berkat majunya teknologi, saat ini perubahan penampakan bumi bisa dengan mudah kita lihat menggunakan google earth.

permukaan bumi

Bumi merupakan salah satu planet di tata surya yang dihuni oleh makhluk hidup, dibumi berisi banyak sekali organisme dan benda yang membentuk permukaan bumi saat ini contohnya seperti batu, tanah, air, salju, dan lain lain.

penyebab perubahan bumi

Perubahan yang terjadi pada kenampakan bumi dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya karena peristiwa alam dan tindakan manusia.

Perubahan penampakan bumi

kita akan bagi penyebab terjadinya peristiwa perubahan penampakan bumi ini menjadi 2 yaitu karena peristiwa alam dan tindakan manusia 

Karena peristiwa alam

Pengaruh angin

Mungkin sebagian dari kita tidak menyangka jika angin berperan besar dalam perubahan penampakan bumi. Hal ini dikarenakan angin dapat menerbangkan dan memindahkan pasir gurun, mempengaruhi besar kecil gelombang air laut kemudian gerakan gesekan air laut dapat mengikis bantuan ditepi pantai, sehingga merubah permukaan bumi. Selian itu angin dengan kekuatan sangat besar seperti angin tornado atau puting beliung dapat menyebabkan kerusakan pada tempat yang dilalui sehingga merubah penampakan bumi. 

Bencana alam

Bencana alam merupakan faktor perubahan kenampakan permukaan bumi yang sangat cepat. Dengan kekuatan yang sangat besar bencana alam dapat merubah permukaan bumi hanya dalam beberapa menit. Contoh bencana alam yang bisa mengubah penampakan bumi misalnya tanah longsor, gempa bumi dan tsunami.

Erosi

Erosi adalah peristiwa terkikisnya tanah oleh air. Erosi yang terjadi secara terus menerus akan membawa lumpur dan batuan yang mengubah penampakan bentuk bumi terutama didaerah muara. 

Pergerakan glester

Glester merupakan kumpulan es, balok es, tumpukan salju sebagian mencair menjadi air, yang bergerak mengalir secara perlahan ke lembah-lembah di pegunungan. pergerakan yang terjadi pada glaseter inilah yang membuat penampakan bumi berubah.

Pasang surut air laut

Pasang surut air laut disebabkan karena perputaran bumi serta gaya gravitasi bulan. Peristiwa pasang surut air laut ini menyebabkan terkiskisnya pasir atau tanah ketika air laut menyentuh tepi pantai yang menyebabkan perubahan pada bentuk bumi. peristiwa pengikisan pantai oleh air laut ini biasa dikenal juga dengan istilah abrasi.

Hujan

Pengaruh hujan mempengaruhi permukaan bumi yang asalnya kering menjadi basah karena air hujan, air hujan juga bisa mengisi cekungan menjadi danau hujan, dan lain lain. hujan yang berlangsung secara terus menerus dapat merusak lingkungan bangunan dan fasilitas umum, bencana alam seperti banjir juga dipastikan mengubah bentuk penampakan bumi.  

Perubahan Permukaan bumi karena tindakan manusia

Pembangunan

Areal yang mengalami pembangunan dipastikan akan mengalami perubahan, contoh nya pembangunan gedung, pembangunan jalan, jembatan, perumahan atau tempat kebun dan persawahan dan lain lain.

Pembakaran Hutan

Peristiwa pembakaran hutan dan mengubah fungsi hutan menjadi lahan hunian atau tempat perkebunan selain merugikan bumi karena berkurangnya kawasan hijau jugajelas akan menyebabkan perubahan permukaan buni.

Pembukaan tambang

pembukaan areal pertambangan tentu akan membuat permukaan bumi mengalami perubahan hal ini karena kegiatan penggalian yang dilakukan menggunakan alat berat.

Pembalakan hutan

Fenomena pembalakan hutan atau penebangan kayu hutan untuk dimanfaatkan nampaknya sangat marak terjadi di negara kita padahal hal ini bisa sangat merugikan kita karena selain menyebabkan perubahan bentuk permukaan bumi hal ini juga bisa menyebabkan pasokan udara di bumi menjadi berkurang, hilangnya tempat tinggal flora dan fauna dan faktor terbesar yang menyebabkan kepunahan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.