ALAT INPUT DAN OUTPUT YANG JARANG DIGUNAKAN

ALAT INPUT DAN OUTPUT YANG JARANG DIGUNAKAN

Alat Input
Alat input adalah alat-alat yang berfungsi untuk memasukan data atau perintah dari luar sistem ke dalam suatu memori dan prosesor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan.



ALAT INPUT YANG JARANG DIGUNAKAN

LIGHT PEN
Light Pen adalah suatu input device atau pointer elektronik yang biasanya di gunakan untuk menggambar teknis atau grafis di dalam komputer. Anda bisa menjumpai para desainer grafis untuk mengetahui kalau perangkat keras ini sangat berguna sekali untuk menggambar. Perangkat keras ini juga berfungsi atau pengganti dari keyboard dan mouse komputer.

Light Pen ada yang dilengkapi dengan papan gambar, dimana pada papan ini permukaannya terbagi menjadi ratusan area, dan area inilah yang kemudian dihubungkan dengan komputer. Setiap sentuhan pena pada area yang bersangkutan, akan menimbulkan denyutan pulsa elektonik. Para arsitek, banyak yang meletakkan kertas berisi gambar diatas papan gambar, dan kemudian dengan light pen yang ada, mereka mengikuti gambar yang tersedia.

FUNGSI LIGHT PEN
Light Pen berfungsi untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.

Cara Kerja Light Pen
Cara penggunaannya adalah dengan menunjuk ujung alat ke monitor komputer yang peka terhadap cahaya, dengan begitu apabila pena ditempelkan dan digerakkan pada layar komputer maka sensor ektronik tersebut akan dihantarkan dan akan dimengerti oleh program dalam komputer.
Kelebihan:
1. Direct pointing device (kendali langsung di permukaan layar).
2. Tidak memerlukan koordinasi antara mata dengan tangan.
3. Pengguna dapat langsung mengubah / memanipulasi apa yang tampak pada layar komputer.
4. Sangat berguna sebagai pointing and positioning device.

Kekurangan:

1. Saat menggunakan lightpen, sebagian layar tertutup oleh tangan.
2. Physical fatigue (kelelahan) atau melelahkan tangan.
3. Tangan jauh dari keyboard.
4. Light pen harus di angkat.
5. Light pen dapat mengganggu layar.
6. Gampang rusak atau patah
7. Mudah hilang

Alat Output
Alat output adalah alat-alat yang berfungsi mengeluarkan data-data yang berbentuk informasi yang dibutuhkan.
ALAT OUTPUT YANG JARANG DIGUNAKAN
Printer 3D
Sejarah printer 3D
Teknologi printing ini sendiri sebenarnya sudah berkembang sejak sekitar 1980an namun belum begitu dikenal hingga tahun 2010an ketika mesin cetak 3D ini dikenalkan secara komersial. Dalam sejarahnya Printer 3D pertama yang bekerja dengan baik dibuat oleh Chuck Hull dari 3D Systems Corp pada tahun 1984. Sejak saat itu teknologi 3D printing semakin berkembang dan digunakan dalam prototyping (model) maupun industri secara luas seperti dalam arsitektur, otomotif, militer, industri medis, fashion, sistem informasi geografis sampai biotech (penggantian jaringan tubuh manusia).

Pengertian Printer 3D
Printing 3D adalah sebuah printing yang menampilkan data dalam bentuk cetakan, namun berbeda dengan printing biasanya yang mencetak data dalam sebuah kertas ataupun lembaran lainya. Dengan teknologi dari 3D printing sebuah perusahaan dapat membuat sebuah prototype tanpa harus menghabiskan bahan baku ataupun material.

CARA KERJA PRINTER 3D
Masukan contoh benda yang akan dibuat
Scan benda tersebut
Mengedit gambar hasil scan
Apabila sudah selesai mengedit gambar dapat melakukan dengan mencapur bahan yaitu bubuk plastik dan bubuk warna
Dan akan menampilkan hasil laporan berupa benda

Gambar mesin printer 3D

Keuntungan 3D Printing
Mampu mengerjakan sekaligus 2 pekerjaan yaitu membuat benda dan bisa langsung mewarnai benda tersebut,serupa dengan aslinya
Apabila ada kesalahan gambar pada hasil scanding bisa langsung diubah sesuai keinginan operator

Kerugian 3D Printing
Dampak negatif yang khawatir akan timbul adalah penyalah gunaan dari para pengguna printer 3 dimenasi ini. Misal untuk membuat senjata berbahaya atau menduplikat atau mencetam barang-brang tiruan yang sudah beredar di masyarakat. Otomatis, dengan hadirnya printer 3 dimenasi ini bukan saja data digital yang dibisa di duplikasi oleh komputer tapi juga barang dalam bentuk 3 dimensi bisa dengan mudah ditiru.

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.