Skip to content

Cara Membuat Blog Gratis di Blogger

Blogger adalah sebuah platform blogging yang memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengelola blog secara mudah dan gratis. Platform ini pertama kali didirikan oleh Pyra Labs pada tahun 1999 dan kemudian dibeli oleh Google pada tahun 2003. Sejak saat itu, Blogger menjadi salah satu layanan blogging yang paling populer di dunia.

Dengan menggunakan Blogger, pengguna dapat membuat blog pribadi atau blog bisnis untuk berbagi pemikiran, pengalaman, informasi, atau konten apapun yang mereka inginkan. Platform ini menawarkan berbagai fitur dan alat yang mudah digunakan, membuatnya cocok untuk pemula maupun pengguna yang berpengalaman dalam dunia blogging.

Beberapa fitur dan keunggulan Blogger antara lain:

  • Mudah digunakan: Blogger memiliki antarmuka pengguna yang sederhana dan ramah pengguna, sehingga memungkinkan orang yang tidak memiliki pengetahuan teknis mendapatkan blog mereka berjalan dengan cepat.
  • Hosting gratis: Blogger menawarkan hosting gratis, artinya blog Anda akan di-host di server milik Google tanpa biaya.
  • Pilihan Template: Blogger menyediakan berbagai template atau tema yang dapat dipilih sesuai dengan gaya dan kebutuhan blog Anda. Anda juga dapat mengedit atau menyesuaikan tata letak dan desain secara manual.
  • Kustomisasi: Pengguna Blogger dapat menambahkan widget, mengatur tata letak, dan mengedit gaya untuk mempersonalisasi tampilan blog mereka.
  • Integrasi dengan Google: Blogger mudah diintegrasikan dengan akun Google lainnya, seperti Google AdSense untuk monetisasi blog, Google Analytics untuk melacak lalu lintas blog, dan lain-lain.
  • SEO Friendly: Blogger memiliki fitur SEO (Search Engine Optimization) built-in yang membantu blog Anda mendapatkan peringkat yang lebih baik di mesin pencari.
  • Komunitas: Blogger memiliki komunitas yang aktif di seluruh dunia, yang memungkinkan pengguna untuk terhubung, berbagi, dan belajar dari sesama blogger.

Dengan semua fitur yang ditawarkan Blogger telah menjadi pilihan yang populer bagi banyak orang yang ingin memulai blog mereka tanpa harus mengeluarkan biaya hosting atau memiliki pengetahuan teknis yang mendalam tentang pembuatan website.

Menghasilkan Uang dari Blogger

Blogspot (Blogger) dapat menghasilkan uang melalui program monetisasi Google AdSense. Google AdSense adalah program periklanan dari Google yang memungkinkan pemilik blog atau situs web untuk menampilkan iklan berbasis konten dari Google pada halaman mereka. Ketika pengunjung mengklik iklan tersebut atau melakukan tindakan tertentu, pemilik blog dapat menghasilkan pendapatan dari iklan tersebut.

Panduan Cara Membuat Blog Gratis pada blogger

Untuk membuat blog gratis di platform Blogspot (sekarang dikenal sebagai Blogger), ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Membuat Akun Google

pertama buat email google (gmail), silahkan buka mail.google.com

kemudian daftar. Saya sarankan anda mengisi sesuai dengan identitas asli. silahkan anda cari di google untuk tutorialnya. Jika Anda sudah memiliki akun Google, lewati langkah ini. Jika tidak, buatlah akun Google terlebih dahulu di https://accounts.google.com/signup.

Langkah 2: Masuk ke Blogger

Kunjungi situs Blogger di https://www.blogger.com dan masuk dengan akun Google Anda.

Cara Membuat Blog Gratis di Blogger | blog

Langkah 3: Buat Blog Baru

Setelah masuk, Anda akan diarahkan ke Dashboard Blogger. Klik tombol “Buat Blog Baru” atau “Create New Blog.”

Cara Membuat Blog Gratis di Blogger | blog

Langkah 4: Isi Detail Blog

  1. Judul Blog: Masukkan judul blog Anda.
  2. Alamat Blog: Pilih URL yang unik untuk blog Anda. URL ini akan menjadi alamat blog Anda, seperti “nama-blog-anda.blogspot.com”. Pastikan alamat blog yang Anda pilih tersedia dan sesuai dengan topik blog Anda.
  3. Tema: Pilih template atau tema dari pilihan yang ada. Anda dapat mengubahnya nanti jika diperlukan.

Langkah 5: Buat Blog Anda

Setelah mengisi detail blog, klik tombol “Buat Blog” atau “Create Blog.”

Selamat! Anda sekarang memiliki blog di Blogspot. Anda dapat mulai menulis konten, mengatur tata letak, menambahkan widget, dan mengelola blog Anda melalui Dashboard Blogger.

Cara Membuat Blog Gratis di Blogger | blog

Langkah 6: Cara Posting Konten di Blog

Untuk menulis postingan pertama Anda, ikuti langkah berikut:

  1. Di Dashboard Blogger, klik “Posting Baru” atau “New Post.”
  2. Berikan judul untuk postingan Anda di bagian atas.
  3. Mulailah menulis konten Anda di editor teks yang tersedia.
  4. Anda juga dapat menambahkan gambar, video, dan tautan dengan mengklik ikon yang sesuai di editor teks.
  5. Jika Anda ingin menyimpan draft postingan dan menerbitkannya nanti, klik “Simpan Draf” atau “Save Draft.”
  6. Jika Anda siap untuk mempublikasikan postingan Anda, klik “Terbitkan” atau “Publish.”
Cara Membuat Blog Gratis di Blogger | blog

Blog Anda sekarang memiliki postingan pertama Anda! Anda dapat menambahkan lebih banyak postingan seiring waktu dan mulai berbagi informasi dengan pembaca Anda.

Cara Membuat Blog Gratis di Blogger | blog

Semoga berhasil dalam memulai blog Anda di Blogspot!

Menghasilkan Uang Dari Blog & Adsense

Untuk menghasilkan uang dari AdSense di Blogspot, berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti:

  1. Buat Blogspot: Jika Anda belum memiliki blog di Blogspot, buatlah satu dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan sebelumnya.
  2. Daftar untuk Google AdSense: Buka situs web Google AdSense (https://www.google.com/adsense) dan daftar untuk akun AdSense dengan menggunakan akun Google yang terhubung dengan blog Anda. Selama proses pendaftaran, Google akan meninjau blog Anda untuk memastikan bahwa memenuhi syarat AdSense.
  3. Menambahkan Kode Iklan: Setelah akun AdSense Anda disetujui, Anda akan menerima kode iklan dari Google. Salin dan tempelkan kode iklan ini ke dalam widget atau area blog yang ingin Anda tampilkan iklan. Biasanya, Anda dapat menambahkan kode iklan ini melalui Tata Letak (Layout) > Tambahkan Gadget (Add a Gadget) > HTML/JavaScript.
  4. Patuhi Kebijakan AdSense: Penting untuk mematuhi kebijakan Google AdSense yang ketat. Pastikan Anda tidak melakukan pelanggaran yang dapat menyebabkan akun AdSense Anda diblokir atau dinonaktifkan.
  5. Tingkatkan Lalu Lintas Blog Anda: Semakin banyak lalu lintas yang mengunjungi blog Anda, semakin besar peluang Anda mendapatkan klik pada iklan dan menghasilkan pendapatan dari AdSense. Tingkatkan kualitas dan konsistensi konten blog Anda, promosikan blog Anda melalui media sosial, dan berinteraksi dengan komunitas pembaca Anda.

Perlu diingat bahwa menghasilkan uang dari AdSense memerlukan waktu dan upaya. Anda perlu membangun blog yang menarik dengan konten berkualitas untuk menarik pembaca dan mengundang klik pada iklan. Selain itu, Anda harus mematuhi kebijakan Google AdSense dan menghindari metode ilegal atau curang untuk meningkatkan pendapatan. Jika Anda berhasil mengelola blog dengan baik, Blogspot dapat menjadi salah satu platform yang efektif untuk menghasilkan uang dari Google AdSense.

Apakah Menggunakan Blogger Masih Relevan

Sampai saat ini, Blogger (Blogspot) masih relevan dan digunakan oleh banyak orang untuk membuat blog. Meskipun ada banyak platform blogging lain yang tersedia, Blogger tetap menjadi pilihan yang populer karena beberapa alasan:

  1. Kemudahan Penggunaan: Blogger adalah platform blogging yang sangat mudah digunakan, terutama bagi pemula atau orang-orang yang tidak memiliki banyak pengalaman dalam pembuatan website. Antarmuka yang sederhana dan intuitif memungkinkan pengguna untuk membuat blog dengan cepat tanpa kesulitan teknis.
  2. Hosting Gratis: Blogger menyediakan hosting gratis untuk blog Anda. Ini berarti Anda tidak perlu membayar biaya hosting terpisah untuk memulai blog Anda.
  3. Integrasi dengan Google: Blogger mudah diintegrasikan dengan berbagai layanan Google lainnya, seperti Google AdSense, Google Analytics, dan Google Search Console, yang dapat membantu Anda mengelola dan memonetisasi blog Anda.
  4. Dukungan Google: Blogger didukung oleh Google, yang merupakan perusahaan teknologi besar dengan infrastruktur yang kuat. Ini menjamin ketersediaan dan kehandalan platform, serta adanya dukungan teknis yang layak.
  5. Ketersediaan Template: Blogger menyediakan berbagai template atau tema yang dapat Anda pilih untuk memperindah tampilan blog Anda. Selain itu, Anda dapat menyesuaikan tata letak dan desain secara manual sesuai kebutuhan.
  6. Monetisasi: Anda dapat menghasilkan uang dari blog Anda melalui program periklanan seperti Google AdSense atau dengan cara lain seperti penjualan produk atau jasa.
  7. Kebijakan Aman dan Pengamanan: Google memiliki kebijakan yang ketat terhadap spam dan penyalahgunaan, sehingga Blogger tetap menjadi platform yang relatif aman dari potensi ancaman dan kejahatan siber.

Namun, meskipun Blogger memiliki banyak keuntungan, ada beberapa kekurangan, seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Terutama, keterbatasan dalam kustomisasi dan fitur, serta keterbatasan kontrol atas domain blog, bisa menjadi pertimbangan bagi beberapa pengguna yang mencari tingkat kontrol lebih tinggi dan kebebasan dalam mengelola blog mereka.

Kekurangan blogger

Meskipun Blogger (Blogspot) adalah platform blogging yang populer dan mudah digunakan, ada beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan layanan ini:

  • Terbatasnya Kendali dan Kustomisasi: Blogger menyediakan sejumlah template dan tata letak yang dapat dipilih, tetapi kustomisasi lebih lanjut terbatas. Anda mungkin mengalami keterbatasan dalam mengubah desain blog Anda untuk sesuai dengan preferensi kreatif tertentu.
  • Tidak Memiliki Domain Sendiri: Saat membuat blog di Blogger, alamat blog Anda akan terlihat seperti “nama-blog-anda.blogspot.com.” Meskipun Anda dapat membeli domain kustom dan mengarahkannya ke blog Anda, tetapi tidak seperti platform self-hosted lainnya, blog Anda akan selalu terasosiasi dengan subdomain “blogspot.com.”
  • Terbatasnya Fungsi dan Fitur: Blogger mungkin kurang dilengkapi dengan fitur yang lebih canggih dibandingkan dengan platform blogging lainnya. Beberapa fitur yang populer di platform lain mungkin tidak tersedia di Blogger.
  • Tidak Mandiri: Blogger dimiliki dan dioperasikan oleh Google. Jika Google mengalami masalah teknis atau mengubah kebijakan, blog Anda mungkin terpengaruh. Selain itu, Google memiliki hak untuk menutup atau membatasi akses ke akun Blogger Anda jika dianggap melanggar kebijakan mereka.
  • Rendahnya Dukungan Pelanggan: Dukungan pelanggan untuk Blogger lebih terbatas dibandingkan dengan platform berbayar atau self-hosted lainnya. Jika Anda mengalami masalah atau memerlukan bantuan, opsi dukungan terbatas.
  • Keterbatasan Sumber Daya: Blogger adalah platform gratis yang menyediakan hosting, tetapi sumber daya yang disediakan mungkin terbatas. Jika blog Anda mengalami pertumbuhan pesat dan memerlukan lebih banyak ruang penyimpanan atau bandwidth, Anda mungkin harus mempertimbangkan platform lain yang lebih fleksibel.
  • Tampilan Klasik: Beberapa orang mungkin berpendapat bahwa tampilan blog di Blogger tampak lebih “klasik” atau kurang modern dibandingkan dengan platform blogging lainnya.

Meskipun Blogger menawarkan banyak keuntungan dan bisa menjadi pilihan yang bagus untuk beberapa jenis blog, penting untuk mempertimbangkan kekurangan di atas sebelum Anda memutuskan platform mana yang paling cocok untuk kebutuhan blogging Anda. Jika Anda mencari lebih banyak kendali dan kustomisasi, Anda mungkin ingin mempertimbangkan platform blogging self-hosted atau berbayar.

Lebih Bagus Mana, Blogger atau WordPress?

Pertanyaan “lebih baik mana antara Blogger dan WordPress” tidak memiliki jawaban yang mutlak, karena keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing tergantung pada kebutuhan dan preferensi Anda sebagai pemilik blog. Berikut perbandingan antara Blogger dan WordPress:

Blogger:

  1. Mudah Digunakan: Blogger sangat mudah digunakan, khususnya bagi pemula yang tidak memiliki pengalaman teknis.
  2. Hosting Gratis: Blogger menyediakan hosting gratis bagi blog Anda, sehingga Anda tidak perlu membayar biaya hosting terpisah.
  3. Integrasi Google: Blogger mudah diintegrasikan dengan layanan Google lainnya, seperti Google AdSense, Google Analytics, dan Google Search Console.
  4. Dukungan Google: Blogger didukung oleh Google, sehingga Anda dapat mengharapkan ketersediaan dan kehandalan platform.
  5. Sederhana untuk Blog Pribadi: Jika Anda hanya ingin membuat blog pribadi sederhana tanpa fitur canggih, Blogger bisa menjadi pilihan yang bagus.

WordPress:

  • Fleksibilitas dan Kustomisasi: WordPress menawarkan fleksibilitas dan kustomisasi yang sangat luas. Anda dapat dengan mudah menyesuaikan tampilan dan fungsionalitas blog Anda sesuai keinginan Anda.
  • Self-Hosted Option: WordPress.org memungkinkan Anda untuk memiliki kontrol penuh atas situs Anda karena Anda dapat memilih hosting sendiri. Ini memberi Anda lebih banyak kendali atas domain dan data Anda.
  • Ribuan Tema dan Plugin: WordPress memiliki banyak tema dan plugin yang memungkinkan Anda menambahkan fitur dan tampilan khusus untuk blog Anda.
  • Komunitas Besar: WordPress memiliki komunitas yang besar dan aktif, yang berarti Anda akan mendapatkan banyak dukungan dan sumber daya jika menghadapi masalah.
  • Cocok untuk Blog Pribadi dan Bisnis: WordPress cocok untuk berbagai jenis blog, mulai dari blog pribadi hingga blog bisnis yang kompleks.

Kesimpulan

Kesimpulannya, jika Anda mencari platform yang mudah digunakan dan tidak memerlukan keterampilan teknis yang tinggi, serta Anda hanya ingin membuat blog pribadi sederhana, Blogger bisa menjadi pilihan yang baik. Namun, jika Anda menginginkan lebih banyak kendali, fleksibilitas, dan ingin mengeksplorasi opsi monetisasi dan pertumbuhan yang lebih besar, WordPress (khususnya WordPress.org) mungkin lebih cocok untuk Anda.

Selain itu, jika Anda memilih WordPress, Anda harus mempertimbangkan apakah Anda ingin menggunakan WordPress.com (yang menyediakan hosting gratis tetapi memiliki beberapa batasan) atau WordPress.org (self-hosted dengan lebih banyak fleksibilitas dan kontrol).

Penting untuk mempertimbangkan kebutuhan dan tujuan Anda dalam membuat blog. Jika Anda mencari platform yang mudah digunakan, gratis, dan tidak memerlukan keterampilan teknis yang tinggi, Blogger tetap menjadi pilihan yang relevan. Namun, jika Anda memerlukan lebih banyak fleksibilitas dan kontrol atas blog Anda, mungkin ada platform lain yang lebih sesuai untuk Anda.

Komentar yuk!

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tags: