Skip to content

Cara Cek Keunikan Artikel

  • blog

apakah anda penasaran dengan artikel yang sudah susah payah anda tulis apakah unik atau tidak?? atau jangan jangan sudah ada yang membuat mirip, sama persis atau bahkan mungkin ada yang mengcopy tulisan anda??

Mengecek keunikan artikel blog penting karena beberapa alasan berikut:

  1. Mencegah Plagiarisme: Memeriksa keunikan artikel membantu mencegah plagiarisme. Plagiarisme adalah tindakan mengambil ide, kata-kata, atau karya orang lain tanpa memberikan kredit yang sesuai. Ini adalah pelanggaran etika dan dapat memiliki konsekuensi hukum serta reputasi yang serius.
  2. Menjaga Kualitas Konten: Artikel yang unik cenderung lebih berkualitas. Dengan memastikan keunikan artikel, Anda memastikan bahwa konten Anda memberikan nilai tambah kepada pembaca dengan perspektif yang baru dan orisinal.
  3. Mendukung SEO: Mesin pencari seperti Google cenderung memberikan peringkat lebih tinggi pada konten yang unik. Mengecek keunikan artikel dapat membantu meningkatkan peringkat SEO blog Anda dengan memastikan bahwa konten Anda tidak dianggap sebagai duplikat dari konten yang sudah ada.
  4. Menghindari Masalah Hukum: Melanggar hak cipta orang lain dengan menggunakan konten yang tidak orisinal dapat menyebabkan masalah hukum. Mengecek keunikan artikel dapat membantu menghindari risiko ini dengan memastikan bahwa konten Anda adalah hasil karya Anda sendiri atau Anda memiliki izin yang sesuai untuk menggunakannya.
  5. Membangun Kepercayaan Pembaca: Pembaca cenderung lebih mempercayai blog atau situs web yang menyajikan konten orisinal dan unik. Dengan memeriksa keunikan artikel secara teratur, Anda dapat membangun kepercayaan pembaca dan memperkuat reputasi blog atau situs web Anda.

Dengan demikian, memeriksa keunikan artikel blog adalah langkah penting dalam menjaga integritas konten Anda, meningkatkan kualitas konten, mendukung SEO, serta membangun kepercayaan pembaca dan reputasi online Anda.

cara cek keunikan artikel

Untuk memeriksa keunikan artikel, Anda dapat menggunakan berbagai alat deteksi plagiarisme yang tersedia secara online. Berikut adalah beberapa langkah umum yang dapat Anda ikuti:

Copyscape

Copyscape adalah salah satu alat yang paling umum digunakan untuk memeriksa plagiarisme secara online. Anda dapat memasukkan URL artikel atau teks langsung ke dalam alat ini untuk memeriksa keunikan konten tersebut.

Berikut adalah langkah-langkah umum untuk menggunakan Copyscape:

  1. Buka Situs Copyscape: Kunjungi situs web Copyscape di https://www.copyscape.com/.
  2. Masukkan URL Artikel atau Teks: Anda memiliki dua pilihan di Copyscape: memasukkan URL artikel yang ingin Anda periksa ke dalam kotak pencarian atau menyalin dan menempelkan teks langsung ke dalam kotak pencarian.
  3. Pilih Opsi Pencarian: Setelah memasukkan konten, Anda akan melihat dua opsi pencarian: “Standard Search” dan “Batch Search”. Standard Search digunakan untuk memeriksa satu URL atau teks tunggal, sedangkan Batch Search memungkinkan Anda memeriksa beberapa URL atau teks dalam satu waktu (ini tersedia dalam versi berbayar).
  4. Mulai Pencarian: Setelah memilih opsi pencarian yang sesuai, klik tombol “Go” atau “Start Search” untuk memulai proses pencarian.
  5. Tunggu Hasil: Copyscape akan melakukan pencarian dan memberikan hasil segera setelah selesai. Hasilnya akan menunjukkan seberapa unik atau duplikat konten Anda dan memberikan tautan ke halaman-halaman web yang mungkin memiliki konten serupa jika ada.
  6. Analisis Hasil: Setelah menerima hasil, Anda dapat menganalisisnya untuk memeriksa apakah ada potensi plagiarisme atau duplikat konten. Jika ada, Anda perlu meninjau konten tersebut dan mengambil tindakan yang sesuai, seperti mengedit atau menghapusnya.
  7. Tindakan Lanjutan: Jika Anda menemukan bahwa artikel memiliki duplikat konten, tindakannya bergantung pada kebijakan dan kebutuhan Anda. Anda mungkin perlu mengedit konten untuk membuatnya lebih unik atau mengambil langkah-langkah hukum jika ada pelanggaran hak cipta yang signifikan.

Grammarly

Grammarly juga memiliki fitur deteksi plagiarisme yang dapat membantu Anda memeriksa keunikan artikel. Anda dapat mengunggah teks artikel ke dalam Grammarly dan menggunakan fitur ini untuk memeriksa plagiarisme.

Berikut adalah langkah-langkah umum untuk menggunakan Grammarly:

  1. Buat Akun: Pertama, buat akun Grammarly. Anda dapat mendaftar secara gratis di situs web mereka.
  2. Tambahkan Ekstensi atau Unduh Aplikasi: Grammarly tersedia sebagai ekstensi browser, tambahan di Microsoft Word, dan juga sebagai aplikasi mandiri. Pilih platform yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda dan unduh atau pasanglah ekstensi atau aplikasi tersebut.
  3. Aktifkan Grammarly: Setelah menginstal ekstensi atau aplikasi, aktifkan Grammarly dengan masuk menggunakan akun yang Anda buat.
  4. Mulai Menulis atau Memasukkan Teks: Grammarly akan secara otomatis mulai memeriksa teks saat Anda menulis di aplikasi atau platform yang didukung. Jika menggunakan ekstensi browser, Grammarly akan menyorot kesalahan langsung di dalam kotak teks.
  5. Periksa dan Terima Koreksi: Ketika Grammarly menyoroti kesalahan tata bahasa, ejaan, atau gaya, Anda dapat melihat saran koreksi dengan mengklik pada kata yang disorot. Anda dapat menerima atau menolak saran koreksi sesuai kebutuhan Anda.
  6. Gunakan Fitur Tambahan (opsional): Grammarly juga menyediakan fitur seperti analisis keunikan teks dan deteksi plagiarisme (untuk pengguna premium), serta kemampuan untuk memeriksa konsistensi gaya dan tonalitas tulisan.
  7. Simpan atau Salin Teks: Setelah selesai memeriksa teks, Anda dapat menyimpannya atau menyalinnya untuk digunakan di tempat lain.
  8. Analisis Dokumen (opsional): Jika Anda menggunakan Grammarly di Microsoft Word, Anda dapat mengakses fitur analisis dokumen untuk mendapatkan ringkasan statistik tentang keakuratan dan kualitas tulisan Anda.

Turnitin

Turnitin adalah alat yang sering digunakan oleh institusi pendidikan untuk mendeteksi plagiarisme. Meskipun biasanya digunakan oleh institusi akademis, beberapa versi Turnitin tersedia untuk penggunaan individu.

Untuk menggunakan Turnitin, Anda biasanya perlu memiliki akses melalui institusi pendidikan atau organisasi tempat Anda terdaftar atau bekerja. Namun, jika Anda memiliki akses sendiri ke Turnitin, berikut adalah langkah-langkah umum untuk menggunakannya:

  1. Login atau Buat Akun: Buka situs web Turnitin dan login ke akun Anda jika sudah memiliki satu, atau buat akun baru jika Anda belum memiliki.
  2. Pilih Tipe Penugasan: Setelah masuk, Anda akan diarahkan ke dashboard. Di sini, Anda dapat membuat penugasan baru dengan mengklik tombol “Create” atau “New Assignment”.
  3. Atur Pengaturan Penugasan: Anda akan diminta untuk mengatur pengaturan penugasan, termasuk judul, deskripsi, batas waktu pengumpulan, dan pengaturan deteksi plagiarisme. Anda dapat memilih opsi untuk memperbolehkan atau memblokir sumber tertentu, serta menyesuaikan pengaturan deteksi plagiarisme.
  4. Upload Dokumen atau Teks: Setelah mengatur penugasan, Anda akan diminta untuk mengunggah dokumen atau teks yang akan diperiksa ke Turnitin.
  5. Tunggu Proses Pemeriksaan: Setelah Anda mengunggah dokumen, Turnitin akan mulai memeriksanya untuk kemiripan dengan sumber lain di database mereka.
  6. Periksa Hasil: Setelah proses pemeriksaan selesai, Anda akan dapat melihat hasilnya. Turnitin akan memberikan persentase kemiripan dan menunjukkan bagian-bagian dokumen yang cocok dengan sumber lain.
  7. Analisis dan Tindakan: Anda dapat menganalisis hasil pemeriksaan untuk memastikan bahwa semua kemiripan adalah karena kutipan yang disitir dengan benar atau penggunaan konten yang sah. Jika terdapat plagiarisme yang tidak sah, Anda harus mengambil tindakan yang sesuai, seperti mengedit atau menghapus konten.
  8. Berikan Umpan Balik: Setelah menganalisis hasil, Anda dapat memberikan umpan balik kepada penulis atau siswa terkait konten yang diperiksa.

Itulah langkah-langkah umum untuk menggunakan Turnitin. Namun, pastikan untuk memahami kebijakan dan prosedur yang berlaku di institusi atau organisasi Anda terkait penggunaan Turnitin.

Plagiarism Checker dari SmallSEOTools

Ini adalah alat online lain yang dapat membantu Anda memeriksa keunikan artikel. Anda hanya perlu menyalin dan menempelkan teks artikel ke dalam alat ini, dan itu akan memberi Anda laporan tentang tingkat keunikannya.

Berikut adalah langkah-langkah umum untuk menggunakan Plagiarism Checker dari SmallSEOTools:

  1. Buka Situs SmallSEOTools: Buka peramban web Anda dan pergi ke situs SmallSEOTools. Situs ini dapat diakses di https://smallseotools.com/plagiarism-checker/.
  2. Salin dan Tempelkan Teks: Salin teks dari dokumen atau artikel yang ingin Anda periksa ke dalam kotak teks yang disediakan di halaman Plagiarism Checker.
  3. Klik “Check Plagiarism”: Setelah Anda menempelkan teks, klik tombol “Check Plagiarism” atau “Check Plagiarism Now” yang biasanya terletak di bawah kotak teks.
  4. Tunggu Proses Pemeriksaan: SmallSEOTools akan memulai proses pemeriksaan dan menganalisis teks yang Anda berikan untuk mencari kemiripan dengan konten lain di web.
  5. Periksa Hasil: Setelah proses selesai, hasil pemeriksaan akan ditampilkan di layar. Anda akan melihat persentase keunikan teks Anda, serta daftar sumber yang mungkin memiliki konten serupa jika ditemukan. Biasanya, hasil ini juga menunjukkan bagian-bagian teks yang dianggap mirip dengan konten lain.
  6. Tindakan Lanjutan: Jika ada konten yang dianggap terlalu mirip dengan konten yang ada di web, Anda mungkin perlu mengedit atau merevisi teks untuk membuatnya lebih unik. Pastikan untuk memeriksa sumber-sumber yang tercantum untuk memastikan tidak ada pelanggaran hak cipta.
  7. Gunakan Fitur Lain (opsional): Selain pemeriksaan plagiarisme, SmallSEOTools juga menawarkan berbagai fitur SEO lainnya yang dapat Anda manfaatkan untuk meningkatkan kualitas dan visibilitas konten Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menggunakan Plagiarism Checker dari SmallSEOTools untuk memeriksa keunikan artikel atau teks Anda. Pastikan untuk mematuhi aturan penggunaan dan kebijakan privasi dari alat tersebut.

Quetext

Quetext adalah alat deteksi plagiarisme online lainnya yang dapat digunakan untuk memeriksa keunikan artikel.

Berikut adalah langkah-langkah umum untuk menggunakan Quetext:

  1. Buka Situs Quetext: Buka peramban web Anda dan pergi ke situs Quetext. Situs ini dapat diakses di https://www.quetext.com/.
  2. Daftar atau Masuk (opsional): Jika Anda sudah memiliki akun, masuklah ke akun Anda. Jika tidak, Anda mungkin perlu mendaftar untuk membuat akun baru. Beberapa fitur mungkin memerlukan akun pengguna.
  3. Salin dan Tempelkan Teks: Salin teks dari dokumen atau artikel yang ingin Anda periksa dan tempelkan ke dalam kotak teks yang disediakan di halaman Quetext.
  4. Klik “Check Plagiarism” atau “Start New Search”: Setelah Anda menempelkan teks, klik tombol “Check Plagiarism” atau “Start New Search” untuk memulai proses pemeriksaan.
  5. Tunggu Proses Pemeriksaan: Quetext akan mulai memeriksa teks yang Anda berikan untuk mencari kemiripan dengan konten lain di web. Proses ini biasanya memakan waktu beberapa saat tergantung pada panjang teks dan lalu lintas situs.
  6. Periksa Hasil: Setelah proses selesai, hasil pemeriksaan akan ditampilkan di layar. Anda akan melihat persentase keunikan teks Anda, serta daftar sumber yang mungkin memiliki konten serupa jika ditemukan. Quetext juga akan menyoroti bagian-bagian teks yang dianggap mirip dengan konten lain.
  7. Tindakan Lanjutan: Jika ada konten yang dianggap terlalu mirip dengan konten yang ada di web, Anda mungkin perlu mengedit atau merevisi teks untuk membuatnya lebih unik. Pastikan untuk memeriksa sumber-sumber yang tercantum untuk memastikan tidak ada pelanggaran hak cipta.
  8. Gunakan Fitur Tambahan (opsional): Quetext juga menawarkan fitur tambahan seperti pengaturan privasi, penandaan hasil, dan opsi penelusuran lanjutan untuk membantu Anda memaksimalkan pengalaman pengguna.

Pastikan untuk memilih salah satu atau beberapa alat di atas dan memeriksa artikel Anda menggunakan alat tersebut untuk memastikan keunikan konten Anda. Ini adalah langkah penting untuk memastikan bahwa artikel Anda bebas dari plagiarisme dan tetap orisinil.

Komentar yuk!

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tags: