cara aktifkan moderasi komentar untuk menghindari spam

cara aktifkan moderasi komentar untuk menghindari spam

kenapa mengaktifkan moderasi komentar dapat menghindari spam?
karena saat anda mengaktifkan fungsi moderasi komentar pada sebuah situs atau blog anda, nantinya setiap komentar yang di tulis oleh pengunjung akan masuk kedalam pemberitahuan anda dan menunggu moderasi serta menunggu persetujuan dari admin sebelum bisa di tampilkan pada situs anda.

disini anda sebagai admin diberi kesempatan untuk dapat memilah dan menseleksi komentar mana yang layak dan tidak untuk di terbitkan pada situs anda.

selain itu fungsi moderasi komentar

ini akan sangat bermanfaat bagi sebuah situs untuk menjaga reputasi situs tetap baik di mata mesin pencari dari spamer yang biasa menyelipkan link link yang akan memberikan dampak negatif untuk situs anda pada mesin pencari.

contoh negatif dari spamer yaitu saat memberikan komentar dan menyelipkan link kesitus mereka yang mengarah pada situs situs yang tidak disukai mesin telusur seperti situs mengandung unsur sara, pornografi atau yang melanggar hukum lain. hal ini tetntu dapat memberikan reputasi buruk juga pada situs anda.

Lalu bagaimana cara aktifkan moderasi komentar untuk menghindari spam
1. masuk kedalam setelan pada bagian pos komentar berbagi
pilih siapa saja yang bisa mengomentari situs anda

Siapa yang dapat mengomentari?


2. lalu di bawahnyan pada bagian moderasi anda silahkan pilih pada “selalu”

Moderasi Komentar ?


lihat gambar di bawah ini untuk lebih jelasnya

cara aktifkan moderasi komentar untuk menghindari spam
  • jika anda ingin pemberitahuan komentar yang mengunggu moderasi dikirimkan ke email anda anda bisa masukan email anda di kolom merah yang saya tandai pada gambar diatas

untuk saya sendiri sebenarnya sebelumnya saya mematikan moderasi komentar pada situs saya ini karena saya mempercayai pembaca saya adalah pengunjung yang baik, saya tidak masalah saat ada pengunjung yang menaruh link asalkan diletakkan pada name atau open url id yang sudah disediakan pada bagian coment as untuk menaruh link yang mengarah pada situs  anda, hal itu justru sangat saya sukai karena akan memudahkan saya mengunjungi balik situs yang telah berkomentar pada situs saya ini.

tetapi karena beberapa saat yang lalu ada komentar yang menurut saya kurang pantas di terbitkan dan setelah saya telusuri link yang ditinggalkan ternyata mengarah pada situs dagang yang mungkin sedikit tidak di benarkan oleh mesin telusur maka dengan berat hati saya kembali mengaktifkan fungsi moderasi komentar disitus ini.

tapi jangan kawatir jika anda ingin berkomentar dan meninggalkan url situs anda saya tetap akan terbitkan asal link tersebut tidak mengarah pada situs melanggar aturan seperti yang saya jelaskan diatas.

lalu bagaimana cara menyelipkan link url pada nama saat berkomentar ?1. setelah menulis komentar klik pada samping tulisan coment as
2. pilih “name/url” lalu masukan nama dan link anda.

cara aktifkan moderasi komentar untuk menghindari spam


saat di pubish name anda akan langsung menjadi url yang mengarah pada situs anda.

sekian artikel kali ini, jangan lupa baca juga cara menghilangkan menu komentar di blog
semoga bermanfaat

0 comments

  1. sebenernya ada 3 cara, yaitu seluruh halaman, pada posting saya atau pada laman saja?
    kalo menghilangkan komentar diseluruh halaman, caranya :
    masuk ke Dashboard blog
    Klik Setelan – pilih Pos dan komentar
    Klik pada "Lokasi komentar" dan pilih sembunyikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.