Apakah Blog Walking Masih Efektif di 2023

Posted on

Blog walking, juga dikenal sebagai blog hopping, adalah praktik di mana seseorang mengunjungi berbagai blog di internet dan meninggalkan komentar pada postingan mereka. Tujuan utama dari blog walking adalah untuk berinteraksi dengan pemilik blog dan pembaca lainnya, membangun jaringan, dan meningkatkan eksposur blog Anda sendiri. Nah pertanyaannya apakah walking atau blog hopping masih relevan di tahun 2023 mari kita bahas bersama.

Apa Itu Blogwalking atau blog hopping?

Blogwalking atau blog hopping adalah kegiatan mengunjungi situs situs lain, yang dilakukan seorang blogger  lalu meninggalkan komentar atau istilah kerennya meninggalkan jejak berupa komentar atau masukan untuk blog yang dikunjungi.

Apa tujuan seorang blogger melakukan Blogwalking?

  1. Mencari Inspirasi serta ide.
    Manfaat pertama dari kegiatan Blogwalking ini adalah untuk mencari inspirasi atau ide untuk dijadikan bahan membuat artikel. Seorang blogger pasti pernah mengalami yang namanya stuck alias mentok, atau kehabisan ide dan tidak tau apa yang akan ditulis di blogmya.
    maka kegiatan Blogwalking akan sangat berguna untuk kembali memunculkan ide baru.
  2. Mendapat Backlink
    Salah satu tujuan kegiatan Blogwalking yang dilakukan oleh seorang blogger adalah mendapatkan becklink.
    Beckling bisa berupa tulisan yang sudah kita isi link, atau nama pengguna berupa alamat situs kita agar si pemilik blog bisa kembali mengunjungi situs kita.
    ada juga beberapa blog atau situs web yang menyediakan fitur “URL” di kolom komentar.

Apa Yang dilakukan saat blog Walking

Prosesnya biasanya melibatkan langkah-langkah berikut:

  1. Mencari Blog yang Relevan: Anda akan mencari blog yang relevan dengan topik atau minat Anda. Pilih blog yang memiliki audiens yang mungkin tertarik pada konten Anda.
  2. Membaca Postingan: Setelah menemukan blog yang ingin Anda kunjungi, Anda akan membaca postingan yang ada di blog tersebut. Ini penting agar Anda dapat memberikan komentar yang relevan.
  3. Meninggalkan Komentar: Setelah membaca postingan, Anda bisa meninggalkan komentar yang berisi tanggapan atau pendapat Anda tentang isi postingan. Komentar ini harus relevan, informatif, dan tidak sekadar promosi diri sendiri.
  4. Meninggalkan Jejak: Dalam komentar, Anda biasanya juga menyertakan tautan kembali ke blog Anda. Ini memungkinkan orang lain yang membaca komentar Anda untuk mengikuti tautan tersebut dan mengunjungi blog Anda.
  5. Berinteraksi: Jika pemilik blog atau pembaca lain memberikan tanggapan terhadap komentar Anda, Anda bisa berinteraksi lebih lanjut dalam bentuk balasan atau diskusi.

Manfaat Blog walking atau blog hopping

  1. Sarana Promosi, Manfaat dari blogwalking salah satunya adalah secara tidak langsung kita telah mempromosikan situs kita. Kenapa bisa begitu? Karena saat kita berkomentar di situs orang lain membuat blog kita memiliki kemungkinan lebih besar dikunjungi balik oleh pemilik blog atau pembaca blog lain itu, selain itu juga berkemungkinan mendapatkan backlink.
  2. Eksistensi, Semakin sering melakukan Blogwalking dapat juga membuat situs anda dikenal. Semakin banyak orang yang mengetahui eksistensi anda maka akan semakin banyak pengunjung situs anda.
  3. Membangun Jaringan: Anda dapat membangun hubungan dengan pemilik blog dan pembaca lain dalam komunitas yang relevan.
  4. Meningkatkan Eksposur: Dengan meninggalkan komentar yang bermutu, Anda dapat menarik perhatian orang lain dan mendorong mereka untuk mengunjungi blog Anda.
  5. Mengembangkan Otoritas: Dengan memberikan pandangan yang cerdas dan berpengetahuan, Anda dapat membangun reputasi sebagai ahli dalam bidang tertentu.
  6. Semakin sering blogger melakukan blogwalking otomatis banyak link blog nya tersebar kita di setiap blog yang telah dikomentari. Semakin banyak link tersebut otomatis membuat blogger lain mengetahui keberadaan blog kita.
  7. Makin banyak yang tahu blog kita maka reputasi blog kita juga semakin populer.

apakah blog walking masih relevan

apakah blog walking masih relevan tergantung pada tujuan Anda, jenis konten yang Anda hasilkan, dan preferensi audiens target Anda. Selalu penting untuk memantau tren terbaru dan menyesuaikan strategi Anda sesuai keadaan saat ini.

relevansi dari praktik ini bisa bervariasi tergantung pada beberapa faktor:

  1. Pentingnya Interaksi: Jika Anda mencoba membangun jaringan dengan blogger lain, berbagi gagasan, dan memperluas audiens Anda, blog walking masih bisa memiliki relevansi. Interaksi langsung dengan komunitas blog bisa membantu Anda mendapatkan masukan, membangun hubungan, dan memperkenalkan diri kepada orang lain.
  2. Perubahan dalam Algoritma dan Media Sosial: Seiring perkembangan media sosial dan perubahan algoritma mesin pencari, popularitas blog walking mungkin telah berubah. Mesin pencari seperti Google terus mengubah cara mereka menilai dan mengindeks konten, dan media sosial dapat mempengaruhi distribusi konten lebih cepat daripada blog walking.
  3. Kualitas Konten dan Komentar: Jika Anda ingin mencoba blog walking, pastikan bahwa komentar yang Anda tinggalkan adalah relevan dan bermutu. Komentar yang substansial dan berkualitas lebih mungkin diperhatikan dan dihargai oleh pemilik blog dan pembaca lain.
  4. Berkembangnya Platform Lain: Selain blog, ada platform lain seperti media sosial (misalnya Twitter, Instagram, LinkedIn) dan forum yang dapat digunakan untuk berinteraksi dengan audiens. Bergantung pada audiens target Anda, platform ini mungkin lebih efektif dalam mencapai tujuan Anda.
  5. Waktu dan Efisiensi: Blog walking bisa memakan waktu yang signifikan karena Anda harus membaca dan memberikan komentar pada berbagai blog. Pertimbangkan apakah investasi waktu ini sebanding dengan hasil yang Anda harapkan.
  6. Personal Branding dan Niche: Jika Anda ingin membangun merek pribadi atau fokus pada niche tertentu, blog walking dalam komunitas yang relevan masih dapat membantu memperluas otoritas Anda dalam bidang tersebut.
  7. Perkembangan Terbaru: Ada kemungkinan bahwa tren dan praktik-praktik telah berubah setelah pengetahuan terakhir saya pada September 2021. Saya sarankan untuk melakukan riset terbaru atau mencari saran dari praktisi pemasaran digital atau blogger yang lebih up-to-date.

Bagaiman Cara melakukan Blogwalking yang efektif

Cara melakukan blog walking sebenarnya sangat mudah

  1. anda hanya harus menunjungi situs situs lain dan memberikan tanggapan sesuai dengan artikel posting yang mereka buat, komentar yang baik dan relevan akan memberikan reputasi blog yang anda kunjungi baik dimata pengunjung lain.
    hal ini akan menguntungkan blog yang anda kunjungi dan begitu juga sebaliknya.
  2. Berkomentarlah yang baik, Jangan berkomentar yang bersifat menyalahkan atau menilai isi tulisan, usahakan tanggapan anda membuat reputasi pemilik situs baik..

Hal Yang Harus dihindari saat Blogwalking

  1. hindari komentar yang terlalu singkat, seperti “nice pos gan”
  2. hindari berkomentar dengan mencantumkan link anda
  3. hindari menuliskan kata “kunjungi balik ya” dan sejenisnya, karena tanpa diminta pun biasa nya pemilik situs sudah tau dan akan mengunjungi situs anda.

kesimpulan

Efektivitas dari blog walking tergantung pada kualitas komentar Anda dan interaksi yang Anda bangun. Jika komentar Anda terlalu pendek atau terasa seperti promosi semata, dampaknya bisa kurang signifikan. Selain itu, penting untuk selalu menghormati pemilik blog dan aturan komunitas saat meninggalkan komentar.

Gravatar Image
Lulusan S1 informatika, bekerja sebagai fulltime blogger, content writter, dan sekarang sedang membangun channel YouTube... Berpengalaman bekerja dari sma, dan sekarang memilih menjalani usaha kecil kecilan.. Senang mendengar, membaca, menulis, dan memasak...

4 comments

  1. Ane baru belajar mas dan baru tau ma fungsi blog walkinga thanks artikel nya ijin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.