Easiest Way to Count the Number of Words in Written Text

Cara Termudah Untuk Menghitung Jumlah Kata Dalam Teks Yang Telah Ditulis

Posted on

cara untuk menghitung jumlah kata dalam artikel sebelum di posting pada blog

apakah anda ingin mengetahui cara mudah untuk menghitung jumlah kata atau kalimat artikel anda sebelum di posting pada situs anda?

Manfaatnya menghitung jumlah kata kata dalam artikel

Menghitung kata yang telah ditulis memiliki beberapa manfaat yang bisa membantu dalam berbagai situasi. Berikut adalah beberapa manfaatnya:

  1. Menilai Panjang Teks: Dengan menghitung kata, Anda dapat dengan cepat menilai seberapa panjang atau pendek teks yang telah Anda tulis. Ini berguna untuk memastikan bahwa Anda mematuhi batas kata yang mungkin ditetapkan, seperti dalam tugas sekolah, esai, artikel, atau laporan.
  2. Memenuhi Persyaratan: Banyak tugas, kontes, atau publikasi memiliki batasan jumlah kata. Dengan menghitung kata, Anda dapat memastikan bahwa teks yang Anda tulis sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan. Ini penting agar karya Anda dapat diterima atau dinilai dengan benar.
  3. Mengoptimalkan Konten Web: Dalam dunia digital, panjang konten sering kali memiliki dampak pada pembacaan dan SEO. Menghitung kata membantu Anda menentukan apakah konten Anda cukup informatif dan sesuai dengan tujuan SEO (Search Engine Optimization).
  4. Mengatur Panjang Teks: Menghitung kata membantu Anda mengatur panjang teks sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, dalam tugas-tugas akademis atau publikasi, sering kali ada batasan jumlah kata yang harus diikuti. Menghitung kata memastikan Anda tidak melebihi batas tersebut.
  5. Meningkatkan Keterbacaan: Menjaga teks tetap terkendali dari segi panjang dapat meningkatkan keterbacaan. Pembaca umumnya lebih cenderung terlibat dengan teks yang tidak terlalu panjang atau terlalu pendek.
  6. Memenuhi Persyaratan Publikasi: Banyak platform publikasi, baik cetak maupun online, memiliki batasan jumlah kata untuk setiap artikel atau kontribusi. Dengan menghitung kata, Anda dapat memastikan bahwa tulisan Anda memenuhi persyaratan ini sebelum mengirimkannya.
  7. Efisiensi Penyuntingan: Editor dan penulis yang berkolaborasi akan mendapati manfaat dari menghitung kata. Ini membantu dalam merencanakan dan mengatur proses penyuntingan dengan lebih efisien.

selain itu banyak webmaster diluar sana yang juga menyarankan untuk artikel yang baik dan memenuhi syarat salah satunya yaitu pastikan tulisan yang anda buat lebih dari 400 kata atau lebih, dengan catatan kata atau kalimat yang anda tuliskan harus masih berhubungan dengan postingan.

jadi tidak hanya asal membuat banyak kata harus yang relevan dengan judul artikel anda.

selain itu menghitung jumlah kata juga menjadi penting karena sekarang ini banyak sekali teman teman blogger yang juga menawarkan jasa untuk menuliskan artikel. artikel ini kemudian di hargai tergantung seberapa baik dan seberapa banyak kata yang dibuat dalam tulisan yang di tawarkan.

baiklah tanpa bertele tele lagi langsung saya akan memberikan tips untuk cara menghitung jumlah kata atau kalimat artikel anda sebelum di posting pada situs anda? 

2 Cara Menghitung Text yang telah ditulis

Cara pertama menggunakan Ms Word

cara menghitung jumlah kata dalam artikel di blog

Menghitung jumlah kata menggunakan Microsoft Word sangat mudah dilakukan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka dokumen Microsoft Word yang ingin Anda hitung jumlah katanya.
  2. Di bagian bawah layar, Anda akan melihat beberapa statistik dokumen, termasuk jumlah kata. Jika Anda tidak melihat statistik ini, ikuti langkah-langkah berikut:
  3. Pada Windows: Klik kanan pada bilah status di bagian bawah jendela Word (di sebelah kiri dari zoom slider). Kemudian, pastikan opsi “Jumlah Kata” atau “Word Count” diaktifkan.
  4. Pada Mac: Buka menu “View” (Tampilan) di bagian atas layar, lalu pilih opsi “Word Count” (Jumlah Kata).
  5. Setelah Anda mengaktifkan opsi “Jumlah Kata”, statistik jumlah kata dokumen akan muncul di bagian bawah layar. Statistik ini akan mencakup jumlah kata, jumlah karakter (termasuk spasi), jumlah karakter tanpa spasi, jumlah paragraf, dan sebagainya.
  6. Itu saja! Anda sekarang dapat melihat jumlah kata dalam dokumen Anda pada statistik yang ditampilkan di bagian bawah layar.
  7. Pastikan untuk memeriksa bahwa Anda telah mengaktifkan opsi “Jumlah Kata” di bilah status (status bar) atau dalam menu “View” agar statistik jumlah kata muncul dengan benar.

Cara Kedua dengan wordcounttools

Cara Termudah Untuk Menghitung Jumlah Kata Dalam Teks Yang Telah Ditulis
  • buka wordcounttools¬†
  • pastekan tulisan anda di kolom yang disediakan
  • klik submit
  • setelah itu akan muncul dibawahnya angka, nah itulah jumlah kata dari tulisan anda

bagaimana mudah kan cara menghitung jumlah kata dalam artikel di blog?

sekian postingan saya kali ini semoga bermanfaat.
happy blogging

sekian

Gravatar Image
Lulusan S1 informatika, bekerja sebagai fulltime blogger, content writter, dan sekarang sedang membangun channel YouTube... Berpengalaman bekerja dari sma, dan sekarang memilih menjalani usaha kecil kecilan.. Senang mendengar, membaca, menulis, dan memasak...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.