cara menulis mengedit dan memposting artikel yang baik pada blog

cara menulis mengedit dan memposting artikel yang baik pada blog
cara menulis mengedit dan memposting artikel yang baik pada blog


hai apakah anda seorang blogger yang ingin tulisan anda baik bukan hanya di mata pengunjung, tapi juga dimata mesin pencari??
jika iya berikut ini saya akan membagikan tips cara menulis, mengedit, dan memposting artikel yang baik pada blog.

langsung saja kita ke pembahasan

menulis

ini adalah awal dimana anda mulai menyusun kata kata dan merangkai urutan serta alur dari tulisan anda, setiap blogger mempunya cara unik nya masing masing dalam menulis dan menyampaikan informasi.

1. menulis judul
judul tidak hanya penting karena digunakan sebagai keywoard atau kata kunci untuk menemukan tulisan anda dari perncarian, judul yang unik juga menentukan jati diri anda.
tapi ingat buatlah judul yang relefan untuk tulisan anda, karena saya memperhatikan belakangan ini banyak sekali blogger yang hanya menulis judul untuk memancing penasaran dan minat baca pengunjung. bahkan tidak jarang membuat judul yang berbau sara, pornografi atau bahkan memfitnah tokoh atau organisasi tertentu hanya demi mengejar sensasi.
judul blog yang baik akan memberikan kesan tersendiri bagi pembaca anda, 

2. menulis artikel (isi)
dalam menulis sebuah artikel anda harus mampu memberikan informasi yang dibutuhkan pengunjung.
bukan hanya judul yang relefan dalam menulis artikel anda juga dituntut untuk memberikan informasi yang sesuai bagi pengunjung anda.
jangan menulis dengan kata kata kasar, mencela, menghina, memfitnah dan menyinggung perasaan orang lain, buatlah  tulisan anda mampu dibaca bagi segala kalangan usia dan jenis kelamin.
semakin luas ruang lingkup tulisan anda semakin banyak pengunjung anda. 

3. menulis penutup/akhir artikel
pada bagian akhir penutup artikel anda usahakan memberikan  sebuah solusi, pancing respon pengunjung dengan menawarkan pertanyaan supaya tulisana anda terkesan lebih interaktif, misal bagaimana menurut anda? apakah anda paham? apakah ada yang ingin anda tanyakan? jangan sungkan untuk bertanya atau berkomentar
pengunjung itu biasanya sangat malas menulis balasan, salah satu cara mengatasinya adalah dengan berusaha menarik minat respon pengunjung. 

4. menulis komentar serta membalas komentar pengunjung
saya pernah menemukan sebuah artikel di internet yang sebenarnya tulisan nya bagus materi nya juga berbobot tapi owner atau pemilik situs tersebut tidak ramah terhadap respon pengunjung, dan akhirnya ada pengunjung yang berkomentar kurang pantas karena merasa respon nya tidak ditanggapi.
saya sarankan anda tetap memberikan jawaban untuk setiap pengunjung disitus anda, supaya pengunjung lain juga tertarik ikut berkomentar pada artikel anda.

mengedit


ada beberapa aturan dalam mengedit artikel baik itu besifat teknis dan non teknis berikut ini saya akan mencoba menguraikan nya.

1. mengedit dan menulis artikel dengan aplikasi lain
usahakan menulis dan melakukan pengeditan artikel langsung pada blogpost, atau jika anda mengedit dengan menggunakan aplikasi lain misal seperti ms word maka sebelum mempaste dan mengeditnya ke blogpost pastikan anda menyalinnya terlebih dahulu ke dalam notepad.
karena jika anda langsung menpastenya dari aplikasi lain biasanya saat di publikasikan tulisan anda akan berbeda seperti font terlalu kecil, berantakan dan lain lain, karena umumnya aplikasi pengolah kata seperti ms word memiliki format berbeda dengan blogpost dan noteoad adalah format yang paling mendekati atau didukung di blogpost.


mungkin anda tertarik membaca tulisan saya cara cek artikel unik

Baca juga >>  cara menampilkan google maps diblog

2. mengedit dan menulis artikel daur ulang (remake)
artikel daur ulang atau remake adalah artikel yang pernah ditulis orang lain lalu anda membuatnya kembali, jika anda  menulis artikel semacam ini usahakan membuat sesuai dengan yang anda ketahui karena belum tentu yang di tulis orang lian itu benar, sebagai catatan jangan pernah meng copas dan mengedit artikel orang secara sembarangan apalagi langsung anda postkan ke blog anda tanpa anda modifikasi karena anda akan di anggap plagiat oleh mesin telusur dan paling bahaya tulisan anda bisa dianggap melanggar hak cipta.
alhamdulilah saya sendiri hampir tidak pernah mengcopas artikel orang lain kalaupun tanpa sengaja  saya melakukannya pasti yang saya ambil adalah informasinya bukan kata kata atau artikel nya. saya menghargai ilmu yang di berikaln oleh orang lain di internet karena saya juga merasakan sulitnya menulis dan menuangkan ide kedalam sebuah tulisan.
 
memposting

memposting adalah hal yang anda lakukan untuk membagikan atau share infomasi yang telah anda buat sebelumnya. berikut ini hal yang bisa anda lakukan sebelum memposting artikel anda

1. cek ulang artikel
hal ini di lakukan untuk menghindari kesalahan penulisan, mengganti kata kata kurang pantas, dan lain lain. sebenarnya pembaca anda akan memaklumi jika anda melakukan salah penulisan, tipo dll, sebatas tidak merubah maksud dari tulisan anda.
saya sendiri mengakui bahwa sering kali melakukan kesalahan penulisan, maka recek ulang artikel menjadi sangat penting untuk memperbaiki kesalahan penulisan tadi.

2. menambahkan atau mengurangi isi artikel
selain recek artikel anda juga bisa membaca ulang artikel anda sebelum memposting utnuk menambahkan penjelasan anda supaya lebih baik, atau mengurangi hal  hal yang anda anggap kurang perlu
silahkan baca juga 55 istilah yang sering digunakan dalam dunia blogging

akhir nya sampai pada akhir tulisan, bagaimana mudah kan ya cara menulis, mengedit, dan memposting artikel yang baik pada blog??
semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.
happy blogging.

Diposkan oleh Riski

Lulusan S1 informatika, bekerja sebagai fulltime blogger, content writter, dan android developer...
Berpengalaman bekerja dari sma, dan sekarang memilih menjalani usaha kecil kecilan..
pencinta musik folk, yang gemar membaca, menulis, dan membuat game...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.