Skip to content

Kesalahan Umum Blogger Yang Harus Di Hindari

Kesalahan Umum Blogger Yang akan saya sampaikan pada artikel ini berdasarkan pengalaman pribadi,berdasar kesalahan yang saya sendiri pernah lakukan selama menjadi blogger kurang lebih 10 tahunan. semoga bisa menjadi pelajaran dan pengalaman untuk teman teman dalam kegiatan blogging.

Apa Itu Blogging?

Blogging adalah kegiatan membuat, mempublikasikan, dan membagikan konten secara berkala melalui platform online, yang dikenal sebagai blog. Blog dapat berisi berbagai jenis konten seperti tulisan, gambar, video, dan interaksi dengan pembaca melalui komentar. Blogger biasanya menggunakan blog mereka untuk berbagi informasi, pemikiran, pengalaman, atau pandangan tentang topik tertentu. Blogging dapat menjadi bentuk komunikasi pribadi, pendidikan, atau bahkan monetisasi melalui iklan atau penjualan produk.

Apa Itu Blogger?

Blogger adalah platform yang dimiliki oleh Google yang memungkinkan individu dan pemilik bisnis untuk membuat dan mengelola blog secara online. Ini adalah salah satu platform blogging yang populer dan mudah digunakan, memungkinkan pengguna untuk membuat konten seperti tulisan, gambar, dan video, serta mempublikasikannya secara online. Blogger menyediakan alat untuk mengatur tata letak, menyesuaikan desain, dan mempublikasikan konten dengan mudah.

APA KEUNTUNGAN MENJADI SEORANG BLOGGER

Menjadi seorang blogger memiliki sejumlah keuntungan, terutama jika Anda berinvestasi waktu dan usaha untuk mengembangkan blog dengan baik. Berikut adalah beberapa keuntungan menjadi seorang blogger:

  1. Ekspresi Diri: Blogging memberi Anda platform untuk berbagi pemikiran, pandangan, dan pengalaman pribadi. Ini memungkinkan Anda untuk mengekspresikan diri dan berbicara tentang hal-hal yang Anda pedulikan.
  2. Pertumbuhan Pribadi: Menulis secara konsisten dapat membantu meningkatkan keterampilan komunikasi Anda. Anda akan belajar bagaimana merangkai kata-kata dengan baik, menyusun argumen, dan mengartikulasikan ide-ide Anda.
  3. Pengaruh dan Pengaruh: Jika Anda mampu membangun audiens yang setia, blog Anda bisa memiliki pengaruh positif terhadap orang lain. Anda bisa berkontribusi pada diskusi, berbagi pengetahuan, dan menginspirasi orang lain.
  4. Pengembangan Jaringan: Blogging bisa membuka pintu untuk berkenalan dengan orang-orang baru dalam industri atau bidang yang Anda tulis. Ini membantu Anda memperluas jaringan sosial dan profesional Anda.
  5. Monetisasi: Jika Anda berhasil membangun audiens yang cukup besar, blog bisa menjadi sumber penghasilan. Anda dapat menghasilkan uang melalui iklan, afiliasi, penjualan produk atau jasa, atau bahkan mengajukan proposal kerjasama dengan merek.
  6. Peningkatan Keterampilan Teknologi: Mengelola blog memerlukan pemahaman tentang alat dan teknologi online, yang dapat meningkatkan keterampilan teknologi Anda.
  7. Belajar Terus-Menerus: Menulis tentang topik tertentu memaksa Anda untuk terus belajar dan menggali informasi baru. Ini dapat membantu Anda tetap diperbarui tentang tren, penelitian, dan perkembangan dalam bidang yang Anda minati.
  8. Pengembangan Portofolio: Bagi individu yang tertarik dalam bidang seperti jurnalisme, penulisan kreatif, atau desain, blog bisa menjadi cara untuk membangun portofolio yang kuat.
  9. Memajukan Karier: Jika blog Anda berfokus pada industri tertentu, bisa menjadi alat untuk menunjukkan pengetahuan dan kepakaran Anda di bidang tersebut. Ini dapat membantu Anda mendapatkan peluang profesional lebih baik.
  10. Keterlibatan dengan Komunitas: Blogging dapat membantu Anda terhubung dengan komunitas yang memiliki minat serupa. Ini dapat meningkatkan rasa keterikatan dan membantu Anda belajar dari orang lain.

Kesalahan Umum Blogger

kesalahan yang paling sering dilakukan oleh blogger pemula serta cara mengatasi
kesalahan yang paling sering dilakukan oleh blogger pemula serta cara mengatasi

Terdapat beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan oleh para blogger, terutama oleh mereka yang baru memulai. Berikut adalah beberapa contoh kesalahan tersebut:

Konten Tidak Berkualitas

Membuat konten hanya untuk memenuhi jadwal tanpa memperhatikan kualitas bisa merugikan blog Anda. Konten yang tidak bermutu atau tidak informatif dapat membuat pembaca kehilangan minat.

cara mengatasinya adalah dengan memperbanyak konten dan artikel yang dicari pengunjung. jangan terlalu terfokus pada penampilan karena pengunjung membuka situs anda bukan hanya ingin melihat seberapa cantik situs anda, tetapi lebih karena mencari informasi yang dibutuhkan.

Kurang Konsisten

Tidak memiliki jadwal posting yang konsisten bisa membuat pembaca kesulitan mengikuti blog Anda. Konsistensi dalam memposting membantu membangun pengunjung yang setia. tetaplah fokus pada apa yang anda tawarkan pada situs anda, dengan konten yang baik yang anda tawarkan maka pengunjung akan datang dengan sendirinya. dengan menggunakan sedikit bantuan dari mesin telusur tentunya.

Tidak Mengoptimalkan untuk SEO

Tidak Mengoptimalkan SEO adalah sebuah kesalahan, hal ini karena seo berpengaruh langsung pada kinerja sebuah website. Tidak mengoptimalkan konten Anda untuk mesin pencari dapat mengurangi visibilitas blog Anda. Menggunakan kata kunci yang tepat, membuat deskripsi meta yang relevan, dan memperhatikan struktur URL yang baik dapat membantu meningkatkan peringkat SEO.

Tata Letak dan Desain Buruk

Blog dengan tata letak yang tidak rapi atau desain yang membingungkan dapat menghalangi pembaca. Pastikan blog Anda mudah dinavigasi, tampilan visualnya menarik, dan komponennya terorganisir dengan baik. Jangan berlebihan mengedit template mengatur tata letak, membuat navigasi, menambahkan plugin yang sebenarnya kurang perlu untuk blog dan akhirnya malah membuat loading semakin berat.

kurangi gedget yang terlalu banyak dan kurang dibutuhkan untuk meringankan loading webpage anda, gunakan template responisive untuk membantu kinerja situs anda..

Tidak mampu Memahami Target Audiens

Tidak memahami siapa target audiens Anda dan apa yang mereka butuhkan dapat menyebabkan konten yang tidak relevan. Usahakan untuk menyesuaikan topik dan gaya penulisan Anda dengan preferensi audiens Anda.

Tidak Mempromosikan Konten

Membuat konten yang bagus saja tidak cukup. Anda perlu mempromosikan konten Anda melalui media sosial, email, dan saluran lainnya untuk menjangkau lebih banyak pembaca potensial.

Tidak Mempertimbangkan Mobile Responsiveness

Saat ini lebih banyak orang mengakses konten melalui perangkat mobile. Jika blog Anda tidak responsif terhadap berbagai perangkat, Anda mungkin kehilangan banyak pembaca.

Tidak Berinteraksi dengan Pembaca

Tidak merespons komentar pembaca atau memberikan cara bagi mereka untuk berinteraksi dengan Anda dapat mengurangi keterlibatan pembaca.

Tidak Mengukur dan Menganalisis Kinerja

statistik memang diperuntukkan untuk membantu kita memantau perkembangan situs kita tapi alangkah baiknya jika kita tidak hanya terpaku dengan tingginya jumlah visitor. Tidak menggunakan alat analitik untuk memantau kinerja blog dapat membuat Anda kehilangan kesempatan untuk memahami apa yang berfungsi dan tidak berfungsi dalam strategi blogging Anda.

terlalu dini mendaftar adsense

Adsense adalah program kerjasama yang menawarkan pemilik situs menjadi publisher iklan, setiap iklan yang di klik oleh pengunjung maka google adsense akan membayar anda sebagai pemilik situs.
nah kesalahan yang sering dilakukan oleh blogger pemula adalah mendaftarkan blognya terlalu dini ke google adsense dan alhasil si blogger pemula akan mendapat balasan pahit dar google adsense karena lamaran di tolak dan menurunkan minat dan semangatnya untuk blogging.

terlalu memikirkan penghasilan

Tidak ada salahnya memang jika anda ingin mendapatkan penghasilan dari situs anda. apalagi jika anda bisa jadikan sebagai tambahan biaya blogging, karena blogging juga membutuhkan biaya.
tapi jika dari awal hanya memikirkan penghasilan maka jika anda tidak kunjung mendapat penghasilan malah membuat semangat blogging anda hilang. Tunggulah situs anda benar benar siap, datangkan pengunjung organik dan bangun trafik situs anda tetap baik di mata google maka jika anda merasa telah siap mendaftarkan situs anda sudah tidak sulit lagi.

Tidak Belajar dan Berkembang

Lingkungan digital terus berubah. Tidak terus belajar dan beradaptasi dengan tren dan perubahan baru dapat membuat blog Anda ketinggalan zaman.

Kesimpulan

penting untuk diingat bahwa sukses dalam blogging memerlukan waktu, konsistensi, dan upaya yang konsisten. Tidak semua orang akan mencapai tingkat pengaruh atau penghasilan tertentu, tetapi pengalaman dan manfaat pribadi tetap menjadi daya tarik utama menjadi seorang blogger. Mungkin hanya itu yang bisa saya bagikan, semoga bermanfaat, Semoga bermanfaat

2 thoughts on “Kesalahan Umum Blogger Yang Harus Di Hindari”

Komentar yuk!

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tags: