Cara Mendapatkan Modal Dari Pemerintah Lewat PNM

Cara Mendapatkan Modal Dari Pemerintah Lewat PNM

Seperti yang terjadi pada masyarakat dewasa ini, banyak sekali ibu rumah tangga usia produktif yang hanya mengandalkan gaji suami yang kadang hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari hari..
Saat ditanya kenapa tidak mencoba membuka usaha, hampir setiap ibu ibu menjawab dengan jawaban yang sama yaitu tidak memiliki modal untuk memulai usaha. Nah maka dari situlah pemerintah membentuk unit usaha pemodalan dan peminjaman yang mana pinjaman ini dikhususkan untuk ibu rumah tangga yang ingin berwirausaha.

Sebelumnya pengertian PNM sendiri yaitu adalah Pemodalan Nasional Madani (PNM).

Kelebihan tersendiri yang ditawarkan Pemodalan PNM yaitu antara lain :

1.Suku bunga yang di tawarkan sangat rendah yaitu berkisar antar 1% sampai 2% dari total pinjaman yang di ajukan. Bayangkan betapa kecilnya bunga yang di tawarkan, bahkan hampir menyaingi pinjaman dari bank BRI?

2.Syarat pengajuan terbilang sangat mudah
Kelebihan kedua dari pemodalan yang satu ini yaitu syarat pengajuan yang mudah, anda tidak perlu susah susah mencari ini itu untuk syara karena syara yang dibutuhkan untuk melakukan pembiayaan ini hanyalah foto copy ktp, anda memiliki anggota setidaknya terdiri dari 10 orang ibu rumah tangga. Dan bertinggal domisili.

Pemberian pinjaman pembiayaan biasanya diberikan perkelompok, yang dimana setiap kelompok terdapat antara 10 – 15 orang ibu rumah tangga yang salah satunya akan berperan sebagai penanggung jawab (ketua kelompok).

PNM menargetkan pinjaman khususnya pada usaha rumahan dari kalangan pelaku Unit Usaha Mikro, kecil dan Menengah (UMKM).

Sistem pembayaran yang diajukan oleh PNM sangat fleksibel dan menyesuaikan kemampuan dari daya bayar dari nasabah itu sendiri, bisa sistem pembayaran bulanan atau bahkan mingguan. Tetapi lebih di anjurkan mingguan karena akan meringankan beban nasabah. Biasanya untuk pinjaman setahun satu minggunya hanya dikenakan setoran sekitar 50 ribu.

Cara Mengajukan Pembiayaan Modal Pada PNM

 

1.Mengajukan Permohonan Pembiayaan

Hal pertama yang harus anda lakukan untuk mengajukan pembiayaan adalah dengan mendatangi kantor cabang PNM didaerah anda atau biasanya juga anggota pnm akan berkeliling kedesa desa untuk memberikan sosialisasi sampai ketingkat RT dan RW hal ini di maksudkan untuk menjangkau seluruh lapisan masyarakat mulai dari yang terbawah. Pastikan Anggota anda cukup untuk mengajukan pembiayaan, yaitu minimal 10 orang untuk satu kelompok.

Baca juga >>  Hal Yang Wajib Dilakukan Sebelum Membuka Usaha

2. Pihak PNM akan mensurvei kelayakan

Setelah pengajuan pembiayaan anda diterima biasanya pihak PNM akan mendatangi rumah setiap anggotanya untuk melakukan survei terkait usaha anda hal ini dilakukan untuk menghindari penyalah gunaan pinjaman.

3. Bimbingan

setelah anda disetujui biasanya kelompok anda akan mendapatkan pembimbingan selama 5 hari untuk memberikan anda pembekalan ilmu dan juga pengetahuan yang mungkin di perlukan. dan hari keima Kepala cabang pihak PNM akan memberikan keputuwan tekait pencairan dana.

4. Pencairan

Setelah anda melewati masa pelatihan sekarang saatnya modal anda akan dicairkan, disinilah saatnya anda mempersiapkan untuk apa saja uang yang anda perlukan, pastikan menggunakan modal yang anda dapatkan sesuai dengan perjanjian, yaitu untuk memulai usaha anda.

5. Setoran

Anda diwajibkan melakukan penyetoran pembayaran kredit sesuai dengan kesepatakan yang telah ditentukan. Jika terdapat satu anggota yang kabur maka anggota lain diharuskan menutupi setoran anggota tersebut dengan cara iyuran (tanggung renteng). hal ini dilakukan karena pinjaman yang di berikan oleh PNM sama sekali tidak menggunakan jaminan

Persayaratan Pengajuan Modal di PNM :

Sebagai Lembaga Resmi pemerintah PNM mensyaratkan anda persyaratan yang wajib anda siapkan, antara lain :

  • Perempuan
  • modal Kerja Untuk Usaha atau Membuka Usaha
  • Usia calon peminjam setidaknya 18-55 tahun
  • Kelompok minimal 10 orang
  • hadir dan setor sendiri saat kolektif mingguan (pembayaran cicilan)
  • KTP atausurat lain

Mungin hanya itu saja yang bisa saya terangkan untuk lebih jelasnya anda bisa langusng menatangi kantor resmi PNM yang anda didaerah anda.

Sekian artikel saya kali ini semoga bermanfaat, dan semoga sukses dengan usaha anda.
Salam dari berwirausaha 🙂

Diposkan oleh Riski

Lulusan S1 informatika, bekerja sebagai fulltime blogger, content writter, dan android developer...
Berpengalaman bekerja dari sma, dan sekarang memilih menjalani usaha kecil kecilan..
pencinta musik folk, yang gemar membaca, menulis, dan membuat game...

18 Komentar

    1. untuk nomor kantor mekar itu tergantung tempat domisili kita ya, karena mekar memiliki banyak cabang dan nomor tiap-tiap cabang itu berbeda-beda. saran saya coba cari informasi dulu kira2 didaerah sampean sudah pembukaan perusahaan pnm atau belum.

  1. Istri sy sdh mau dapat pinjaman yg ke 2 tp kenapa di permasalahkan mengenai ktp?karena memang sy dan istri blm memiliki ktp di tempat tinggal yg sekarang.pertanyaan sy kenapa di saat pinjaman yg ke 2 kali ini di pertanyakan soal ktp bahkan sebelumnya istri sy sdh memberikan surat keterangan domisili dr pejabat setempat.terima kasih

  2. Kalo istri kita tdk sekolah tinggi dan tdk mengerti soal ini apa bisa diwakilkan suaminya? Yg pinjam tetap atas nama istri tapi suami yg bayar tiap minggunya

  3. D daerah sy bln 10 ini k 3 x nya cair..yg sy mw tanyakan ..knp d pinjaman kedua tdk d samaratakan seperti pinjaman pertama..?
    Ini sllu biat ribut dampak nya d desa km tdk ad kekompakan..klo boleh tw sebab nya ap ? N peraturarnnya gmn sih ? .
    Tlg donk karyawan pnm jawab.
    Krn klo beda2 cair nya d 10 ini km yg d kasi pinjaman rendah gak mw ikut lg.

  4. Assalamualaikum pak bu, ada ketua Mekaar (mungkin, aku gatau nmanya apa) pkoknya dia anggota mekaar. Datang ke tmpat kerja sy buat nagih setoran nasabahnya yang jg sodara sy. Kaka ipar, statusnya dia memang kabur, makanya anggota mekaar itu ke tmpt sy buat nagih. Apa itu perbuatan yg benar? Soalnya dia marah2 sm sy, dan udh 2x ini dateng ke tmpat kerja sy jg. Sy ngerasa keganggu karna dia nagih2 sy di dpn orang… Mohon penjelasannya, apa itu tanggung jwb saya? Toh waktu proses peminjaman sy gatau gmn2… gaada perjanjian kalau itu menjadi tanggung jwb saya.

    Terima kasih, mohon jawabannya ya pak bu…

    1. salah satu syarat peminjaman adalah membuat kelompok 10 orang+. berdasarkan asas tanggung renteng maka yang berkewajiban membayar utang kaka ipar anda adalah anggota kelompok yang bersama kaka ipar anda. jika anda tidak masuk kedalam kelompok peminjaman, maka anda tidak berkewajiban membayarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.