23 Juni 2016

mencoba usaha dengan menjual jajanan khas daerah

Setelah mencari cari ide peluang usaha yang lebih kreatif dan tidak mudah di duplikasi, akhirnya berwirausaha menemukan sebuah ide untuk memberikan anda gambaran bisnis apa yang diminati saat ini tapi tidak mudah di tiru oleh saingan.
Nah akhirnya kami memutuskan untuk merekondasikan peluang usaha dengan menjual jajanan khas daerah.

sebelumnya apa yang di maksud dengan jajanan khas?


jajanan khas biasanya adalah makanan, cemilan, atau minuman yang bisa mewakili daerahnya.

jadi begini penggambarannya, setiap ada yang mengucapkan makanan atau jajanan tersebut orang langsung akan mengerti dari mana jajanan tersebut didapatkan.
contohnya saat anda mendengar kata gudek, pasti anda akan langusng memikirkan daerah jogjakarta.nah sebegitu kuatnya jajanan khas dibenak masyarakat sehingga jajanan khas ini sangat cocok dijual  didaerah sesuai asalnya.
tapi dalam beberapa kasus ini justru menjadi peluang usaha untuk daerah lain yang tidak banyak dijual jajanan serupa, contohnya anda menjual gudek pada daerah Bandar lampung, berapa banyak saingan anda yang juga menjual makanan khas ini.?

berikut ini beberapa makanan khas yang sudah sangat dikenali dimasyarakat.

1. dodol betawi

peluang usaha dengan menjual jajanan khas daerah

seperti namanya dodol betawi adalah makanan yang berasal dari betawi makanan ini sangat identik dengan rasa manis, kenyal dan enak.

2. gudeg jogja

makanan yang satu ini sebenarnya adalah makanan khas Yogyakarta dan Jawa Tengah yang
terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Perlu waktu
berjam-jam untuk membuat masakan ini. Warna coklat biasanya dihasilkan
oleh daun jati yang dimasak bersamaan. gudek memiliki ciri yang manis sesuai dengan lidah orang jawa yang sangat menyukai rasa manis.

3.Empek empek palembang

Pempek palembang adalah salah satu makanan khas Palembang

yang terbuat dari ikan yang dihaluskan dan sagu, serta bebera0pa komposisi lain. makanan ini sangat terkenal dan didaerah lingkungan saya ada beberapa penjual makanan ini dan tidak pernah sepi dari pembeli,
lah ini di karena kan empek empek palembang sangat digemari oleh masyarakat.

Baca juga >>  jangan sepelekan keuntungan Usaha Makanan Dari Singkong

4.Serabi Bandung

Surabi khas Bandung adalah makanan yang terbuat dari tepung, mirip dengan pancake. Bedanya adalah surabi dibuat dengan cara dibakar diatas tungku dan adonannya sangat tebal. makanan ini termasuk makanan yang saat ini paling banyak di gemari oleh segala kalangan.

5. kue putu

adalah jenis makanan Indonesia berupa kue biasanya berwarna hijau yang berisi gula jawa atau gula merah halus dan parutan kelapa, tepung beras butiran kasar. Kue ini di kukus dengan diletakkan di dalam tabung bambu yang sedikit dipadatkan dan dijual pada saat matahari terbenam sampai larut malam. Suara khas uap yang keluar dari alat suitan ini sekaligus menjadi alat promosi bagi pedagang yang berjualan.

dan banyak lagi….

Hal hal yang mempengaruhi Kesuksesan Berjualan Makanan Khas Daerah

1. Lokasi
pemilihan lokasi menjadi penentu utama sukses tidaknya usaha anda, semakin ramai tempat dagang anda tentunya akan semakin besar pula minat beli masyarakat pada dagangan anda.

2. Kekuatan Brand
brand yang terkenal atau makanan yang sudah sangat dikenali masyaraka akan lebih mudah diterima dibandingkan anda memperkenalkan makanan baru, tapi ingat inovasi juga sangat di perlukan untuk memajukan usaha anda kedepannya.
jangan takut untuk berinovasi karena dengan inovasi justru bisa menarik minat pengunjung.

3. promosi
Media promosi saat ini sudah serba ada, begitu banyak pilihan yang bisa anda gunakan untuk mempromosikan dagangan anda, mulai dari yang gratis sampai yang mengeluarkan biaya.
contoh media gratis yang bisa anda gunakan untuk mempromosikan dagangan anda adalah facebook, instagram, twitter, dan media sosial lain nya.

4. Pelayanan
pelayanan yang baik akan membuat pelanggan betah kembali dan membeli dagangan anda.
pelayanan menjadi penting karena pembeli  selalu memilih toko yang melayani kostumernya dengan baik, maka jika anda ingin mendapatkan langganan banyak layanilah pelanggan anda sebaik mungkin.
jika perlu berikan pelayanan khusus yang membuat pelanggan merasa dimanjakan seperti pesan antar gratis dan lain lian.

SHARE:
kuliner 0 Replies to “mencoba usaha dengan menjual jajanan khas daerah”
Riski
Lulusan S1 informatika, bekerja sebagai fulltime blogger, content writter, dan android developer... Berpengalaman bekerja dari sma, dan sekarang memilih menjalani usaha kecil kecilan.. pencinta musik folk, yang gemar membaca, menulis, dan membuat game...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.