27 Juli 2016

Pengalaman Usaha Pecel Lele Pinggir Jalan dan Bagaimana Memulainya

usaha pecel lele

Apakah anda sering makan pecel lele dipingir jalan? Saya yakin Setiap orang pasti pernah merasakan makan pecel lele pinggir jalan.
Nah kali ini berwirausaha.net akan berbagi seputar peluang usaha berjualan pecel lele pinggir jalan.

Pecel lele merupakan makanan yang berupa ikan lele goreng atau bakar yang dimakan bersama dengan sambel biasanya terasi dan diengkapi dengan lalapan.

Pecel lele  bisa dibilang sebagai usaha yang cukup menjanjikan, terbukti dari warung warung pecel lele baik pinggir jalan maupun restoran besar yang biasanya ramai dikunjungi pembeli.
Anda juga bisa bercontoh dari salah satu restoran pecel lele yang sukses yaitu pecel lele lela. Pecel lele lela saat ini memiliki banyak sekali cabang yang tersebar diberbagai daerah dan menurut informasi pecel lele lela bisa menghasilkan omset yang mencapai puluhan bahkan ratusan juta setiap harinya dan sekitar 8.2 milyar setiap bulannya.
Restoran yang memiliki karyawan  tidak kurang dari 500 karyawan dimiliki oleh seorang wairausahawan muda bernama rangga umaraberusia 31 tahun berasal dari bandung.


Selain menggiurkan usaha kuliner lele memiliki beberapa keunggulan yang bisa dijadikan pertimbangan jika anda membuka usaha pecel lele, diantaranya:

    1. Diminati semua kalangan
    2. Sudah dikenal baik dimasyarakat
    3. Bahan baku mudah didapatkan
    4. Harga yang terjangkau semua kalangan dan masih banyak lagi.

Bagaimana cara membuat pecel lele yang enak?

  • lele di bersihkan/di beteti terlebih dahulu dan di buang insangnya.
  • selanjutnya di renda, dalam larutan air garam secukupnya kira kira 5 menit.
  • kemudian lele goreng hingga kering.

bahan sambel :

  • panggang terasi hingga wangi.
  • siapkan bumbu sambel lainnya juga seperti cabai 4 sampai 5 biji, cabe merah ukuran sedang 2 biji, tomat/rempai 3 atau 4 biji, gula aren/gula merah, penyedap rasa/micin.

cara membuat sambel pecel lele yaitu :

  1. ulek cabe, terasi, gula, dan micin hingga lembut.
  2. setelah itu tambahkan tomat/rempai lalu ulek kembali hingga halus.
  3. anda juga bisa menambahkan gula putih sedikit untuk menambah cita rasa manis pada sambel jika anda suka manis.

setelah semua selesai lele siap di santap dengan sambel, jangan lupa siapkan juga lalapan agar semakin mantap.




Tips jika hendak membuka usaha kuline pecel lele

1. Lokasi

Lokasi menjadi faktor penentu sukses tidaknya usaha anda, kenapa?
Jika kita belajar dari kesuksesan yang diraih pecel lele lela Ternyata pecel lele lela juga tidak langsung ramai dan sempat sepi pada 5 bulan pertama baru setelah lokasi nya berpindah pecel lele lela mengalami perkembangan signifikan, dan sukses seperti sekarang.

Baca juga >>  Peluang Usaha Kuliner Bakso Yang Menguntungkan

2. Penyajian

Kenapa Penyajian menjadi tips yang penting? Hal ini dikarenakan bukan cuma rasa menjadi faktor sukses tidaknya usaha pecel lele anda. Tetapi lebih kepenampilan dan penyajian. Hal ini bisa anda

3. Kreatifitas

Dilihat dari segi usahanya lele ya begitu begitu saja, maka anda perlu berinovasi untuk mendapatkan perhatian dari konsumen dibanding pecel lele lainnya.
Inovasi ini bisa dalam segi banyak hal, misal penyajian, varian rasa, sambel lokasi dan lain lain.

4. Visi Misi usaha

Usaha apapun harus memiliki visi misi yang jelas untuk bisa berkembang, karena tanpa visi dan misi usaha anda akan stuck dan tidak mengalami perkembangan.

5. Brand

Brand atau merek menjadi penting karena semakin dikenal brand anda semakin dipercaya produk anda secara otomatis akan meningkatkan konsumen anda.

6. Pemasaran

 Pemasaran menjadi penting karena untuk memperkenalkan usaha anda kepada calon konsumen anda, anda bisa memanfaatkan berbagai media tentunya seperti media lokal. Media sosial dan iklan.

7. Layanan

 Penting untuk melakukan ini karena kunci kesuksesan ada di tangan pelangganan, jadi berikan pelayanan terbaik kepada pelanggan anda, misalnya seperti pesan antar diskon mengadakan event di restoran dan lain lain.

Bagaimana Memulainya

  1. pertama anda harus mengetahui dulu sistem keuntungannya, anda lakukan perhitungan diatas kertas
  2. kedua anda harus mengerti bagaimana objek pasar anda
  3. anda harus tau apa saja yang diperlukan untuk memulai usaha pecel lele ini
  4. memiliki modal
  5. memiliki modal, tekat, keberanian, dan keuletan 

Sharing Pengalaman

Sekitar 5 tahun lalu saya ikut kakak saya merintis usaha pecel lele yang sampai saat ini masih dijalankan kakak pecel lele icak namanya, usaha ini murni berasal dari pinjaman karena dulu kakak saya cuma penjual es balon keliling dengan nampan dan tidak memiliki modal sama sekali, diawali dengan membuka tenda pinggir jalan, dan berbagai pengalaman baik pahit dan manis pernah dirasakan mulai dari tenda roboh ditiup angin, sampai nasi yang utuh terbuang sia sia saat tidak ada pembeli dikarenakan hujan lebat.
Beberapa saat kemudian ada kesempatan menyewa ruko yang ditinggalkan oleh warung lele sebelumnya, bermodal nekat dengan pinjam kesana kesini akhirnya bisa pindah ketempat dagang yang lebih baik dan seiring berjalannya waktu alhamdulilah saat ini sudah bisa menggaji 2 orang karyawan.

Mungkin hanya itu dulu yang bisa berwirausaha.net bagikan kali ini, semoga bermanfaat dan sukses selalu dengan usaha anda.

SHARE:
kuliner 0 Replies to “Pengalaman Usaha Pecel Lele Pinggir Jalan dan Bagaimana Memulainya”
Riski
Lulusan S1 informatika, bekerja sebagai fulltime blogger, content writter, dan android developer... Berpengalaman bekerja dari sma, dan sekarang memilih menjalani usaha kecil kecilan.. pencinta musik folk, yang gemar membaca, menulis, dan membuat game...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.