24 Juli 2016

Penghasilan dari bisnis Telur Asin Lengkap Cara Pembuatannya

usaha telur asin

Telur asin merupakan salah satu kuliner yang biasa dihidangkan pada meja rumah makan atau lestoran.
Dan pada kesematan kali ini berwirasuaha.net ingin menglas tentang peluang usaha telur asin yang menjanjikan.

Telur asin sendiri merupakan kuliner yang memiliki rasa yang khas antara asin dan gurih sangat cocok dijadikan makanan pembuka atau makanan penutup.

Usaha pembuatan telur asin sendiri merupakan usaha kecil menengah yang cocok dikerjakan oleh siapa saja termasuk ibu rumah tangga, dan sangat cocok dijadikan sebagai bisnis sampingan.
Sebenarnya usaha telur asin memiliki potensi yang cukup menjanjikan jika dikelola dengan serius terbukti dari beberapa daerah yang berhasil menjadi sertral penghasil telur asin terbesar untuk saat ini yang berhasil mengekspor telur asin keberbagai daerah lain.

Kelebihan telur asin

  • Telur memiliki kandungan nutrisi dan protein tinggi yang baik bagi kesehatan.
  • Telur asin awet berhari-hari merupakan salah satu keuntungan karena tidak takut menjadi rusak dan busuk basi seperti jenis makanan biasa.


Keuntungan Usaha Telur Asin

Usaha telur asin memiliki beberapa keuntungan yang bisa dijadikan pertimbangan diantaranya, sebagai berikut :

  1. Modal Kecil menjadi Kelebihan utama dari usaha usaha telur asin adalah modal yang dibutuhkan tergolong kecil. modal terbesarnya justru terletak pada pembelian telur sebagai bahan yang akan dijadikan telur asin. Sedangkan untuk bahan bahan pembuatan lainnya bisa dipergunakan ulang sehingga akan menghemat biaya tentunya.
  2. Kelebihan selanjutnya binis telur asin yaitu terleak pada Proses dalam Pembuatan telur asin termasuk mudah dan tidak menyita waktu serta tenaga.
     
  3. Kemudahan dalam mendapatkan bahan baku utama yaitu telur menjadi catatan tersendiri saat anda hendak memilih membuka usaha yang satu ini.

CARA MUDAH MEMBUAT TELUR ASIN

1. Memilah telur

Proses pemilihan telur yang baik dilakukan untuk mendapatkan telur yang berkwalitas. Hal ini dilakukan dengan cara merendam telur kedalam air dan jika telur tenggelam menandakan telur dalam kwalitas baik begitu sebaliknya, jika mengambang berarti kwalitas telur kurang baik.

2. Membersihkan Telur

Cara ini dilakukan untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada telur.

3. PROSES PEMBUATAN

Ada dua cara berbeda dalam membuat telur asin yaitu dengan merendam dalam bubuk batu bata atau tanah liat, atau yang kedua bisa juga dengan menggunakan air garam.

Cara pertama dengan Tanah liat atau bubuk bata.

Untuk cara yang pertama sangat cocok untuk pembuatan telur asin jumlah besar. Berikut cara pembuatannya :

  1. Campurkan garam dan bubuk batu bata lalu berikan air secukupnya  dan aduk hingga mendapatkan adonan yang lembek.
  2. Kemudian telur tersebut dibungkus dengan adonan tanah liat atau dan bubuk bata disekelilingnya sehingga menyerupai bulatan seperti bola dengan ketebalan kira-kira 2 cm.
  3. Kemudian simpan dalam waktu sekitar 2 mingguan.
  4. semakin lama proses penyimpanan juga boleh untuk mendapatkan telur yang lebih awet dan lebih asin.
Baca juga >>  memulai usaha warung makan bebek penyet

Cara kedua Dengan Menggunakan Larutan Air Garam

  1. Siapkan wadah berupa baskom atau ember lalu masukkan air hangat dan garam ke dalamnya.Siakan Telur yang akan dijadikan telur asin. Maksud penggunaan air hangat adalah supaya garam lebih cepat larus dari pada menggunakan air dingin.
  2. Biarkan larutan tersebut beberapa saat sampai air menjadi dingin, masukkan air larutan ke dalam baskom atau ember lain yang berisi telur bebek.
  3. Untuk mendapatkan air hasil yang baik maka usahakan semua telur terendam dalam air dan jangan ada yang mengambang. Bisa diberikan pemberat diatasnya untuk menahan telur agar tidak mengambang (masa jenis air garam lebih tinggi dari telur jadi kemungkinan telur akan naik ke permukaan). Gunakan pemberat yang lembut seperti kantong berisi air yang tidak akan membuat telur terhimpit terlalu keras yang dapat menyebabkan retak dan rusak.
  4. rendam telur didalam larutan air garam selama beberapa hari, perkiraan untuk mendapatkan telur yang bagus minimal sekitar 2 minggu untuk merendam telur telur tersebut.

4. PROSES PEREBUSAN

Jika menggunakan metode bubuk batu bata maka telur terlebih dahulu dibersihkan dari bungkusan batu batu baru kemudian direbus, proses ini di maksudkan untuk membersihkan sisa yang menempel dari hasil perendaman.
Perhatikan untuk proses ini, gunakan api yang kecil atau sedang untuk proses perebusan agar air tidak mendidih dan mengeluarkan gejolak karena dapat menyebabkan telur bergerak dan saling beradu. Ini dapat membuat telur rusak pecah atau rusah. Cukup dengan api kecil dan rebus dalam waktu 1 – 1,5 jam.
Setelah itu angkat telur asin dan tiriskan, telur telur ini sudah matang dan siap untuk dimakan atau dijajakan.

Untuk telur yang direndam larutan garam bisa langusung diambil untuk direbus.

Tips Dalam Usaha Telur Asin

  1. Pasarkan Telur asin anda diberbagai warung makan jangan lupa beri stampel produk nama usaha anda untuk telur asin anda agarbanyak dibaca oleh orang yang hendak memakan telur asin anda.
  2. Pastikan memilih telur yang berkwalitas agar konsumen puas dengan telur asin buatan anda.
  3. Pasarkan secara online agar produk anda lebih dikenal dan jangkauan pemasaran anda lebih luas.

Mungkin hanya itu dulu yang bisa berwirasuaha.net bagikan kali ini tentang peluang usaha telur asin semoga bermanfaat dan semoga sukses dengan usaha anda.

SHARE:
kuliner 0 Replies to “Penghasilan dari bisnis Telur Asin Lengkap Cara Pembuatannya”
Riski
Lulusan S1 informatika, bekerja sebagai fulltime blogger, content writter, dan android developer... Berpengalaman bekerja dari sma, dan sekarang memilih menjalani usaha kecil kecilan.. pencinta musik folk, yang gemar membaca, menulis, dan membuat game...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.