keuntungan dari Budidaya Ayam Cemani Dan Cara memulainya

0
62
Peluang Usaha Budidaya Ayam Cemani Dan Cara Ternak

Apakah anda pencinta ayam?
jika iya apakah anda tau atau pernah melihat ayam cemani?
Nah pada kesempatan kali ini berwirausaha.net akan mengulas mengenai peluang usaha ternak ayam cemani dan bagaimana proses budidayanya, serta mengupas tentang prospek usahanya.

apa yang dimaksud dengan ayam cemani?

Ayam cemani memiliki arti ayam hitam legam, yaitu merupakan jenis ayam langka yang keseluruhan bagian tubuhnya berwarna hitam pekat, mulai dari bulu, warna kulit, tulang, mata, bahkan darah pun berwarna merah lebih ke hitam kental.

Untuk apa sih ayam cemani itu?
Sama seperti jenis ayam lain sebenarnya ayam cemani bisa dikonsumsi dan rasanya pun sama nikmatnya dengan daging ayam biasa, tapi karena kelangkaannya kebanyakan pemilik ayam ini menjadikan ayam cemani sebagai ayam peliharaan.
Dan juga ayam ini biasa digunakan sebagai persyaratan ritual adat karena ayam ini dipercaya mengandung kekuatan mistis, meskipun itu hanya sekedar mitos dan belum bisa dibuktikan kebenarannya.

Kenapa warna ayam cemani bisa berwarna hitam pekat?
Sebenarnya warna hitam yang terjadi pada ayam cemani disebabkan oleh kelainan genetik yang disebut fibermelanosis dan bukan karena hal hal gaib yang masih banyak dipercaya oleh sebagian orang.

Apa perbedaan ayam cemani dan ayam biasa?
Secara keseluruhan ayam cemani sama saja dengan ayam kebanyakan (ayam biasa) , hanya saja perbedaan paling mencolok terletak pada warna ayam cemani yang seluruh tubuhnya berwarna hitam pekat.

Kenapa budidaya ayam cemani bisa menguntungkan?
ayam cemani merupakan ayam yang memiliki harga super tinggi bahkan dari beberapa info yang berwirausaha.net dapatkan, untuk satu ekor ayam cemani harganya bisa mencapai 2,5 juta bahkan lebih. Waw sungguh harga yang fantastis kan?
Hal ini terutama disebabkan oleh langka dan sulitnya ayam cemani ditemukan, selain itu binatang ini sering dicari pencinta ayam untuk dijadikan sebagai binatang hias.

Bagaimana Cara mendapatkan ayam cemani?
Ayam cemani biasanya diperoleh dan dihasilkan dari indukan yang memiliki gen ayam cemani, kita tidak bisa memastikan jika induknya cemani dan jagonya cemani akan menghasilkan 100% keturunan anak ayam cemani juga, tetapi kemungkinan nya akan selalu ada, sehingga cara paling mudah mendapatkan ayam cemani adalah dengan mengawinkan dua ayam cemani.

Lalu bagaimana dengan proses perawatan dan pemberian makan ayam cemani?
Satu hal yang perlu diketahui jika merawat ayam cemani sebenarnya sama saja dengan merawat ayam pada umumnya yaitu :

  1. Membuatkan kandang
  2. Memberikan pakan dan mnum secara teratur
  3. Memberikan faksin
  4. Memberikan sarangan untuk bertelur
  5. Dan menjaga kebersihan kandang

Catatan :
Ada beberapa situs yang menyebutkan jika cara mendapatkan ayam cemani yaitu dengan cara memberi makanan ayam dengan cumi dan ketan hitam itu merupakan sesuatu yang belum bisa benar benar di buktikan, bahkan bisa dibilang tidak masuk diakal jika dipikir dengan logika.
cara satu satunya yang mungkin dilakukan untuk memperoleh keturunan cemani yaitu dengan menggunakan indukan cemani yang nantinya akan mewariskan gen serta keturunan ayam berwarna hitam.

Mungkin hanya itu dulu yang bisa berwirausaha.net bagikan kali ini tentang peluang bisnis ternak ayam cemani, semoga bermanfaat dan sukses selalu dengan usaha anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.