ngintip budidaya kepiting bakau dan cara pengembangbiakan

0
33
usaha budidaya kepiting bakau

usaha budidaya kepiting bakau

Anda pernah makan kepiting? Makanan dari olahan kepiting khususnya kepiting bakau ini cukup populer dan memiliki banyak sekali penggemarnya khususnya para pencinta kuliner seafood atau makanan laut.
Nah Kali ini berwirausaha.net akan memberikan sedikit ulasan tentang bagaimana sih peluang usaha budidaya kepiting ini jika dikerjakan nya, dan bagaimana melihat peluang usaha yang satu ini?

Sebenarnya kepiting bakau habitat alaminya banyak ditemukan hidup disekitaran rawa rawa yang banyak di tumbuhi tumbuhan bakau makanya disebut oleh masyarakat disebut dengan sebutan kepiting bakau.


Kenapa Harus Memilih kepiting bakau?

Salah satu alasan kenapa berternak dan membudidaya kepiting bakau bisa sangat menjanjijan karena Harga perkilo gram kepiting bakau yang sangat mahal dipasaran salah satu penyebabnya karena masih sulitnya untuk mendapatkan kepiting jenis ini, jika hanya mengandalkan hasl dari buruan tidak akan mencukupi, khususnya untuk memenuhi pesanan dari rumah makan yang menjajakan menu seafood.
Sedangkan semakin hari pesanan dari konsumen kepiting bakau terus saja semakin meningkat, sehingga tercipta sebuah gagasan jika peluang usaha budidaya kepiting ini masih sangat menjanjikan keuntungan jika di kerjakan.

Lalu Apa Saja kesulitan Yang Dihadapi Dalam Budidaya?

Yang paling sulit mungkin karena minimnya pengetahuan tentang ilmu budidaya kepiting, seperti yang diketahui bersama kepiting merupakan hewan yang biasa hidup liar dialam. Sehngga kita harus membuat lingkungan budidaya semirip mungkin dengan habitat aslinya.

Lalu Bagaimana Cara Membudidaya kan Kepiting?

Ada beberapa hal yang harus anda siapkan jika hendak membudidayakan kepiing diantaranya :
Siapkan Lokasi Budidaya
Seperti penjelasan saya sebelumnya kepiting biasa hidup di rawa rawa jadi anda harus membuat lingkungan buatan semirip mungkin dengan lokasi asli kepiting yang bisa dengan mudah terus anda awasi.

Cara Budidaya Kepiting

ada 2 jenis metode yang biasanya digunakan dalam budidaya Kepiting bakau, yaitu :

  • Metode Kurungan

yaitu dengan membuat kurungan terbuat dari anyaman bambu yang disusun secara teratur menyesuaikan kondisi kolam. pastikan anda me Letakkan sebaik mungkin agar kepiting juga tidak dapat lolos dan juga kurungan tersebut harus mendapatkan pasang surut air cukup.

  • Karamba

Selain menggunakan kurungan, dapat juga menggunakan karamba.
Buatlah kerek dari bahan bambu, dan sesuaikanlah dengan lokasi karamba apung anda.
Jangan lupa untuk menggunakan pelampung (gabus/bola/sejenisnya) agar karamba tersebut tidak tenggelam.

1. Telur
Biasanya Untuk kepiting dengan berat 150 gram sudah terdapat telur, Kepiting akan bertelur selama sekitar 10-15 hari, tergantung indukan saat dibudidayakan.
Proses perkawinan biasanya menggunakan bantuan manusia.

2. Pakan
Apa saja Pakan kepiting? Berikut apa saja pakan yang cocok dan bisa diberikan pada kepiting :

  • ikan kecil
  • usus ayam
  • kulit sapi
  • kulit kambing
  • bekicot
  • keong sawah
  • sayuran hijau dan masih banyak lagi.

3. Panen
Ada teknik Caranya memegang kepiting, jika asal asalah jari anda bisa terjepit, caranya yaitu dengan memegang bagian bawah tubuhnya/belakang yang jauh dari capit, kemudian ikatlah tubuh kepiting dan capitnya sebelum anda memasukkan kedalam keranjang panen.

Perhatikan wadah yang digunakan saat panen, memang benar kepiting mbisa hidup lama tanpa air, namun lebih baik di berikan sedikit untuk membuatnya nyaman dan tidak mati karena kekurangan air.

4. Pasca PanenPersiapkan kembali keramba dan kurungan yang akan anda gunakan lagi, perbaikilah jika terdapat kerusakan.

Mungkn hanya itu dul informasi yang bisa berwirausaha.net bagikan kali ini tentang peluang bisnis budidaya kepiting bakau dan cara mudah pengembangbiakan nya, semoga bermanfaat dan sukses selalu untuk usaha anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.