11 Agustus 2016

Kerajinan Membuat Sangkar Burung Untuk Dijual

Peluang Usaha Kerajinan Membuat Sangkar Burung Untuk Dijual

Apakah anda salah satu penyuka burung? Nah kali ini berwirausaha.net akan mengulas tentang peluang usah pengrajin sangkar burung yang menjanjikan.
Saya yakin pasti kita semua setuju jika Burung merupakan binatang yang banyak disukai dan dipelihara banyak orang, tujuan  memelihara burung yaitu sebagai penghias rumah, atau sebagai penghilang stres dan juga ada yang menjadikan sebagai hobby.

Tak jarang burung di lombakan baik suaranya, bentuknya, ataupun kelincahannya.
nah Jika anda memang pencinta burung sejati dan senang memelihara burung pasti membutuhkan yang namanya sangkar burung.
Apa itu sangkar burung?

Sangkar burung merupakan kurungan yang yang dibuat dan ditujukan sebagai tempat tinggal burung, berbeda denga kurungan ayam kurungan burung didesain bisa di cantolkan di tempat tinggi untuk menyesuaikan dengan hidup burung yang biasa tinggal di batang pohon pohon yang tinggi.

Kenapa usaha Pembuatan sangkar burung ini menjanjkan?
Bagi pengrajin burung sangkar merupakan hal yang perlu tapi tidak sedikit sekali orang yang bisa membuat sendiri sangkar burung yang bagus, sehingga berapapun harga yang ditawarkan jika pemilik burung tersebut benar benar tertarik maka akan dibeli juga selain itu sangkar burung bukanlah sesuatu yang murah harganya, memang berfariasi tergantung seberapa besar, bagus dan kokoh sangkarnya.
Tapi yang banyak beredar dipasaran sangkar burung paling standar yang biasa dipasarkan dengan harga dikisaran 100 ribuan, sedangkan untuk harga sangkar burung yang bagus dan bernilai seni tinggi bisa berharga jutaan bahkan puluhan.

Bagaimana Proses Pembuatan sangkar burung?

1. Bahan Pembuat sangkar
Bahan rangka untuk membuat sangkar burung biasanya terbuat dari bambu, kayu, rotan, logam dan plastik. Bahan jeruji bisa dari bambu atau logam/kawat.
Untuk sangkar dari logam biasanya digunakan untuk burung-burung paruh bengkok dengan paruh tajam dan kuat serta suka merusak sangkar yang terbuat dari kayu.
Keunggulan bahan logam yaitu mudah dibersihkan dan kuat. Kelemahannya mudah berkarat jika terkena air dan udara dengan kadar garam tinggi. Selain itu perlu diwaspadai adanya beberapa jenis logam yang beracun.
Contohnya :

  • Kuningan

Kuningan merupakan logam hasil capuran dari tembaga dan seng, untuk burung kecil memang tidak masalah karena paruhnya tidak mungkin mematuki jeruji besi tapi untuk burung dengan paruh kuat bisa berbahaya karena paruhnya yang kuat bisa mematuki jeruji hingga mengelupas.

  • Timah

Perlu diketahui jika timah juga beracun untuk burung. Termasuk barang yang mengandung timah ini antara lain adalah tutup kaleng, bandul pancing, pemberat korden, koil tutup sampanye, timah pateri, koil soldir, lempengan dalam batu baterai.  Sehingga janan biarkan benda benda ini berada didalam sangkar burung.

  • Seng
Baca juga >>  ide usaha menjelang 17 agustusan paling cocok

Seng sangat beracun untuk burung. Contohnya  di sini adalah kandang burung atau ram yang terbuat dari galvanil, klip atau steples, kunci-kunci mainan anak, paku, pipa ledeng, krom, beberapa cat anti karat, dan beberapa wadah shampo atau wadah kosmetika.

2. Ukuran sangkar
Ukuran pada sangkar burung biasanya disesuaikan dengan ukuran burung, jenis burung dan gaya atau gerak mereka ketika berkicau.

  1. Ukuran burung besar atau ekor panjang (cucakrowo, murai batu, poksai dan sejenisnya) bisa menggunakan sangkar bulat atau kotak dengan ukuran lebar atau panjang atau kalau bulat dengan diameter sekitar 50 cm setinggi 60 – 75 cm.
  2. Ukuran menengah: anis merah, anis kembang, cendet, dan burung lain seukuran,  bisa menggunakan sangkar bulat atau kotak dengan lebar atau panjang 30-35 cm setinggi 50 cm.
  3. Ukuran kecil: ciblek, prenjak, sulingan/tledekan, kolibri dan burung lain seukuran; bisa menggunakan sangkar bulat atau kotak dengan lebar atau panjang 20-30 cm setinggi 40 cm.
  4. Ukuran khusus: kenari, branjangan. Untuk kenari, agar memberi performa yang bagus, gunakan sangkar ukuran burung menengah dengan dua atau tiga tangkringan.

3. Membut pintu Sangkar

Pintu dibuat sesuai dengan ukuran burung, untuk burung dengan ukuran besar tertentu biasanya pemilik akan memesan ukuran pintunya sesuai dengan besar burung yang dipelihara. Sedangkan untuk bentuknya berfariasi.

4. Tangkringan.
Tangkringan biasanya berbentuk akar yang dilintangkan didalam sangkar fungsinya untuk sebagai tempat burung bertengger dan juga sebagai hiasan.
Wadah pakan dan minum
Untuk wadah biasanya pembuat sangkar akan memebli wadah jadi dari aton yang banyak dijual dipasran. Hal ini untuk mempermudah proses pembuatan.

5. Pengait atau cantolan
Untuk cantolan atau pengait biasa nya dibuat dengan kawat dibagian atas kandang karena kawat ini jauh sehingga aman dari jangkauan burung.

Tips Membuat Sangkar Aman
Sangkar yang kurang aman bisa menyebabkan burung lepas atua keluar, berikut tips agar sangkar aman.

  1. Pastikan jarak perjerujinya lebih kecil dari kepala burng.
  2. Perhatikan baut atau perekatnya aman.
  3. Jika ada satu jeruji yang patah atau bengkok segera perbaiki
  4. Jaga selalu kebersihan saangkar dari kotorannya untuk menghindari burung terkena penyakit.
  5. Untuk pakan minuman dan tempat mandi sebaiknya selalu dicek secara berkala jangan sampai wadah pakan dan minum kosong.

Mungkin hanya itu saja yang bisa berwirausaha.net bagikan kali ini tentang peluang suaha pembuatan sangkar burung dan peluang usahanya, semoga bermanfaat dan sukses selalu dengan usaha anda.

SHARE:
kreatif 0 Replies to “Kerajinan Membuat Sangkar Burung Untuk Dijual”
Riski
Lulusan S1 informatika, bekerja sebagai fulltime blogger, content writter, dan android developer... Berpengalaman bekerja dari sma, dan sekarang memilih menjalani usaha kecil kecilan.. pencinta musik folk, yang gemar membaca, menulis, dan membuat game...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.