22 Agustus 2016

Membuat Mainan action Figure dengan keuntungan tak main-main

Action Figures

Apakaha anda berfikiran untuk membuka usaha pembuatan action figure?
Nah pada kesempatan kali ini berwirausaha.net ingin membagikan ulasan mengenai peluang usaha produksi pembuatan action figure dan keuntungan memulai usaha ini, serta sedikit memberi gambaran kenapa usaha pembuatan action figure ini terbilang cukup menjanjikan untuk dikerjakan.

Apa itu Acton figure?

Action figure atau sering juga disebut boneka karakter merupakan salah satu bentuk mainan miniatur yang dibuat menirukan gaya karakter dari film superhero, komik, video game, manga ataupun juga tokoh didunia nyata.

Contoh karakter yang dibuat menjadi action figure

Bentuk bentuk karakter yang biasanya dibuat menjadi action figure biasanya merupakan karakter terkenal dari berbagai film contohnya seperti :

  • Superman, spiderman, batman dan superhero lainnya.
  • Karakter film anime seperti One piece, naruto, pokemon dan lain lain.
  • Atau tokoh didunia nyata yang terkenal, seperti suekarno, anggota jkt 48, dan masih banyak lagi.

Kenapa usaha pembuatan action figure menjanjikan untuk dikerjakan?

Action figure merupakan salah satu mainan yang memiliki harga jual yang cukup tinggi bahkan untuk boneka kecil action figure bisa dibandrol dengan harga antara 500 ribu sampai jutaan rupiah tergantung seberapa sulit dan seberapa bagus action figure itu dibuat.
Bahkan untuk action figure yang hanya dibuat dengan edisi terbatas alias limited edition biasanya memiliki harga yang jauh lebih tinggi lagi karena menjadi buruan kolektor serta pencinta action figure yang rela merogoh kocek berapapun demi mendapatkan karakter incarannya.

Apa kelebihan action figure di banding boneka biasa?

Untuk orang awam pasti bingung apa sih perbedaan antara boneka dengan action figure?
Jika saya lebih suka menilainya dari segi seni dan tujuan pembuatannya, jika boneka mainan biasa dibuat memang untuk mainan anak anak dan tidak memiliki arti khusus, erbeda dengan action figure yang memang dibuat untuk pencinta suatu karakter dan action figure ini memiliki nilai seni yang tinggi dan sering dijadikan sebagai penghias ruangan ataupun koleksi, bahkan untuk beberapa action figure memiliki museumnya sendiri.

Baca juga >>  kreatif dengan membuka Usaha Pengrajin Dan Penjual Cermin Rias

Alasan awal kenapa action figure ini dibuat?

Salah satu alasannya utama dibuatnya action figure adalah karena fans dari sebuah film animasi atau fantasi yang sangat menggemari sebuah karakter berusaha mewujudkan fantasinya didunia nyata, sehingga action figure ini menjadi semacam bentuk kecintaan terhadap suatu karakter dan ternyata pencinta .

Sebenarnya untuk siapakah action figure ini dibuat?

Awalnya action dibuat untuk kalangan anak lelaki tetapi karena para pencinta action figure sendiri berkembang lebih luas dan bukan hanya anak anak bahkan orang dewasa pun banyak yang menyukai action figure, mainan ini kini justru berubah menjadi sebuah barang koleksi bagi para kolektor dewasa dan telah diproduksi secara spesifik untuk orang dewasa.

Bagaimana Cara Pembuatan Action Figure?

Bahan yang dibuat biasanya adalah clay, untuk jenis nya sendiri ada banyak sekali , tapi saya bisa membaginya menjadi 2 jenis berdasarkan hasil jadinya yaitu :

  • Clay yang hasil jadinya mengeras (seperti patung) dan yang hasilnya tetap lunak (masih bisa di rubah bentuk).
  • untuk action figure yang akan dijual dijual biasanya pembuat akan menggunakan bentuk padat yang hasil akhirnya tidak akan berubah lagi.

Proses pembuatan action figure?


proses pembuatan acion figeure
  1. Clay di bentuk menjadi bentuk yang di sesuaikan dengan karakter kartun nya.
  2. Biasanya proses bagian bagian tubuh di bentuk sendiri sendiri seperti bagian badan, kepala, rambut, baru setelah jadi disatukan untuk membuat hasil lebih maksimal.
  3. Setelah proses pembuatan awal selesai akan memulai proses pembentukan detail seperti ekspresi, lekuk tubuh, kuku telinga dan detail lainnya.
  4. Setelah itu baru proses pembuatan acsesoris seperti pakaian, senjata dan aksesoris lainnya.
  5. Pewarnaan, proses ini adalah pemberian warna pada karakter untuk membuat action figure terlihat lebih hidup dan mirip dengan aslinya.
  6. Finishing

Mungkin  hanya itu dulu yang bisa saya bagikan tentang peluang usaha pembuatan action figure dan cara pembuatannya, semoga bermanfaat dan sukses selalu dengan usaha anda.

SHARE:
kreatif 3 Replies to “Membuat Mainan action Figure dengan keuntungan tak main-main”
Riski
Lulusan S1 informatika, bekerja sebagai fulltime blogger, content writter, dan android developer... Berpengalaman bekerja dari sma, dan sekarang memilih menjalani usaha kecil kecilan.. pencinta musik folk, yang gemar membaca, menulis, dan membuat game...

COMMENTS

3 thoughts on “Membuat Mainan action Figure dengan keuntungan tak main-main

      Author’s gravatar

      Untuk detail pembuatan bisa dilihat di youtube banyak kok contoh prosedur pembuatan action fogure

    Author’s gravatar

    Jenis clay apa yang hasil akhirnya mengeras permanen min?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.