16 September 2016

inilah cara Budidaya Ikan Bawal dan keuntungannya

selamat datang di berwirausaha.net pengunjung yang budiman, pada kesempatan  kali ini berwirausaha.net akan mengajak anda mengulas tentang peluang usaha budidaya ikan bawal.
selamat membaca!

saya yakin anda semua pernah mendengar nama ikan bawal!

Peluang Usaha Budidaya Ikan Bawal

Apa sih Ikan Bawal Itu?

ikan bawal merupakan salah satu jenis ikan konsumsi yang banyak di budidaya atau dipelihara oleh masyarakat. sebenarnya ikan ini berasal dari brazil, jika diperhatikan sekilas memang penampilan ikan ini mirip dengan ikan piranha. tetapi jangan khawatir karena ikan ini lebih jinak.

Kenapa Usaha Budidaya Ikan Bawal Masih Layak Untuk DIkerjakan?
ikan bawal terkenal karena kegurihan dagingnya serta rasanya yang cenderung nikmat dan bisa renyah jika di goreng. sehingga tidak sedikit warung makan atau wartek yang menyajikan hidangkan dari olahan ikan bawal ini. selain itu ikan bawal memiliki kelebihan lain yaitu :

  1. perawatannya mudah
  2. masa panen yang singkat
  3. tahan penyakit
  4. harga pakanya tergolong murah 
  5. dan masih banyak lagi



Siapa Saja Target konsumen Ada?
Jika anda membudidaya ikan bawal dalam jumlah besar tentu anda harus memiliki target pasaar sendiri, beruikut ini beberapa tujuan yang bisa anda jadikan pilihan menjual ikan bawal ini, diantaranya yaitu :

  • Pedagang ikan dipasar ikan
  • Rumah makan atau restoran
  • warteg atau kantin makanan
  • ibu ibu rumah tangga dan masih banyak lagi.

Bagaimana Memulai Usaha Budidaya Ikan Bawal?
ada beberapa step dan tahapan yang harus aad lalui selama masa budidaya ikan bawal ini berlangsung, berikut urutannya :

  1. mempersiapkan kolam/tempat budidaya.
  2. menyiapkan pakan dan vitamin.
  3. memilih dan membeli benih.
  4. melakukan proses pensortiran bibit.
  5. penebaran benih.
  6. menunggu proses panen.
  7. panen.
  8. setelah panen selesai proses kembali lagi keawal.

Berikut detail ulasannya :

1. Mempersiapkan kolam/tempat budidaya
penting sekali bagi seorang petani untuk mempersiapkan kolam yang akan digunakan untuk proses budidaya. kolam yang baik akan membuat ikan anda nyaman dan selain itu kolam yang baik akan menjamin kesehatan ikan bawal yang anda budidaya.
ada dua jenis kolam yang biasa digunakan petani dalam proses budidaya ikan bawal diantaranya :

  1. dengan menggunakan kolam terpal
  2. dengan menggunakan kolam tanah/semen

2. Menyiapkan pakan 
menyiapkan pakan sebaiknya dilakukan sebelum proses budiday berjalan, hal ini bertujuan untuk menjamin ketersediaan pakan ikan peliharaan anda. pemberian pakan tidak boleh diberikan secara berlebihan ataupun kurang karena akan memberikan efek buruk bagi kesehatan ikan budidaya anda.


3. Memilih dan memberli benih ikan bawal
Setelah proses persiapan budidaya selesai disiapkan, hal selanjutnya adalah memilih dan membeli bibit ikan yang akan anda budidaya.
penting untuk mengetahui kwalitas ikan bawal yang akan anda jadikan bibit, karena hal ini menentukan keberhasilan budidaya anda nantinya.
 Tips membeli dan memilih bibit ikan :

  1. belilah bibit ikan didekat daerah anda, jangan membeli bibit ikan dari daerah yang jauh, karena proses pengiriman akan menyebabkan banyak ikan yang lemah dan mati. selain itu ikan akan stres dan sulit berkembang.
  2. pastikan ukuran tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil karena ikan yang terlalu besar biasanya harganya lebih mahal, sedangkan jika terlalu kecil perawatannya lebih sulit dan juga gampang mati.
  3. beli bibit dari penjual bibit yang sudah memiliki nama baik dikalangan pembudidaya. 
Baca juga >>  wah Budidaya Bawang Merah ternyata sangat Menguntungkan

 4. Pensortiran
Sebelum di tebar Bibit ikan sebaiknya disortir dan dipisaah berdasarkan ukuran, kegiatan pensortiran dilakukan untuk mengurangi persaingan dalam mendapatkan makanan, biasanya ikan yang lebih kecil akan tidak memperoleh makanan karena kalah bersaingan dengan ikan yang lebih besar.

5. Tebar Bibit ikan 
cara melakukan tebar bibit ikan bawal sana dengan pebnebaran kan pada umumnya yaitu dengan cara memasukan ikan dalam ember dan celupkan kedalam kolam, dan biarkan ikan berenang keluar dengan sendirinya kedalam kolam. hal ini penting karena memberikan kesempatan ikan untu beradaptasi dengan lingkungan barunya.

6. Menunggu proses panen
selama proses menunggu panen anda harus terus mengawasi dan merawat ikan anda, berikut tips merawat ikan bawal :

  • jangan lupa selalu mengganti/ menambah debit air supaya tidak kurang, karena air akan mengalami penguapan karena panas. 
  • airator diperlukan untuk memastikan jumlah oksigen didalam air tercukupi.
  • memperhatikan kondisi ikan, memisahkan ikan yang sakit untuk mencegah penularan.
  • memberikan vitamin tambahan untuk memaksimalkan pertumbuhan.

7. Panen 
panen dilakukan jika ikan sudah memasuki ukuran konsumsi, untuk size bisa disesuaikan dengan permintaan pelanggan anda, jangan terlalu besar dan terlalu kecil karena ikan yang terlalu besar justru susah untuk dijual.

mungkin hanya itu dulu yang bisa berwirausaha.net bagikan kali ini tentang peluang bisnis budidaya ikan bawal, semoga bermanfaat dan sukses selalu dengan usaha anda.

SHARE:
budidaya 0 Replies to “inilah cara Budidaya Ikan Bawal dan keuntungannya”
Riski
Lulusan S1 informatika, bekerja sebagai fulltime blogger, content writter, dan android developer... Berpengalaman bekerja dari sma, dan sekarang memilih menjalani usaha kecil kecilan.. pencinta musik folk, yang gemar membaca, menulis, dan membuat game...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.