Manisnya Peluang Budidaya Lebah Madu

0
19

Selamat datang di berwirausaha.net pengunjung yang budiman, pada kesempatan kali ini berwirausaha.net akan mengajak anda mengulas tentang peluang usaha budidaya lebah madu.
selamat membaca!

madu

apa itu lebah madu?

lebah madu atau biasa disebut juga dengan istilah tawon madu (bahasa jawa) merupakan salah satu hewan pengumpul nektar yang nantinya akan menjadi cikal bakal dari madu, lebah jenis ini banyak memberikan kontribusi dalam hal budidaya dan pertanian terutama pada proses penyerbukan bunga pada tanaman.

Apa Sih Manfaat dan Kelebihan Dari Madu?

Madu sudah dipercaya turun temurun memiki banyak khasiat dan manfaat dan hal ini juga sudah terbukti secara klinis mengandung banyak sekali zat bermanfaat, berikut adalah beberapa manfaat dari madu:

  1. mengobati berbagai macam penyekit
  2. membantu menambah daya ingat
  3. sumber nutrisi yang lengkap
  4. mampu membantu menghilangkan bekas luka
  5. membantu meregenerasi sel tubuh

Kenapa Usaha Budidaya Lebah Madu Layak Untuk DIkerjakan?

selain bermanfaat bagi petani lebah madu mampu menghasilkan madu yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai obat, selain itu juga madu memiliki manfaat lain, diantaranya yaitu :

  1. Bahan utama pembuatan kosmetika.
  2. Minuman suplemen.
  3. Antiseptik.
  4. Obat obatan dan keperluan farmasi.
  5. serba dapat dikonsumsi dan dijadikan menu berbagai macam makanan dan minuman.

Bagaimana Gambaran Peluang Usaha Budidaya Lebah Madu?
manfaat dan khasiat dari madu sendiri saat ini sudah tidak diragukan lagi, sehingga tidak heran jika harga madu murni asli yang baru diperas yang beredar di pasaran memiliki harga yang sangat tiunggi yaitu bisa mencapai harga 50 sampai 100 ribu perbotol  600 ml (seukuran sirup abc).
hal ini tentu menjadi sebuah peluang usaha yang baik sekali jika dikerjakan dngan serius.
*harga diatas bisa lebih mahal lagi atau juga bisa lebih murah tergantung kwalitas dari madu itu sendiri.


Bagaimana Cara Budidaya Lebah Madu?


Syarat dan Kondisi yang Memungkinkan untuk budidaya lebah madu:

  • Memastikan Ada kawanan lebah Disekitar tempat anda akan berternak, hal ini wajib dilakukan untuk memudahkan anda memperoleh lebah lebah untuk di ternak karena ada beberapa tempat yang tidak terdapat lebah madu sama sekali sehingga tidak mungkin untuk melakukan lebah madu karena akan sulit memperoleh lebah.
  • memastikan ada cukup sumber makanan untuk lebah, sumber makanan bisa berupa bunga bungaan, tumbuh tumbuhan berbunga, dan lain sebagainya.
  • lingkungan anda jauh dari asap dan bising, lebah akan mengalami lemas dan bahkan bisa mati bisa terkena asapm, dan juga lebab akan pindah jika tempat yang di tinggalinya bising atau sering diusik manusia.


Proses ternak Lebah Madu

1. menyiapkan kandang atau rumah lebah
setelah memastikan ada kawanan lebah barulah anda bisa mulai membuat rumah  lebah. Kandang atau rumah dapat dibuat dengan cara sederhana yaitu membuat kotak segi empat seukuran kotak PC(mungkin sekkitar 45cm) atau sesuai dengan keinginan anda. kandang di desain untuk bisa di buka dengan menambahkan pintu berengsel disisi atas yang bisa dibuka tutup untuk memudahkan proses panen. jangan lupa memberikan sebuah lubang untuk keluar masuk lebah.

2. Memancing Ratu Pindahan
Proses ini adalah poses yang paling sulit karena anda harus membuat si ratu pindah kedalam kandang yang telah anda siapkan, caranya yaitu dengan menyemprotkan cairan yang telah dicampuri dengan gula kedalam kotak kandang yang disiapkan. sulit memang dan kapan hal ini dapat memancing ratu untuk pindahan juga tidak bisa dipastikan, tapi jika di lingkungan anda banyak ditumbuhi bunga dan tanaman maka proses ini biusa lebih mudah dilakukan.

3. Setelah satu kandang terisi lebahsetalah salah satu kandang terisi anda bisa mulai membuat kandang lain untuk memancing lebah lain nya caranya sama. tapi untuk proses pengundangan yang kedua ini biasanya akan lebih mudah.

4. Panen
Panen madu dapat dilakukan  jika kandang kandang madu sudah penuh terisi dengan madu, jangan terlalu tua atau terlalu muda kerna akan mempengruhi kwalitas madu yang di hasilkan.
sedangkan tata cara yng dilakukan adalah sebagai berikut :

  • memakai pakaian pelindung khusus

pakaian ini dikenakan untuk melindungi tubuh dari segatan lebah, jika tidak ada pakaian khusus ini anda dapat memakai pakaian tebal seperti jaket parasu, dan menggunakan pakaian plastik di bagian luarnya seperti jas hujan.
jangan lupa menggunakan masker dan juga kaca mata serta menutup telinga.

  • mengasapi kandang lebah madu

seperti yang saya jelaskan lebah akan lemah jika terkena asap, sehingga pengasapan merupakan hal yang penting dilakukan sebelum melakukan pemanenan karena bisa membuat lebah lebih tenang dan mengurangi tingkah agresif.

  • membuka kandang dan mengambil sarang (madu)

sarang lebah biasanya akan merekat pada kandang nya anda bisa menGgunakan pisau bambu, dengan cara meruncingkan mambu dan membuat bilahnya tajamj seperti pisau.

  • proses pemerasan dan penyaringan

pemerasan dan penyaringan dapat dilakukan dengan mesin khusus tapi jika anda tidak memiliki mesin tersebut dapat dilakukan secara manual dengan menggunaskan bantuan kain sebagai penyaring, hal ini digunakan untuk menyaring kotoran pada madu.

mungkin hanya itu dulu yang bisa berwirausaha.net bagikan tentang peluang bisnis budidaya madu, semoga bermanfaat dan sukses selalu dengan usaha anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.