Ide Usaha Membuat dan Menjual Jaket Anime

Mungkin kamu sudah tidak asing mendengar istilah anime. Anime adalah animasi dari Jepang yang digambar dengan tangan maupun menggunakan teknologi komputer. Kata anime┬ámerupakan singkatan dari “animation” dalam bahasa Inggris, yang merujuk pada semua jenis animasi.

Nah pada kesempatan kali ini saya ingin mengulas tentang peluang usaha pembuatan dan penjualan jaket anime atau cosplay yang semakin hari semakin banyak peminatnya.

Sekilas asal usul pakaian anime!

Manga atau anime merupakan sebuah film/kartun yang asli berasal dari jepang, fans pencinta anime ini sangat banyak dan saking sukanya dengan film anime atau mangga mereka selalu memburu hal hal yang berkaitan dengan karakter anime kesukaan mereka, salah satunya ya pakaian.

Seperti yang diketahui bersama jepang merupakan salah satu negara yang menjadi tren centre dalam hal berbusana, disana juga terdapat sebuah aliran gaya berbusana unik yang biasa disebut dengan istilah harajuku.

Baju Karakter Apa Saja Yang Biasa Dibuat?

Ide Usaha Membuat dan Menjual Jaket Anime | kreatif

Dalam anime terdapat banyak sekali karakter yang banyak di idolakan, dan pakaiannya sering dibuat cosplaynya misalnya seperti :

  • Dari kartun Naturo : Sasuke, naruto, itachi, madara, yondaime (ayah naruto).
  • Dari kartun Atack On Titan.
  • Dari kartun One Piece : trafag law, luffy, sanji.
  • Dari kartun bleach : ichigo dan lain lain.

Berapa Harga Untuk sebuah Jaket Anime?

Untuk harga jaket anime dijual dengan harga yang sangat bervariasi tergantung dengan bentu, ukuran, bahan, detail, corak dan masih banyak lagi. Tapi biasanya sebuah jaket di bandrol dengan harga kisaran antara 100.000 sampai 1.000.000 rupiah.

Kenapa Usaha Penjualan dan Pembuatan jaket anime ini layak untuk dikerjakan?

Pencinta anime sejati (otaku) semakin hari semakin bertambah banyak bahkan saat ini para pecinta film kartun jepang bukan saja berasal dari kalangan anak anak dan remaja saja, tetapi juga orang dewasa, selain itu kaum wanita juga tidak sedikit yang menyukai anime, dan mereka ini selalu ingin bisa berpenampilan mirip atau menyerupai karakter dalam film anime yang mereka lihat atau sekedar ingin membeli acsesoris yang menggambarakan secintaan mereka.

Advertisement

Sampai sampai mereka rela mengeluarkan uang berapa saja untuk bisa memiliki benda benda serta acsesoris, atau pakaian yang mirip dengan yang mereka lihat dikarakter anime, tentu ini menjadi sebuah kesempatan emas untuk anda jika memiliki kemuan untuk membuka usaha penjualan dan pembuatan jaket anime.

Bagaimana Langkah Dan Proses Pembuatan Jaket Anime?

Untuk anda yang penasaran bagaimana sebuah jaket anime diproduksi, berikut adalah urutan yang biaa dilakukan oleh desainer atau pembuat pakaian dalam merangcang jaket anime :

1. Memilih Jaket yang akan di buat (dari karakter siapa), atau bisa sesuai dengan pesanan

Pertama tama desainer akan memilih jaket atau pakaian dari salah satu karakter anime yang dikehendaki atau juga menyesuaikan dengan pesanan.

2. Membuat sketsa ulang.

Setelah ditentukan, desainer akan membuat sketsa ulang yang disesuaikan dengan ukuran pemesannya. Atau size standar seperti s, m, l, dan xl.

3. Memilih bahan.

Bahan yang digunakan biasanya menggunakan bahan yang mudah di bentuk dan di sablon, sesuai dfengan permintaan serta harga yang ajkan di tawarkan, semakin mahal tentu bahan yang dibuat akan semakin baik.

4. Proses pembuatan.

Bila pesanan datang dalam jumlah banyak biasanya dikerjakan secara serempak dengan tim, atau jika anda seorang solo desainer anda bisa membuatnya sendiri secara manual dengan mesin jahit.

5. Pensortiran kualitas Pakaian

.Setelah selesai jaket dan pakaian ini akan di sortir jika adana terdapat kecacatan, kemudian yang tidak lolos srtir akan di kembalikan ke proses pembuatan untuk dibuat ulang.

6. Finishing Dan Pengepakan.

Setelah baju siap baju akan di pak sesuai dengan daerah pemesanan.

7. Pengiriman.

Pengiriman biasanya menggunakan jasa pengiriman yang ada seperti jne atau tiki, karena harga nya yang cenderung lebih murah.

Tips Memulai usaha Jualan Baju Anime.

Bangun Kepercayaan Konsumen.

Karena jualan baju anime ini biasanya menggunakan media internet, maka menjadi penjual yang terpercaya sangatlah penting.

Jangan pernah mengirim Sebelum pembeli membayar/mentransfer uang.

Hal ini dilakukan untuk menhindari penipuan atau tidak dibayarnya barang yang anda kirim, jadi pasrtikan anda mengirim barang setelah pelanggan mengirimkan uang kepada anda. Kalau lewat Olsop terpercaya seperti bukalapak, tokped, dan shopee sih dijamin aman.

Jangan Pernah Mengirim Barang Yang tidak sesuai.

Ini yang membuat pembeli kapok atau malas berbelanja lagi, karena kualitas barang yang dikirim tidak sesuai dengan yang ada dalam gambar yang tertera. Hal ini juga membuat toko kamu mendapat rating buruk dari pelanggan, ingat testimoni dan komentar pelanggan itu sangat menentukan kepercayaan pembeli.

Mungkin hanya itu dulu yang bisa berwirausaha.net bagikan kali ini tentang peluang usaha penjualan dan pembuatan kostum anime/cosplay, semoga bermanfaat dan sukses selalu dengan usaha anda.

Advertisement

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.