kreatif dengan membuka Usaha Pengrajin Dan Penjual Cermin Rias

2
27

Selamat datang di berwirausaa.net pengunjung yang terhormat, pada kesempatan kali ini berwirausaha.net ingin mengajak anda mengulas peluang usaha pembuatan cermin rias.
Selamat membaca!

Peluang Usaha Pengrajin Dan Penjual Cermin Rias

Cermin merupakan salah satu benda yang wajib ada setiap rumah, karena benda ini merupakan alat yang digunakan untuk berkaca dan berdandan. Bisa dibayangkan jika disebuah rumah tidak ada kaca.

Kaca atau cermin biasa diletakkan dikamar dan digunakan untuk melihat apakah dandanan seseorang sudah rapi atau belum. Selain itu benda ini juga memiliki fungsi sebagai penghias ruangan.
Walaupun terkesan sepele sebenarnya kaca atau cermin memiliki peranan yang cukup penting dalam kehidupan masyarakat sehari hari.

Apa Sih Kelebihan Bisnis Cermin
Ada beberapa alasan yang menjadikan usaha cermin ini layak untuk dikerjakan, yaitu :

  • Cermin merupakan benda yang dibutuhkan semua orang.
  • Masih sedikitnya saingan.
  • Modal dan alat untuk usaha ini bisa disesuaikan dengan kemampuan anda.
  • Usaha Ini Bisa dilakukan dimana saja, bahkan disekitaran tempat tinggal saya banyak sekali pengrajin sekaligus penjual cermin dipinggir jalan raya.
  • Usaha Ini Jarang mengalami kerugian, pasalnya meskipun lama tidak terjual Cermin Tidak akan pernah basi berbeda dengan usaha makanan.

Kenapa Usaha Cermin Ini Layak Untuk Dikerjakan?
cemin memiliki harga jual yang lumayan tinggi apalagi jika bahan yang digunakan adalah kayu jati dan ukiran tentu harganya akan semakin tinggi.
Misalanya untuk kaca cermin dengan bingkai kayu jati berbentuk oval anggur dibandrol dengan harga Rp 350.000. Sedangkan untuk kaca cermin bentuk persegi panjang ukuran 60 cm x 90 cm dengan bingkai kayu jati, memilii harga berkisar diantara Rp 800.000 perbuah.
Semakin besar ukuran kaca dan semakin sulit ukiran bingkai, harga cermin akan semakin tinggi. Misalnya untuk kaca cermin persegi panjang dengan ukuran 200 cm x 150 cm, memiliki harga hingga Rp 2,5 juta.
untuk penghasilan biasanya pengrajin cermin mengambil untung antara 30 sampai 50 persen perbuahnya dari harga modal pembuatan.

Siapa Saja Target konsumen Untuk Usaha Pembuatan Cermin Ini?

Taget konsumen untuk penjualan cermin sangat luas, karena semua orang past membutuhkan cermin, tidak perduli usai, pendidikan dan juga kalangan.
tapi lebih spesifik lagi berikut ini target konsumen penjualan cermin :

  1. Ibu rumah tangga.
  2. Tukang pangkas rambut baru.
  3. rumah makan.
  4. tempat umum seperti wc umum dan terminal.
  5. toko pakaian dan masih banyak lagi.

Bagaimana Cara Memulai Usaha  Pembuatan Kaca Cermin?

1. Mempersiapkan bahan bahan.
bahan yang biasa digunakan untuk membuat cermin sebenarnya sangat berfariasi, berikut diantaranya :

  • kaca cermin jadi
  • pemotong kaca
  • lem kaca
  • bingkai (bisa dari kayu atau stenlis, dll)
  • alat alat tukang.
  • lain lain

2. Proses Pembuatan

  1. pembutan pola : awalnya adalah pembentukan pola untuk cermin terlebih dahulu polanya dibuat dikertas sesuai dengan pesanan pelanggan.
  2. pembuatan bingkai sesuai pola : setelah pola dan bentuk ditentukan barulah pengrajin akan mulai membuat polanyanya menggunakan bahan yang ditentukan (bisa dengan kayu atau stenlis).
  3. pemotongan cermin sesuai dengan bingkai : setelah bingkai jadi cemn akan dipotong menyesuaikan pola bingkai yang dibuat.
  4. pemasangan cermin pada bingkai dan pengeleman : proses ini adalah proses pemasangan cermin kedalam bingkai yang telah dibuat.
  5. pengecatan : pengecatan atau plitur dilakukan ntuk mempercntik tampilan cermin, bisa juga sesuai pesanan pelanggan.
  6. finishing. 

3. Pemasaran dan Penjualan
Pemasaran dan penjualan bisa dilakukan sesuai dengan keinginan penjual, jika di tempat saya ada pengrajin yang menjual mengunakan bantuan iklan radio lokal, membuat situs dagang online, atau dijual secara mandiri di pinggir jalan.

mungkin hanya itu dulu yang bisa berwirausaha.net bagikan kali ini tentang peluang bisnis pembuatan dan enjualan cermin hias semoga bermanfaat dan sukses selalu dengan usaha anda.
sampai jumpa!

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.