Panduan Ternak Kambing Secara Tradisional

0
70
Peluang Usaha Ternak Kambing Secara Tradisional

Daging kambing merupakan salah satu bahan makanan paling di minati oleh masyarakat.
Oleh sebab itu pada kesempatan kali ini berwirausaha.net ingin mengajak anda mengulas peluang usaha ternak kambing, bagaimana prospek usaha yang satu ini, dan bagaimana kira kira cara untuk memulai memelihara kambing ini.
Selamat membaca!

   
Apa Itu Kambing?

Kambing merupakan salah satu hewan ternak yang memiliki ciri berukuran sedang, kambing merupakan hewan mamah biak maksudnya kambing mampu mengunyah makanan hamper selama 24 jam sehari kecuali saat tidur.
selain dimanfaatkan dagingnya kambing juga dikenal bisa dimanfaatkan susunya.

Alasan Kenapa Memilih Usaha Ternak Kambing?
 Daging kambing merupakan bahan makanan pokok pada berbagai macam olahan yang ada di Indonesia. Selain itu kambing memiliki harga jual yang lumayan tinggi dipasaran.
Daging kambing merupakan sumber makanan yang memiliki sejumlah nutrisi dan fitamin yang baik bagi pencernaan tubuh manusia. Dan juga peminat daging kambing terus meningkat dari waktu ke waktu.

Bagaimana Prospek Usaha Ternak Kambing ini?
 Kambing memiki prospek yang cukup menjanjikan dikarenakan tingginya permintaan konsumen akan daging kambing, terutama saat memasuki hari raya idul fitri dan juga memasuki idul adha atau hari raya kurban dimana kambing menjadi salah satu hewan kurban paling diminati.

Siapa Sajakah Target Konsumen Untuk Usaha Penjualan Kambing Nantinya?
Target pasar yang nanti anda tuju sebenarnya sangat luas, berikut diantaranya :

  • Para Penjual daging eceran dipasar tradisonal.
  • Calon pembeli hewan kurban.
  • Ibu ibu rumah tangga
  • Peternak lain
  • Serta pembeli atau pengebul kambing lainmya

Bagaimanakah Cara Memelihara Kambing?
Proses budidaya kambing sebenarnya tidaklah sulit, apalagi anda tinggal di lingkungan desa yang masih banyak terdapat makanan alami bagi kambing peliharaan yaitu berupa rerumputan hijau. Tapi untuk memaksimalkan usaha ternak kambing anda ada beberapa sarana yang harus anda sediakan diantarnya:

1. Kandang

Peluang Usaha Ternak Kambing Secara Tradisional


Kandang merupakan tempat tinggal yang disediakan untuk proses budidaya kambing nantinya, di kandang ini nanti pemberian pakan dilakukan sehingga penting untuk membuat kandang yang baik supaya kambing anda sehat.
Kandang yang baik adalah kandang berpanggung dimana dilantainya dibuat dari papan papan (kayu) yang terdapat lubang lubang untuk kotoran kambing supaya tidak bertumpuk dan mengenai badan kambing yang bisa menyebabkan penyakit.
Selain itu kandang panggung juga memudahkan dalam membersihkan kotorannya, hal ini karena kotoran kambing berupa bulatan kecil sehingga akan langsung jatuh ke bawah kandang.
Kandang ini juga memiliki kelebihan dimana saat hujan lantainya tidak akan tergenang air sehingga kambing anda tidak akan terserang penyakit masuk angin.

Kandang ini memiliki kelemahan dimana lubang yang terlalu lebar pada lantainya kadang bisa menyebabkan kaki kambing terjepit, jadi sebaiknya buat lubang lebih kecil dari ukuran kaki kambing.

2. Tempat Pakan Dan Minum
Dua hal ini wajib dimiliki jika anda hendak melakukan ternak kambing, untuk wadah makanan anda bisa membuat dari kotak papan yang diberi lubang untuk keluar dan masuk kepala kambing. Jangan lupa membuang batang jika daun pada pakan sudah habis karena jika dibiarkan kering bisa membusuk dan membuat tempat pakan kotor.

Sedangkan untuk tempat minum anda bisa memanfaatkan ember atau bak yang sudah tidak terpakai.
Oh iya pemberian minum sebaiknya di kontrol seksama agar kambing tidak kebanyakan  minum karena bisa mengurangi nafsu makan.
Selain itu kambing menyukai rasa asin jadi sesekali sebaiknya tambahkan garam pada minuman kambing anda, karena garam sendiri memiliki efek yang bagus untuk mengurangi bakteri yang terdapat pada mulut kambing.

3. Penyakit Pada Kambing
Pengalaman saya memelihara kambing Selama Beberapa tahun menunjukan jika kambing yang dirawat dengan baik jarang sekali mengalami penyakit, bahkan bisa dibilang tidak pernah jika pun ada mungkin ini hanya penyalkit ringan seperti :

  1. Korengan (bisa pada kuku kaki atau badan) disebabkan keadaan kandang yang kotor dan kurang dirawat. Pengobatannya anda bisa membelikannya obat di toko obat hewan peliharaan biasanya bisa berupa salep.
  2. Cacingan (ditandai dengan menurunnya nafsu makan/kambing kurus) biasanya terjadi karena jenis makannan yang dikonsumsi kambing kurang baik, cara mengatasinya anda bisa memberikan obat cacing yang juga terdapat di toko ternak.
  3. Meriang (biasanya berupa Masuk angin yang biasanya terjadi jika kambing terkena air hujan terlalu lama atau cuaca yang dingin penjang) untuk cara menanganinya sebaiknya anda memanggil dokter atau peternak lain yang lebih ahli karena ada masuk angin yang bisa menyebabkan kematian pada kambing dan ada yang bisa sembuh dengan sendirinya, untuk penangan pertama anda bisa membuat diang/api didekat kandang untuk memanaskan suhu kandang.
  4. Mencret (biasanya makanan tidak cocok) cara menanganinya tinggal mengganti jenis pakan yang digunakan, oh iya untuk pakan sebaiknya dirolling jangan menggunakan satu jenis rumput setiap waktu, tapi variasi lah supaya gizi kambing terpenuhi.

Misalkan hari ini daun singkong, besok rumput, lusa daun jagung, dan seterusnya.

Mungkin hanya itu dulu yang bisa berwirausaha.net bagikan pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat dan sukses selalu dengan usaha anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.