17 Oktober 2016

Budidaya Ikan gurame Menguntungkan

Selamat datang di berwirausaha.net pengunjung sekalian, pada kesempatan kali ini berwirausaha ingin mengajak anda mengulas peluang usaha budidaya ikan gurame yang menggiurkan, apa kelebihan yang dimiliki ikan ini, bagaimana gambaran usahanya, dan bagaimana cara membudidaya.
Selamat membaca.

usaha budidaya ikan gurame

Apakah anda sering mengkonsumsi ikan gurame di rumah makan??
ya selain udang ikan gurame juga merupakan salah satu menu andalan di hampir setiap rumah makan seafood.

Ikan gurame atau gurami memiliki nama latin osphronemus goramy, ikan ini adalah ikan air tawar yang sangat populer, dan banyak di jadikan pilihan utama sebagai ikan konsumsi.

Ikan gurami ini tersebar hampir di seluruh kawasan asia tenggara termasuk indonesia tentunya, ikan ini banyak dijadikan sebagai pilihan budidaya karena memiliki banyak sekali kandungan gizi dan juga bermanfaat baik jika di konsumsi.

Apa sih Kelebihan ikan gurame?

1.Tinggi protein
Ikan gurame terkenal memiliki protein yang sangat tinggi, bahkan protein yang dimiliki oleh ikan ini umumnya 19 persen lebih tinggi jika di bandingkan dengan yang dimiliki ikan lele, nila, ikan mas, dan bahkan lebih tinggi dari daging.

2. Rendah lemak
 Ikan gurami terkenal  aman di konsumsi untuk anda yang takut gemuk, pasalnya ikan ini hanya mengandung lemat sekitar 2,2 persen dari berat tubuhnya, sedangkan pada daging termasuk ayam lemak nya bisa mencapai 10 persen.

3. Mengandung vitamin e
 Vitamin e dikenal bagus untuk kulit sehingga banyak yang percaya jika mengkonsumsi daging ikan gurami akan membuat kulit anda sehat dan tampak awet muda.

Bagaimana Gambaran Usaha Budidaya ikan Gurami Saat Ini?

Seperti yang saya jelaskan diawal jika Ikan gurami merupakan ikan yang banyak di minati oleh masyarakat untuk di konsumsi alasannya karena selain memiliki banyak manfaat, dagingnya tebal, mudah di dapatkan dan dijual, juga karena hampir seluruh rumah makan khususnya yang berhubungan dengan ikan dan seafoad pasti menyediakan ikan ini sebagai salah satu menunya.

Kelebihan lain dari ikan gurami ini adalah harganya yang tidak bisa di anggap sepele karena untuk mendapatkan ikan gurami satu kilo dipasar ikan anda harus menyiapakn kocek antara 50 sampai 70 ribu rupiah perkilkonya. Waw sangat lumayan kan ya??
*catatan : harga bisa saja berbeda setiap daerahnya

Bagaimana Cara Memulai Usaha Budidaya Ikan Gurame?

1. Persiapan Kolam

 Hal yang perlu anda perhatikan pertama kali sebelum memulai usaha budidaya ikan gurame adalah memiliki kolam sebagai sarana tempat budidaya.
Gurame sendiri cocok hidup dan berkembang pada kolam yang berada di dataran rendah yaitu 800 mdpl,  dengan suhu berkisar antara 25 sampai 28 derajat celcius.

Baca juga >>  Peluang Bisnis Budidaya Tebu Dari Awal sampai panen

2. Persiapan Benih

Benih bisa di peroleh dari penjual benih ikan ataupun bisa anda buat sendiri benihnya, tapi tidak akan kita bahas disini karena terlalu rumit.
Intinya benih yang hendak anda gunakan untuk proses budidaya sebaiknya berumur satui tahun dengan berat berkisar sekitar 100 gram sehingga akan lebih cepat panen dan meminimalisir terjadinya kegagalan panen.
saran : sebaiknya beli benih jangan terlalu jauh dari lokasi budidaya karena akan menyebabkan ikan anda sakit, teler, kaget/strees dan kemungkinan terburuknya bisa mati saat terlalu lama di kendaraan.

3. Pra tebar

 Ada baiknya anda mengosongkan kolam beberapa hari dan biarkan di papar sinar matahari langsung untuk membunuh kuman dan bakteri yang ada di dalam kolam, hal ini juga baik di lakukan untuk mencegah ikan terkena penyakit yang biasanya berada di dalam air, baru beberapa hari sebelum proses tebar anda bisa isi kembali air kolam dengan air baru.

4. Teber benih ikan gurami

Tebar benih ke kolam baru juga harus diperhatikan tehkniknya, yaitu dengan cara adaptasi kolam menggunakan bantuan ember berisi air, caranya :

  • rendam ember berisi bibit ikan 
  • perlahan celukan kedalam kolam
  • biarkan ikan beradaptasi dan berendang sendiri keluar kedalam kolam barunya
  • jangan di tuang langsung karena akan menyebabkan ikan stress.

5. Pemberian pakan

Ikan gurami sebaiknya di beri makanan yang seimbang dan mengandung unsur baik nabati dari dedaunan dan juga hewani atau hewan kecil. Selain dengan pemberian pakan berupa pelet karena akan menjadikan gizi kan lebih lengkap dan tentunya bagus untuk pertumbuhan.
Oh iya perlu di ketahui tebar  pakan sebaiknya dilakukan dengan teratur jangan acak acakan dan dengan takaran sesuai, jangan berlebihan ataupun terlalu sedikit.

6. Panen

karena ikan gurami ini memiliki harga yang lumayan mahal sehingga panen tidak bisa dilakukan secara sembarangan, harus di pertimbangkan benar ukuran beratnya sesuai dengan permintaan pelanggan.
Biasanya ikan gurami di panen saat beratnya mencapat kisaran 500 gram, jangan sampai terlalu besar atau terlalu kecil karena akan menurunkan harga jual.

Mungkin Cuma itu dulu yang bisa berwirausaha bagikan kali ini tentang peluang bisnis budidaya ikan gurame yang menjanjikan dan menguntungkan untuk di kerjakan, semoga bermanfaat dan sukses selalu dengan usaha anda.
Sampai jumpa.

SHARE:
budidaya 0 Replies to “Budidaya Ikan gurame Menguntungkan”
Riski
Lulusan S1 informatika, bekerja sebagai fulltime blogger, content writter, dan android developer... Berpengalaman bekerja dari sma, dan sekarang memilih menjalani usaha kecil kecilan.. pencinta musik folk, yang gemar membaca, menulis, dan membuat game...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.