Budidaya Ikan Mas Yang Menggiurkan seberapa menguntungkan

Selamat datang di berwirausaha.net pengunjung yang terhormat, pada kesempatan kali ini berwirausaha ingin mengajak anda semua mengulas tentang peluang usaha budidaya ikan mas, kelebihan usaha ini, kenapa usaha budidaya ikan mas bagus untuk di kerjakan.
Selamat membaca.

Ikan mas atau sering juga disebut dengan Ikan karper memiliki nama latin Cyprinus carpio merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang bernilai ekonomis tinggi yang sudah tersebar luas di hampir disemua daerah di Indonesia.

Menurut wiki pedia ikan mas sendiri sudah mulai dipelihara sekitar tahun 1920-an. Ikan mas yang terdapat di Indonesia saat ini merupakan jenis ikan mas yang sama dengan dibawa dari Cina, Eropa, Taiwan dan Jepang. Selain itu “ikan mas punten” dan “ikan mas majalaya” merupakan hasil seleksi di Indonesia. Sampai saat ini sudah terdapat 10 ikan mas yang dapat diidentifikasi berdasarkan karakteristik morfologisnya.

Jenis-jenis Ikan Mas (Karper)

Ikan mas biasanya di kelompokkan menjadi dua jenis berdasarkan tujuan budiday dan fungsinya, yaitu ikan mas hias dan ikan mas konsumsi, berikut jenis jenis ikan mas yang sering di jumpai :

Jenis Ikan Mas Konsumsi

  • Ikan Mas Sinyonya atau Putri Yogya
  • Ikan Mas Punten
  • Ikan Mas Yamato
  • Ikan Mas Merah
  • Ikan Mas Majalaya
  • Ikan Mas Taiwan
  • Ikan Mas Lokal

Jenis Ikan Mas Hias

  • Ikan Mas Kancra Domas
  • Ikan Mas Koi
  • Ikan Mas Kaca
  • Ikan Mas Fancy
  • Ikan Mas Kumpay

Apa sih Kelebihan Ikan Mas?

Ikan mas memiliki bebepapa kelebihan dibandingkan dengan ikan air tawar lainnya, diantaranya :

  1. Mudah dibudidayakan, karena ikan mas dapat dipijahkan secara alami.
  2. Dapat di budidaya pada berbagai jenis lingkungan, seperti di kolam tanah, kolam air deras (running water pond), keramba, di jaring terapung (floating cage)
  3. Bisa tumbuh hingga mencapai ukuran sangat besar, bahkan dulu di Bandung ada orang yang memiliki ikan mas yang memiliki seberat sampai 25 kg.
  4. Ikan ini memiliki tulang besar, dan berduri sedikit, sehingga tidak khawatir tertelan saat dimakan.
  5. Memiliki pertumbuh sangat cepat, bisa 5 kali lebih cepat dari ikan-ikan air tawar lainnya.
  6. Sangat respon terhadap pakan tambahan(doyan makan).



Kenapa usaha budiaya ikan mas ini layak di kerjakan?

Salah satu alasan kenapa ikan mas layak di budidaya adalah karena tingginya minat pasar akan daging ikan yang satu ini, ikan ini banyak di jadikan sebagai menu utama pada berbagai hidangan rumah makan. Harga ikan mas di pasaran juga tidak bisa di anggap remeh yaitu antara 30.000 sampai 50.000 perkilo. Wah untuk ukuran ikan tentu harga segitu sangat lumayan ya?
*catatan : harga bisa berbeda setiap daerahnya tergantung jenis, ukuran dan tren harga yang berlaku

usaha budidaya ikan mas

Bagaimana Sih Cara Budiaya Ikan Mas?

Cara budiaya ikan mas kurang lebih sama seperti budidaya ikan air tawar lainnya, berikut panduannya :

1. Persiapan kolam budiaya

Sebenarnya budidaya ikan mas dapat dilakukan dalam berbagai teknik seperti metode air deras, air tenang (tumpang sari). Tempat yang digunakan bisa berupa kolam tanah, kolam tembok, kolam terpal, sawah, keramba dan jaring apung.
Tapi sebagian besar petani lebih memilih melakukan budidaya ikan mas di kolam air tenang dengan lantai tanah, karena cara membuatnya mudah dan biaya pembuatannya murah. Maka kali ini kami akan memberikan contoh budidaya pada kolam tanah. kolam tanah mempunyai keunggulan lain yaitu bisa menyediakan pakan alami bagi ikan. seperti cacing atau tumbuhan air bisa tumbuh subur di dasar kolam. Hal ini membantu mengurangi biaya pakan yang di perlukan.

Baca juga >>  budidaya Kayu Jati Lengkap Pembibitan Dan Penanaman

Langkah-langkah Pengolahan Kolam Tanah:

  • lakukan terlebih dahulu pembajakan dasar kolam.
  • penjemuran, di maksudkan untuk membunuh bakteri penyakit yang ada di air/tanah.
  • pegapuran, pemupukan dan penggenangan air, hal ini dilakukan untuk mempersiapkan kolam agar menjadi lokasi yang ideal untuk proses budiaya.

Persiapan diatas biasa di lakukan dengan kurun waktu 1 sampai 2 minggu, tergantung cuaca saat pengolahan kolam.

2. Pembenihan ikan mas

Hal selanjutnya yang harus disiapkan adalah memilih bibit atau calon indukan.
Calon indukan ikan mas dapat anda dapatkan dari membeli dari petani lain ataupun membuat dan memelihara sendiri dalam kolam pembibitan, pembibitan indukan sebaiknya dipisahkan antara indukan jantan dan betina. Pemisahan dilakukan sampai kedua indukan siap memijah. Proses pemijahan atau perkawinan ikan mas dilakukan di kolam khusus. Kolam tersebut harus dilengkapi dengan kakaban, tempat untuk menempelkan telur hasil pembuahan.
Calon indukan ini sebaiknya dari keturunan yang memiliki sifat dan kwalitas unggul. Sehingga menghasilkan benih yang memiliki produktivitas tinggi.
Benih yang digunakan dalam usaha budidaya ikan mas biasanya berukuran 10-12 cm atau berbobot sekitar 80-100 gram per ekor. Ukuran benih sebesar ini diharapkan sudah cukup kuat untuk dibesarkan. Sehingga risiko kegagalan bisa ditekan. Lama pembesaran ikan mas berkisar 2-3 bulan.

3. Pemberian Pakan

Berikan pakan utama ikan mas biasanya berupa pelet dengan kadar protein 25%. Untuk jumlah pemberian pakan sebanyak 3-4% dari bobot ikan. Misalnya, untuk ikan dengan bobot 100 gram berikan pakan 3-4 gram pelet per ekor per hari.bila kita menanam 1000 ekor ikan berarti dibutuhkan pakan 3-4 kg per hari.
Jadwal pemberian pakan umumnya 3 kali sehari, diberikan pagi, siang dan sore hari.
Setiap 2 minggu lakukan penimbangan bobot tubuh ikan mas. Ambil beberapa ekor secara acak, timbang. Lalu sesuaikan jumlah pakan yang diberikan.
Dalam waktu 3 bulan, bobot ikan akan naik menjadi sekitar 300-400 gram per ekor. Dengan ukuran sebesar ini ikan sudah siap dipanen. Bila terus dipelihara, biaya pakan akan meningkat dan menjadi tidak ekonomis lagi kecuali harga ada tawaran harga jual ikan yang lebih tinggi.

4. Pengendalian hama dan penyakit

Seiring perkembangan ikan mas, penyebaran penyakit pun menjadi resiko yang wajib diperhitungkan. Untuk meminimalkan resiko, setiap pembudidaya perlu mengetahui berbagai penyakit yang biasa menyerang ikan mas. Anda bisa langsung berkonsultasi dengan dengan petani yang lebih berpengalaman untuk mengetahui jenis dan cara mengobati penyakit karena jujur kemampuan kami saat ini masih terbatas untuk hal itu.
Belum lagi akibat yang mungkin di timbulkan akibat salah diagnosis dan mist.

5. Panen

Secara umum tingkat keekonomian pembesaran ikan mas berada pada kisaran 300-400 gram per ekor. Bobot ikan dibawah itu, masih punya potensi untuk dibesarkan. Sedangkan bila melebihi bobot tersebut, ikan mas sudah tidak ekonomis lagi untuk dibesarkan. Porsi pakan yang dikonsumsi ikan sudah tidak sebanding lagi dengan pertumbuhan dan harga jual ikan.
Semakin lama waktu pembesaran semakin besar biaya operasional yang harus dikeluarkan, khususnya untuk pakan akan semakin besar dengan meningkatnya bobot ikan per ekor.

Namun hal tersebut masih tergantung pada kondisi pasar dan juga pesanan pembeli. Bila ada pasar yang mau menerima ikan mas berukuran besar dengan harga lebih mahal, pembesaran masih layak.

Waktu yang dibutuhkan untuk budidaya ikan mas dari ukuran 100 gram per ekor, sampai ukuran siap konsumsi 300-400 gram ekor sekitar 2-3 bulan. Dalam kurun waktu tersebut bobot ikan akan tumbuh 3-4 kali lipat.

Mungkin Cuma itu dulu yang bisa berwirausaha bagikan pada kesempatan kali ini tentang peluang bisnis budidaya ikan mas yang menjanjikan, semoga bermanfaat dan sukses selalu untuk anda.
Sampai jumpa.

Diposkan oleh Riski

Lulusan S1 informatika, bekerja sebagai fulltime blogger, content writter, dan android developer...
Berpengalaman bekerja dari sma, dan sekarang memilih menjalani usaha kecil kecilan..
pencinta musik folk, yang gemar membaca, menulis, dan membuat game...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.