tanam Rambutan ternyata adalah Usaha Menguntungkan

Selamat datang di berwirausaha.net pengunjung yang terhormat, kesempatan kali ini berwirausaha ingin mengajak anda menilik tentang peluang usaha budidaya buah rambutan, kenapa usaha ini bagus untuk di kerjakan, apakah bisa memberikan penghasilan, dan bagaimana cara memulai budidaya tanaman rambutan.
selamat membaca!



Siapa yang gak pernah makan rambutan, ngacung?? hehehe
saya yakin anda semua yang sedang membaca tulisan ini pasti pernah mengkonsumsi yang namanya buah rambutan.

rambutan merupakan buah asli yang berasal dari asia tenggara, ciri cirinya yaitu bulat dan memiliki rambut rambut pendek yang tumbuh di bagian luarnya kulit buahnya. mungkin karena itu ya namanya rambutan..? entahlah 

meskipun berasal dari asia tenggara buah yang satu ini ternyata udah tersebar sampe di mana mana lo, mulai dari  Amerika Tengah, Afrika, Kamboja, Karibia , India,  Malaysia, Filipina, Thailand dan Sri Lanka dan yang pastinya Indonesia.


Apa saja Sih Jenis Rambutan Yang Banyak Di budidaya Di Indonesia?

sebenarnya rambuatan memiliki banyak sekali species dan jenis, berikut kami berhasil merangkumkan beberapa diantaranya yang paling sering di jumpai di negara kita.

jenis rambutan berdasarkan asalnya :

  • Rambutan Binjai dari Pasar minggu
  • Rambutan Rapiah berasal dari Pasar minggu
  • Rambutan Narmada berasal dari NTB
  • Rambutan Nona atau Sinyonya dari Kampar, Riau
  • Rambutan Garuda berasal dari Sungai Andai, Kalimantan Selatan
  • Rambutan Kapulasan
  • Rambutan Lebak Bulus berasal dari Pasar minggu
  • Rambutan Si Batuk Ganal berasal dari Sungai Andai, Kalimantan Selatan
  • Rambutan Antalagi berasal dari Sungai Andai, Kalimantan Selatan
  • Rambutan Tangkue Lebak berasal dari Kecamatan Maja, Banten
  • Rambutan Bahrang berasal dari Langkat
  • Rambutan Sibongkok berasal dari Sungai Luhut, Kalimantan Selatan

 

kenapa buah ini banyak di budidaya?

Sebenarnya ada banyak sekali alasan yang menyebabkan kenapa buah yang satu ini jadi salah satu buah favorite untuk dibudidaya, yang pasti rambutan ini selain bisa dijual, rambutan juga banyak peminatnya dan juga buah ini sangat mudah perawatannya, masa panennya rutin musiman sehingga bisa di jadikan tambahan penghasilan saat musim panen rambutan tiba.

Selain ternyata rambutan memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita.
berikut ini apa saja manfaat rambutan :

Manfaat Rambutan Untuk kesehatan :

  • mengandung vitamin c yang efektif mencegah sariawan.
  • dikenal bisa mengobati mencret dan disentri.
  • dianggap mampu menurunkan demam ringan.



Manfaat Rambutan Untuk Kecantikan :

  • bisa di jadikan alat lulur yang mengencangkan kulit muda.
  • bisa di olah menjadi lipstik.
  • bisa di olah menjadi bahan campuran minyak rambut.

Kenapa Sih Budidaya Rambutan Layak Dikerjakan, Apakah Bisa Menghasilkan?

meskipun rambutan itu gampang di dapatkan dan kesannya di anggap remeh oleh sebagian orang ternyata rambutan bisa menghasilkan penghasilan tambahan untuk anda yang punya lahan nganggur karena rambutan ini bisa tumbuh dimana saja, dan pas musim panen rambutan tiba anda bisa bawa hasil panen anda untuk di jual ke penjual buah ataupun langsung di jual kepasar.

Emang Berapa Sih Untungnya Jualan Rambutan?

harga rambutan itu berfariasi tergantung dengan berbagai hal seperti kwalitas, rasa, ukuran, jenis, dan juga musim, tapi untuk harga rata rata biasanya rambutan dijual dengan harga antara 10 sampai 30 ribu perkilo.
satu pohonnya kalo lebah bisa menghasilkan buah rambutan sampe 20 sampe 50 kilo lebih, tinggal kalikan saja 10 ribu dengan hail panen nya berapa?
yang pasti lumayan banget kan? apalagi anda punya lebih dari satu pohon rambutan dan buah semua?
 

Bagaimana Cara Menanam Rambutan?

Seperti yang saya jelaskan sebelumnya cara budidaya buah rambutan tidaklah sulit sama saja dengan menanam buah pada umumnya hanya perlu perawatan awal saat awal tanam saja, berikut saya jelaskan sedikit detail cara menanam buah rambutan.

1. siapakan bibit

bibit rambutan bisa di peroleh dengan membelinya dari petani bibit, atau bisa anda buat sendiri dengan cara mencangkoknya dari pohon rambutan yang sudah berbuah lebat.

2. siapakan tempat tanam 

tempat tanam bisa berupa tanah, bisa di mana saja, baik di pekarangan belakang rumah, kebun, ataupun perbatasan lahan, yang jelas pastikan tanah yang akan di gunakan sebagai media tanam cukup subur dan memiliki tekstur gembur agar pertumbuhan semakin cepat.

3. lakukan perawatan

perawatan yang bisa dilakukan saat penanaman buah rambutan di antaranya :

  1. penyiraman secara rutin selama masa pertumbuhan.
  2. pemupukan.
  3. dan juga penyiangan.

4. pengurangan batang.

saat dalam masa pertumbuhan sebaiknya anda lakukan beberapa kali pengurangan batang agar pohon rambutan tumbuh sempurna terlebih dahulu saat tingginya anda anggap cukup hentikan pengurangan cabang biarkan pohon rimbun dan hijau.


5. panen.

panen bisa di mulai saat rambutan mulai berbuah lebat dan buahnya mulai berwarna kekuningan jangan menunggu terlalu merah karena setelah merah buah tidak akan tahan lama dan mulai busuk sebaiknya panen dilakukan serempak karena akan mengurangi kemungkinan buah busuk.

mungkin cuma itu aja yang bisa berwirausaha bagikan kali ini tentang peluang bisnis budidaya rambutan, semoga bermanfaat dan sukses selalu dengan usaha anda.
sampai jumpa.

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.