jenis pekerjaan Yang menghasilkan Dilingkungan Desa

Selamat datang di berwirausaha.net pengunjung yang terhormat?
Pada kesempatakan kali ini berwirausaha.net ingin mengajak anda mengulas peluang usaha yang bisa dikerjakan di desa, yang bisa di kerjakan dengan modal seadanya dan tentunya bisa menghasilkan keuntungan yang lumayan, sehingga bisa menambah jajan anak dan juga baju anak tercinta.
Selamat membaca.

Sebagian masyarakat memiliki anggapan jika tinggal didesa itu gak bisa berkembang dan sulit untuk sukses.
Pertama saya ingin menekankan jika anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar, kenapa?

Anda Tau bapak wayan seorang petani padi dari sumatra yang sekarang sukses memiliki sawah puluhan hektar padalah dulunya seorang buruh, atau bapak Zulkarnaen, pemilik CV Shinta Pratama di Ciamis, Jawa Barat. pengekspor kunyit keluar negeri, atau eka lesmana yang dulunya seorang bocah lulusan SMP tukang angon bebek yang sukses jadi blogger kaya raya dengan penghaslan 10.000 dolar atau sekitar 130.000.000 perbulan?
Mereka semua itu adalah orang orang yang tinggal dan berasal dari desa, tapi mereka bisa sukses.

Peluang Usaha Yang Cocok Dilingkungan Desa
foto eka lesmana

Ini membuktikan jika sukses seseorang itu bukan berasal dari latar belakang pendidikan ataupun lingkungan tempat tinggal mereka, tetapi lebih kepada dedikasi tinggi, keyakinan, serta keuletan yang justru menentukan.
Kalopun di kota itu bisa bikin seseorang cepet kaya saya rasa gak bakalan ada berita gelandangan terjaring razia satpol pp, atau nenek nenek tukang minta minta dirazia.

Menurut saya justru yang tinggal di desa sebenarnya memiliki peluang lebih besar untuk lebih cepat maju dan memperbaiki keadaan ekonomi. Salah satunya yaitu adalah memulai berwirusaha.

Nah langsung saja berikut ini kami sudah merangkumkan beberapa ide peluang usaha atau bisnis yang bisa anda kerjakan meskipun anda tinggal didesa :

Peluang Usaha Yang Cocok Dilingkungan Desa 



1. Ternak bebek

Pernah tidak anda terfikirkan untuk beternak bebek?
Bukan Cuma ternak satu dua biji untuk penghias pekarangan saja tentunya, tapi benar benar terjun membuka usaha ternak bebek.
Bebek merupakan salah satu unggas penghasil daging yang memiliki harga jual lebih tinggi di bandingkan ayam, jika tidak percaya coba anda pergi kepasar terus tanya harga bebek sekilo berapa? Mahal kan ya?
Selain memiliki harga jual lebih tinggi bebek memiliki keunggulan lain di bandingkan ayam, yaitu lebih tahan dari penyakit dan juga bisa menghasilkan keuntungan lebih besar jika di ternak secara intensif dan terprogram.



2. Budidaya Ikan

Usaha budidaya ini tidak luput pernah saya alami semasa lulus sma, dulu kakak saya memiliki sebuah warung makan/rumah makan pecel lele dan selalu saja kekurangan stock ikan lele kalo beli dari pasar, wajar karena biasanya ikan lele yang dijual dipasar itu didatangkan dari luar daerah.
Kakak saya tinggal dan jualan disekitaran pasar jadi pembelinya rame, sedangkan saya tinggal di kampung yang pekarangannya banyak kosong melompong gak ada apa apa, iseng iseng inisiatif coba saya buatkan kolam dari plastik tambak waktu itu, lalu saya tebari dengan bibit lele, 6 bulan kemudian alhamdulilah ikannya habis dan gagal panen, wajar waktu itu masih pertama kalinya nyoba budidaya, terus yan kedua balik modal , baru masuk tebaran yang ke 5 saya bisa merasakan manisnya penghasilan.

Baca juga >>  Tips Cara Menentukan Jurusan dan Program Studi Yang Tepat



3. Kunyit.

Terinspirasi dari kisahnya bapak Zulkarnaen, saya rasa budidaya kunyit itu termasuk memiliki prospek yang lumayan menjanjikan. Bahkan bapak Zulkarnaen mampu meraup omset mencapai lebih dari 6 juta perbulan dari satu hektar ladangnya sedangkan belia punya berhektar hektar sawah jadi nya omsetnya ya sampe puluhan juta. Penasaran cerita lebih lanjutnya anda bisa baca disini.

4. jualan Bibti Tanaman

Tinggal didesa pasti mayoritas penduduknya adalah petani petani ya kerjanya berkebun, dan mau menanami kebun pasti butuh bibit, jadi bibit merupakan kebutuhan wajib bagi petani, kalo anda punya modal dan kemampuan untuk bikin bibit kenapa gak mencoba usaha yang satu ini?
Jualan bibit lumayan menghasilkan lo.
Apalagi bibit yang anda buat itu jenis bibit tanaman yang sering di cari petani, nisalnya bibit kayu jati, bibit sengon, bibit tanaman dan tumbuhan lainnya.

5.jualan Pupuk

Pupuk itu barang langka dan juga mahal kalo didesa, makanya jualan pupuk itu untungnya tidak maen maen, apalagi jaman sekarang ini pupuk dibatasi peredarannya dan juga agak sulit didapatkan.
Maka jika anda memiliki suplier pupuk, ini bisa jadi kesempatan langka untuk jadi penghasilan.

6.Jualan Obat Hama, suket/gulma, obat hewan dan obat ternak lainnya

Hama, penyakit dan rumput liar adalah musuh utamanya petani, jadi mereka rela melakukan segala cara untuk mencegah penyakit itu menyerang tanaman mereka karena kemungkinan terburuknya bisa membuat panen jad tidak menghasilkan hasil yang optimal, sehingga petani rela mengelurkan uang untuk membeli obat obatan atau pestisida demi mencegah masalah pada tanaman.
 Nah ini jadi peluang untuk anda jika hendak membuka usaha jualan obat obatan pertanian.

7.Pakan Ternak, ikan, atau Hewan peliharaan

 Seperti diawal kan Sudah saya katakan jika bukan rahasia bila berternak hewan menjadi primadona usaha di desa yang menguntungkan. Salah satu alasan mengapa banyak orang yang ternak hewan adalah tersedianya makanan hewan yang melimpah seperti rumput.
Contoh hewan yang bisa anda ternak cukup banyak seperti sapi, kerbau, kambing, ayam dan lain sebagainya.

8. Usaha bengkel dan tambal ban motor

Didearah kan sulit nyari bengkel dan juga tambal ban, maka usaha ini menjadi sebuah plihan bijak untuk anda, apalagi anda memang memilk kemampuan untuk bidang itu, selain itu tambal ban motor itu modalnya gak terlalu besar, yang paling besar Cuma diawal beli kompresornya aja.

9. Membaut Jajanan Dan Makanan Ringan

Kalo di sekitar tempat tinggal saya, ibu ibu itu darpada nganggur di tinggal suami keladang banyak yang bikin jajanan dan di jual kewarung warung atau pasar pasar tradisional. Lumayan bisa menambah uang masak dan juga jajan anak.
Salah satu contoh makanan ringan yang banyak di buat sama ibu ibu di desa itu adalah untir untir.

10. Pengepul Hasil Panenan

Banyak penduduk desa yang berprofesi sebagai petani.
Saat panen tiba, berbagai hasil panen akan lebih mudah Anda dapatkan. Kondisi ini sangat ideal untuk memulai usaha penjualan hasil panen. Anda dapat menjadi distributor yang membeli dari petani lokal lalu mengirimkannya ke pasar atau menjualnya langsung di tempat Anda.

Mungkin Cuma itu dulu yang bisa berwirausaha.net bagikan pada kesempatan kali ini tentang peluang usaha yang cocok di kerjakan di lingkungan pedesaan, semoga bermanfaat dan bisa menyumbangkan ide untuk anda.
Sukses selau dengan usaha anda,

… sampai jumpa.

Diposkan oleh Riski

Lulusan S1 informatika, bekerja sebagai fulltime blogger, content writter, dan android developer...
Berpengalaman bekerja dari sma, dan sekarang memilih menjalani usaha kecil kecilan..
pencinta musik folk, yang gemar membaca, menulis, dan membuat game...

2 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.