Alasan Kenapa Jaman Sekarang Susah Memperoleh Pekerjaan

Hallo  sebelumnya, selamat datang di berwirausaha.
Kali ini kami akan mencoba merangkumkan alasan yang menyebabkan kemana jaman sekarang sangat sulit mencari pekerjaan.

Kita tau bahwa pengangguran merupakan salah satu penyebab berbagai masalah yang muncul dinegara kita, contohnya seperti maraknya tindak kejahatan dan kriminalisme, meningkatnya tingkat kemiskinan, dan juga jumlah tunawisma( gelandangan) serta tukang meminta minta khususnya dikota kota besar.
Sebenarnya menjadi pengangguran bukanlah sebuah pilihan, karena saya yakin tidak ada orang yang mau atau ingin menjadi pengangguran yang mempunyai penghasilan, tetapi lebih karena keadaan yang memang sulit untuk mencari pekerjaan.

Alasan Kenapa Jaman Sekarang Susah Memperoleh Pekerjaan
source pixabay.com

Nah berikut ini adalah beberapa penyebab kenapa sekarang sangat sulit mencari kerja :

1. Banyak lulusan yang mencari kerja bukan membuka usaha

Salah satu masalah penyebab kenapa pengangguran terus meningkat adalah karena terlalu banyak banyak pemuda lulus pendidikan yang lulus langsung terjun mencari pekerjaan, ya memang sih tidak ada salah jika bekerja, karena memang menjadi pekerja tergolong lebih aman.
Solusinya  seandainya saja pemikiran ini dirubah dan 50 persen saja dari jumlah lulusan pendidikan yang ada merubah pola pikir dan membuka usaha sendiri, saya yakin masalah pengangguran akan cepat terselesaikan.

2. Perkembangan Penduduk Yang Terlalu Pesat

 padat penduduk
source pixabay.com

Perkembangan jumlah penduduk yang terlalu cepat pada suatu negara atau daerah sedikit banyak pasti akan menimbulkan dampak dampak negatif, seperti salah satunya yaitu sulitnya mencari pekerjaan, bagaimana tidak daerah dengan penduduk lebih padat pasti tingkat persaingannya juga akan semakin ketat khususnya dalam mencari dan memperoleh pekerjaan.
Solusinya yaitu pindah kedaerah yang belum terlalu padat penduduknya, karena kemungkinan untuk memperoleh pekerjaan akan lebih lebar terbuka jika saingannya sedikit.

3. Kemampuan bukan lagi jaminan

Entah anda merasakannya atau tidak, coba perhatikan lingkungan kerja di sekitar anda, sekarang ini IP dan kemampuan justru bukan menjadi tolak ukur utama seseorang dalam memperoleh pekerjaan, karena banyak orang yang menggunakan cara licik “orang dalam”, karena banyak sekali pengalaman jika ada saudara ada di suatu lembaga atau instansi sudah dipastikan akan lebih mudah dalam memperoleh pekerjaan.
Solusinya jujur saja kami belum mampu menjawabnya, karena hal ini sudah lama terjadi dan menjadi kebiasaan, kalaupun memang benar benar mau berubah ya kita harus bisa merubah pola pikir setidaknya dimulai dari diri sendiri dan orang orang terdekat.

Baca juga >>  Usaha Apa yang membuat kita cepat kaya, ini jawabannya

4. KKN Merajalela

kkn meraja lela
source pixabay.com

Kenapa KKN(korupsi, kolusi dan nepotisme) menjadi salah satu penyebab makin sulitnya mecari pekerjaan?
Jawabannya simple itu karena KKN membuat banyak perusahaan Bangkrut atau gulung tikar, Bacalah di koran koran berapa banyak perusahaan yang kolep atau gukung tikar karena disebabkan oleh KKN, modalnya dibawa minggat, pembangunan sarana dan prasarana terhambat dan akibatnya banyak orang kehilangn tempat kerjaannya.
Solusinya ya sama seperti solusi sebelumnya mulai merubah diri sendiri, keluarga, dan lingkungan.
Serta lebih “aware’ dan tau jika korupsi, kolusi, dan nepotisme itu tidak hanya merugikan diri sendiri tetapi juga orang lain.

5. Gengsi Anak Generasi Sekarang Sangat Tinggi

Saya merasa, saya ini lahir diantara generasi yang elit yang tidak pada tempatnya, generasi yang membesarkan gengsinya pada sesuatu yang sebenarnya sama sekali tidak berguna, pintar berfoya foya tapi malu melakukan berusaha sendiri untuk mendapatkannya.
Contoh sederhananya saja lulusan sarjana lebih memilih menganggur dan mengandalkan pendapatan orang tua di bandingkan memulai usaha seperti berjualan, saat ditanya alasannya kenapa jawabnya Cuma simpel “malu” atau nggak “gengsi”.

6. Jiwa Usaha Pada Generasi Mudanya Sudah  Semakin luntur

Saya gak tau kenapa tapi lihatlah perusahaan perusahaan besar yang ada di indonesia rata rata pemiliknya adalah orang asing, coba fikirkan kenapa?
Tidak perlu dijawab, cukup pikirkan saja asalannya kenapa..

Sudah mungkin Cuma itu yang berwirausaha bisa bagikan pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat dan sukses selalu untuk anda.
Sampai jumpa

Diposkan oleh Riski

Lulusan S1 informatika, bekerja sebagai fulltime blogger, content writter, dan android developer...
Berpengalaman bekerja dari sma, dan sekarang memilih menjalani usaha kecil kecilan..
pencinta musik folk, yang gemar membaca, menulis, dan membuat game...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.