Cara efektif Melamar Kerja Agar Cepat Diterima

Bagaimana cara melamar kerja agar mudah diterima?

pertanyaan di atas merupakan sebuah pertanyaan klasik dan saya yakin sampai saat ini masih banyak sekali di tanyakan oleh mereka khususnya teman teman yang sedang dalam proses mencari pekerjaan.

karena kita semua tau sekarang ini mencari pekerjaan bukanlah sebuah perkara yang mudah untuk dilakukan.

apalagi jika kamu memiliki keinginan agar diterima di tempat tempat yang memang sangat diminati untuk memperoleh pekerjaan misalnya seperti :

  • di bank (BCA, Mandri, BRI, BNI, Danamon, dan lain lain).
  • di Perusahaan IT (google, Kaskus, Bukalapak, dan lain lain).
  • di Perusahaan swasta (indomaret, alfamart, jco, kfc, hotel dan lain lain).
  • ataupun melamar kerja di luar negeri.

nah untuk itu berikut kami sudah merangkum beberapa tips cara bera beda melamar pekerjaan.

Tips membuat dan memasukkan lamaran pekerjaan

proses penerimaan berkas lamaran kerja sekarang ini sudah sangat beragam, lamaran kerja bisa dikirimkan melalui surat konvensional, ataupun bisa juga menggunakan media perangkat elektronik seperti email.

berikut tips saat membuat lamaran :

  1. Baca dahulu peraturan pengajuan secara seksama, pastikan kamu memenuhi kriteria yang ditentukan ya.
  2. kumpulkan informasi terkait tempat kamu akan melamar pekerjaan jangan sampai kamu mengajukan lamaran tapi kamu tidak tau seperti apa calon tempat kamu bekerja.
  3. gunakan waktu kamu mempersiapkan lamaran yang akan kamu kirimkan, jika bisa buat surat lamaran yang baik, serta menarik perhatian.
  4. setelah lamaran dikirim persiapkan diri kamu kalau kalau tiba tiba kamu mendapat panggilan.

setelah berkas lamaran kamu diterima saatnya menghadapi tantangan paling beratnya yakni melakukan interview, kenapa saya bilang terberat?

karena tidak sedikit mereka yang gugur pada sesi ini, nah berikut kami sudah membuatkan tips tips menghadapi inter viewer (orang yang menginterview).

Cara Melamar Kerja Yang Unik Dan Beda

Tips Melakukan Interview

1. Pastikan Mempersiapkan Diri Sebelumnya

Tugas pertama kamu adalah mempersiapkan diri, termasuk tau apa kelebihan kamu, tau apa kekurangan, karena nantinya pada saat sesi wawancara ini biasanya kamu harus “menjual” kemampuan yang ada pada diri kamu.

2. Jaga Sopan santun dan Tingkah Laku

Kenapa menjaga kelakuan penting terutama pada saat interview?
jawabannya simpel, karena seseorang itu saat pertama bertemu yang akan dinilai ya kesopanan dan tingkah lakunya, kalau menurut interviewer oke maka kamu akan lolos dan dia akan mulai menilai kelebihan kamu yang lainnya.

3. Tunjukkan Percaya Diri dan Pemikiran Positif Kamu

Percaya diri dan berfikir positif sangat diperlukan terutama untuk meyakinkan interviewer anda nantinya..
Dengan selalu berpikiran positive anda secara tidak langsung juga akan mencerminkan kepribadian kamu dan jangan pernah mengatakan tidak untuk pertanyaan yang memerlukan keyakinan.
contoh anda di tanya :

apakah anda cerdas?
jawab saja dengan tenang dan yakin “ya saya cerdas”, dalam berbagai hal,..lalu tambah penjelasan anda sendiri..

4. pusatkan perhatian dan berikan antusias sepenuhnya.

Siapa sih yang senang diabaikan? apalagi ini interviewer dan merekalah orang yang memiliki kewenangan untuk menentukan lamaran kerja kamu diterima atau tidak, jadi sebisa mungkin kamu antusiaslah dan perhatikan apa yang mereka sampaikan.
tips: 
hindari menguap, termenung/bengong sesaat, kurang fokus, dan terlalu antusias.

5. pastikan sudah paham betul tempat kamu melamar kerja

inilah kenapa sebelum anda mengirimkan lamaran tadi saya anjurkan anda mencari tau tentang tempat kerja anda nantinya, karena biasanya pertanyaan seputar pengetahuan anda tentang perusahaan akan di tanyakan.

6. buktikan jika kamu punya kemampuan berfikir logis/cerdas dibawah tekanan

perusahaan sangat mengutamakan seseorang yang mampu bekerja di bawah tekanan, karena kita tau jika dunia kerja itu penuh dengan tekanan. Oleh karena itu interview biasanya digunakan untuk menguji mental para pelamar kerja.
agar tidak terlihat gugup, sebaiknya jangan sampai mengucapkan kalimat “eeee” atau “anu” disetiap hendak menjawab pertanyaan.

7. jangan sampai pertanyaan berhenti di kamu

Tips selanjutnya agar tidak canggung saat wawancara berlangsung adalah dengan memberikan feedback kepada lawan bicara anda.

misal anda ditanya “bagaimana kabarmu?”
jawab “alhamdulillah baik pak, baik sendiri bagaimana?”

dan iya memberikan pertanyaan balik juga akan memberi keuntungan karena si lawan bicara anda akan membutuhkan waktu sebentar untuk kembali mengajukan pertanyaan selanjutnya, dan kamu jadi memiliki waktu mempersiapkan diri menjawab pertanyaan selanjutnya.
tapi perlu di perhatikan jangan setiap diberi pertanyaan kamu berikan pertanyaan balik ya? cukup di masukan pada kalimat yang memungkinkan saja.

8. ikuti alur yang sedang berjalan secara natural

Terlihat cerdas dan menonjol si memang baik, tapi perlu di perhatikan jangan sampai malah memberikan kesan yang sombong, besar kepala ataupun ngotak kalau istilah sehari harinya.
berjalan saja dengan alami karena tanpa “sok tau pun” orang akan sudah bisa menilai kamu seperti apa.

9. gunakan bahasa yang baik

Tutur bahasa bahasa ini penting karena wawancara memang haruslah menggunakan bahasa baku yang baik, terlebih menggunakan bahasa baku menunjukkan tingkat elektualitas seseorang, tapi jangan sampai berlebihan ya, takutnya malah nanti akan terlihat seperti Vikky Prasetio, itu lo artis yang sering menggunakan bahasa intelek di televisi.😂😂

10 berdoa.

Usaha sudah, hal terakhir yang sekarang harus anda lakukan, tinggal mengembalikan semuanya pada si Pemberi Rizky, karena jika Dia menghendaki diterima maka pastilah anda diterima.
Sambil menunggu balasan silah kan lakukan kegiatan seperti biasanya seperti makan, minum, tidur, dan kegiatan biasa sehari hari anda

sudah mungkin cuma itu dulu yang bisa berwirausaha bagikan pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat dan semoga anda lekas mendapat kerja.

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.