20 November 2016

Tips Agar Lulus Kuliah Langsung Mendapat Kerja

Sebagian besar dari mahasiswa baik yang baru masuk kuliah atau mungkin yang sudah mau lulus selalu saja bingung saat ditanya “lulus mau ngapain”, atau Lulus mau kerja dimana?
Sepele memang tapi taukan kalian  jika hal seperti ini terus dibiarkan (apa  lagi yang sudah semester tua),  maka keungkinan besar setelah lulus kamu akan menjadi pengangguran.
Yaa..Kecuali kamu memang memliki nasib yang benar benar bagus (sodara kamu punya usaha dan bisa jamin kamu lulus langsung dapat kerja).

Tapi saya yakin nggak semua orang seberuntung itu, terus bagimana caranya agar pas lulus kuliah nanti kamu tidak jadi pengangguran?dan bisa langsung dapet kerjaan?

Berikut tips tipsnya agar lulus kuliah langsung kerja :

1. Mulai Susun Rencana dari sekarang

Sama saja dengan bermain catur, kamu tidak mungkin bisa menang/membunuh raja tanpa rencana persiapan serta memikirkan strategi dan hanya bergerak sembarangan.
Begitu juga dengan orang mencari pekerjaan, jadi setelah kamu memasuki dunia perkuliahan mulailah bangun planing masadepan kamu, tentukan lulus kamu mau kemana, ngapain, kerja apa, dan juga jangan lupa mempersiapkan diri agar saat lulus kamu telah siap mewujudkannya.

2. Siapakan rencana cadangan

tips lulus langsung kerja

Kita tau manusia itu hanya berencana dan Allah yang nantinya menetukan,untuk itu kamu harus punya rencana cadangan seandainya rencana awal kamu gagal jadi kamu gak kehilangan tujuan.
Misalnya :
kamu sudah menyusun rencana lulus kerja di perusahaan A, dan ternyata setelah kamu lulus jumlah karyawan diperusahaan A itu sudah terisi semua, maka kamu harus memiliki rencana cadangan misal dengan membuka usaha mandiri.

3. Jika berencana membuka usaha, buka usaha saat masih kuliah

jika kamu memiliki cita cita lulus kuliah pingin membuka usaha maka sebaiknya usaha tersebut harus kamu rintis dari saat kamu masih kuliah, kenapa?

Berikut alsannya :

  • memulai usaha setelah lulus itu sulit, percaya nggak percaya saat kamu memulai usaha nanti pasti ada saja kendalanya ditambah beban gelar yang selalu jadi omongan tetangga yang bisa bikin mental kamu down, untuk itu mulailah saat masih kuliah.
  • Kamu tidak akan terlalu terbebani karena jikapun usaha kamu gagal, karena setidaknya masih ada orang tua dibelakang yang akan mensuport mental dan keuangan kamu.
  • waktu kamu masih panjang untuk bisa mendapat pelajaran, pengalaman dan untuk mencoba lagi jika usah kamu gagal.
Baca juga >>  Tips Cara membuat Brand atau Merek produk Menarik Bagi Calon Pelanggan

4. Cari kenalan dan relasi sebanyak banyaknya

Memiliki banyak teman dan relasi, banyak kenal dengan orang orang itu sedikit banyak akan membantu mempermudah kamu dalam proses karir kamu nantinya.

Contoh kecilnya

saat kamu mencari pekerjaan, teman teman kamu akan membantu memberikan informasinya jika ada lowongan,atau misal kamu melamar kerja dan ternyata teman kamu juga kerja disana maka pasti teman kamu akan membantu mempermudah proses kamu diterima.

Contoh lain :

Jika kamu memiliki banyak relasi dan kamu membuka usaha maka relasi kamu akan menjadi iklan yang menghubungkan usaha kamu dengan orang orang yang mungkin akan menjadi konsumen kamu.

5. Ajak teman sharing diskusi soal masa depan, jangan Cuma bercandaan

Sekarang ini kita hidup di era informasi, dimana orang yang memiliki informasi paling luas maka dia yang akan lebih diuntungkan, terutama sebelum memasuki dunia kerja.
Sesekali cobalah untuk ajak ngobro(diskusi) kawan kawan nongkrong kamu, karena biasanya dari obrolan itu akan sedikit membuka wawasan kamu dan kamu akan mendapat informasi baru.
Obrolan ringan diselingin bencandaan dengan teman juga biasanya menghasilkan ide brilian dari celetukan tak sengaja teman kamu, dan saat kamu menyadari ide dari celetukan itu brilian dan kamu cukup berani nerealisasikan ide dari celetukan itu bisa saja menjadi sesuatu yang menghasilkan.

Contoh sederhananya seorang kenalan saya, saat ini menjadi seorang sturtup yang bisa dibilang lumayan berhasil karena menciptakan aplikasi yang cukup diminati saat ini.
Tau dari mana idenya itu dia dapatkan??
Yaitu saat nongkrong sambil berbincang bincang dengan teman teman sekampusnya di sebuah wartek.

mungkin cuma itu yang bisa berwirausaha bagikan kali ini tentang tips tips agar lulus kuliah langung kerja, semoga bermanfaat dan tambah sukses dalam pekerjaan anda.
sampai jumpa

SHARE:
tips 0 Replies to “Tips Agar Lulus Kuliah Langsung Mendapat Kerja”
Riski
Lulusan S1 informatika, bekerja sebagai fulltime blogger, content writter, dan android developer... Berpengalaman bekerja dari sma, dan sekarang memilih menjalani usaha kecil kecilan.. pencinta musik folk, yang gemar membaca, menulis, dan membuat game...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.