Cara Bertani Singkong Lengkap Manfaat Serta Tips Budidaya

Siapa yang tidak mengenal Singkong? tanaman yang berasal dari Amerika Selatan sudah sangat lama di kenal dekat dengan masyarakat indonesia.
Sangking terkenalnya tanaman yang satu ini sampai ada sebuah lagu yang berjudul “anak singkong”. hehehe
Singkong juga sudah lama dijadikan sebagai Makanan Alternatif Pengganti Beras, bahkan sejak jaman penjajahan dulu. Singkong memiliki kandungan karbonhidrat tinggi sehingga sangat baik untuk di konsumsi.

usaha tani singkong
source pixabay

Selain itu alasan utama tanaman yang satu ini banyak di gemari dikalangan masyarakat adalah manfaatnya yang sangat banyak dan seluruh bagian dari tumbuhan singkong bisa di manfaatkan.
Mulai dari daun bisa dimanfaatkan sebagai bahan sayuran.
Batang bisa ditanam kembali.

sedangkan  untuk singkongnya sendiri bisa diolah menjadi berbagai makanan olahan singkong, seperti keripik singkong, dihjadikan tiwul, tepung tapioka dan berbagai olahan makanan lainnya.
Selain itu belakangan singkong mulai dilirik oleh para pelaku usaha untuk menjadi bahan utama produk makanan. Dan dari sanalah tercipta sebuah peluang usaha yang menjanjikan..

Singkong merupakan salah satu komuditi pangan pokok yang sangat dibutuhkan saat ini. singkong memegang peranan penting dalam
industri pangan, karena memiliki banyak sekali kelebihan dari buah sampai daun semua bisa di manfaatkan.

Singkong sendiri adalah salah satu bahan pokok dalam industri makanan. Banyak sekali makanan hasil olahan dari singkong diantaranya kerupuk singkong, keripik singkong, tape singkong, dan masih banyak lag olahan singkong lainnya.
Inilah yang membuat usaha menanam singkong bisa termasuk salah satu usaha yang menguntungkan karena singkong memiliki nilai ekonomis cukup tinggi di mata masyarakat.

Potensi Pasar
Minat beli masyaraka yang tinggi membuat singkong memiliki potensi cukup menjanjikan bila dijadika sebagai mata pencaharian.


Manfaat singkong

Singkong memiliki kelebihan tersendiri dimana tanaman ini sangat mudah untuk di budidaya dan memiliki sejuta manfaat bagi manusia. Dan dari sinilah tercipta peluang usaha.
Manfaat Singkong Bagi Kesehatan Tubuh Manusia
1. sebagai Sumber Serat
Singkong dapat menjadi sumber serat yang bagus, selain itu Singkong dapat menurunkan kadar trigliserida. Hal ini membuat singkong mampu menurunkan resiko penyakit stroke, gagal jantung, kanker usus besar serta membantu mengendalikan diabetes. Manfaat singkong ini didapatkan dengan cara kukus atau rebus kemudian di konsumsi.

2. Sumber Karbohidrat
Singkong memiliki jumlah kalori dua kali lipat lebih banyak di bandingkan dengan kentang. Sehingga singkong sangat cocok bila menjadi salah satu makanan pokok sebagai sumber karbohidrat. Di dalam 100 gram singkong, terkandung 160 kalori, yang terdiri dari sukrosa.

3. Tinggi Protein
Singkong lebih rendah lemak bila dibandingkan sereal dan kacang-kacangan. Namun, singkong juga memiliki kandungan protein yang tinggi dibandingkan kentang dan juga pisang. Sehingga singkong sangat cocok bagi anda yang sedang menjalani program diet atau body building (pembentukan tubuh).

4. Sumber Vitamin K
Singkong mengandung vitamin K yang berfungsi dalam membangun masa tulang. Vitamin K juga dapat melindungi dan berperan penting dalam pengobatan pasien Alzheimer dengan membatasi kerusakan saraf di otak. Sangat baik untuk anak anak dalam masa pertumbuhan.

5. Kaya Vitamin B kompleks
Singkong juga merupakan sumber dari vitamin B kompleks dan kelompok vitamin seperti riboflavin, folates, thiamin, piridoksin (vitamin B-6) dan asam pantotenat. Riboflavin dapat membantu dalam pertumbuhan tubuh serta memproduksi sel darah merah untuk mengurangi anemia.

6. Kaya Mineral penting
Singkong adalah sumber mineral yang penting bagi tubuh, seperti magnesium, seng, tembaga, besi, dan juga mangan. Selain itu, Jumlah kalium pada singkong bermanfaat sebagai komponen penting pembentukan sel tubuh serta mengatur tekanan darah. Berdasarkan penelitian yang dilansir Affleap  manfaat singkong sebagai penurun kadar kolesterol jahat dalam darah.

7. Mampu Membantu Melancarkan pencernaan
Kandungan Insoluble Fiber atau Serat pada buah singkong tidak larut dalam Air. Serat jenis ini membantu memperlancar proses buang air besar, serta dapat menyerap dan membuang toksin atau racun dalam usus, sehingga pencernaan menjadi sehat.

Produk olahan singkong

Seperti yang saya jelaskan sebelumnya singkong bisa di olah menjadi berbagai macam produk olahan, diantaranya adalah :

1. Keripik Singkong

Keripik singkong merupakan makanan cemilan yang paling banyak di gemari. Bisa di hidangkan untuk tamu atau dijadikan teman saat menonton televisi.
belakangan ini banyak sekali bermunculan produk-produk keripik singkong dipasaran, mulai dari keripik singkong dengan rasa pedas, manis, asin, dan , berbagai olahan singkong kreatif lainnya.

2. Tiwul

Tiwul merupakan makanan tradisional cukup terkenal di sekitaran jawa. Tiwul pada jaman penjajahan dulu dibuat untuk menggatikan nasi. Tiwul memiliki citarasa yang khas sehingga banyak digemari.

3. Tepung Tapioka

tepung tapioka merupakan salah satu produk terkenal yang terbuat dari singkong, tidaklah sulit,kita harga tepung tapioka biasa dipasarkan Rp.5.000 per kilo.

dan masih banyak lagi produk produk olahan lainnya yang terbuat dari singkong. Anda hanya harus jeli dalam memanfaatkan singkong tadi.

Tips Memulai Budidaya singkong

Jika anda memiliki keinginan untuk memulai usaha ada beberapa hal yang harus anda diapkan diantaranya.

1. Mempersiapkan lahan
Sebenarnya Tanaman Singkong umumnya bisa tumbuh hampir di semua tempat, asalkan tanahnya subur, sehinga di sarankan untuk membajak tanah yang hendak dijadikan sebagai lahan yang akan ditanami singkong.
Biasanya tanah yang hendak dijadikan lahan akan dibuat gundukan gundukan lurus.

2. Pemilihan Bibit Singkong

Pemilihan Bibit singkong yang baik akan menentukan hasil dari singkong yang di tanam nantinya, berikut ini ciri ciri bibit singkong yang baik :
dipilih dari batang singkong yang lurus 
bewarna terang, tidak terlalu gelap, bersisik, dan kering
memiliki ukuran sedang, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil

3. Penanaman
karena singkong di tanam dari batang nya langsung maka sebaiknya diperhatikan pada saat proses penanaman, pastikan anda tidak menanam singkong secara terbalik, meletakan bagian atas dan bagian bawah bibit dengan tepat dengan memperhatika arah calon daun yang ada disetiap batang singkong.

4. Pupuk 
 Untuk mempersubur tanaman singkong anda pemupukan sangat di anjurkan, berkonsultasilah pada penjual pupuk, pupuk apa yang paling sesuai dengan tanaman singkong anda.

5. Perawatan
Umumnya singkong tidak memerlukan perawatan khusus, anda hanya harus memperhatikan agar lahan tidak terlalu bongkor atau banyak di tumbuhi rumput  karena bisa mengganggu pertumbuhan singkong tadi.

Mungkin hanya itu saja yang bisa saya bagikan tentang peluang usaha bercocok tanam singkong.
Semoga bermanfaat

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.