Lompat ke konten
Home » tokoh » Siapa Pemilik Alfamart dan Indomart, ini Jawabannya

Siapa Pemilik Alfamart dan Indomart, ini Jawabannya

Siapa Pemilik Alfamart dan Indomaret? Pernahkan anda bertanya dalam hati siapa Pemilik Alfamart dan Indomart? Lalu Kenapa dua toko swalayan ini selalu bersebelahan? Apakah pemiliknya satu orang?

Nah pada kesempatan kali ini berwirausaha akan mengulas pertanyaan seputar alfamart dan indomart secara lengkap satu persatu,  selamat membaca.

Pemilik Alfamart dan Indomart

Apa Itu Indomaret dan Alfamart ?

Saya yakin anda sendiri sudah tau apa itu alfamart dan indomart, terutama yang sering belanja di dua swalayan tersebut.

Tapi untuk yang mungkin belum tau, Alfamart dan Indomaret adalah dua perusahaan jaringan minimarket yang menyediakan barang barang kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari masyarakat, seperti makanan, minuman, dan juga berbagai keperluan rumah tangga lainnya.

Kenapa alfamart dan indomart Selalu Berdekatan?

Kenapa selalu didirikan berdekatan? Apakah pemiliknya alfamart dan indomart Satu Orang?

Jawabanya adalah “bukan”!

Alfamart dan indomaret itu merupakan dua toko swalayan yang dimiliki oleh dua perusahaan yang berbeda, justru sebaliknya alfamart dan indomart sebenarnya adalah dua perusahaan yang sudah lama menjadi rival (musuh bebuyutan), terutama dalam hal persaingan bisnis dan pemasaran!

Lalu kenapa Indomaret dan Alfamart selalu didirikan berdekatan?

Alasan kenapa indomaret dan alfamart selalu berdekatan sebenarnya hal tersebut dikarenakan strategi pemasaran mereka yang sama, yakni dengan cara mendirikan serta menyebarkan cabang toko toko swalayan mereka secara merata ke seluruh daerah dan pelosok di indonesia.

Kami sendiri belum dapat memastikan mana diantara dua minimarket tersebut yang menerapkan strategi ini lebih dulu.

Siapa sebenarnya pemilik Alfamart dan Indomart?

Pemilik Indomaret

Sudono salim

Indomaret dikelola oleh PT. Indomarco Prismatama, dimiliki oleh Salim Group yang didirikan pada tanggal 4 Oktober 1972 di Indonesia. Perusahaan ini didirikan oleh Sudono Salim, saat ini perusahaan dikelola dan diteruskan oleh anak anaknya Anthoni Salim. Selain indomaret salim group juga memiliki beberapa anak perusahaan lain diantaranya :

  • Indolife
  • Indocement
  • Indogrosir
  • Indomobil Group
  • Intikom Berlian Mustika
  • Elshinta Media
  • Salim Palm Plantation
  • Salim Ivomas Pratama
  • Total Chemindo Loka
  • Super Indo (51% dikuasai oleh Delhaize Group)

artikel tentang pendirian indomaret oleh sudono salim bisa anda baca di artikel berikut siapa pendiri indomaret

Pemilik Alfamart

Alfamart dimiliki oleh salah satu pengusaha terkaya di Indonesia, yakni Djoko Susanto (Kwok Kwie Fo  atau A. Kwie), Tokoh berdarah Cina ini lahir pada 9 Februari 1950.

Pada tahun 2012, Alfamart menyandang gelar Top Brand yang diselenggarakan lembaga riset Frontier Consulting Group. Di tahun yang sama, Alfamart juga menggenggam jawara kategori minimarket terbaik dari ajang Indonesia Best Brand Award. Djoko Susanto, menempati urutan ke-27 orang terkaya di Indonesia Berdasarkan versi Majalah Forbes tahun 2014.

Djoko Susanto

Kemudian di tahun 2015, kekayaannya bertambah seiring berkembang pesatnya bisnis yang ia jalani, majalah Forbes bahkan menempatkan ia di posisi 18 dalam urutan orang terkaya di Indonesia dengan jumlah kekayaan sekitar 1,22 miliar US dollar atau setara dengan Rp15,86 triliun rupiah.

kalau anda tertarik membaca lebih detail tentang awal mula djoko susanto mendirikan alfamart anda bisa membacanya di artikel tentang awal mula berdirinya Alfamart

Kelebihan Indomaret dan alfamart dibandingkan toko tradisional

  • kedua swalayan ini sering mengadakan promo untuk menarik pelanggan
  • lokasi alfamart dan indomaret selalu dekat dengan jalan raya, tempat ramai dan mudah di temukan
  • dapat dijumpai dimana mana baik di kota sampai ke pelosok pelosok pasti ada.
  • kasir dan pelayan toko ramah
  • lokasi yang bersih dan terang sehingga nyaman untuk berbelanja
  • lengkap segala keperluan ada di alfamart dan indomart
  • kasir menggunakan struk sehingga kita bisa dengan mudah mengecek harga barang

Kekurangan alfamart dan indomart

meskipun banyak kelebihan ternyata tidak sedikit kekurangan yang bisa kita jumpai pada dua swalayan ini, diantaranya:

  1. jika diteliti sebenarnya harga di indomaret dan alfamart itu lebih mahal dibandingkan warung dan pasar tetapi, mungkin beberapa orang belum menyadari dan menyangka harga di dua swalayan ini lebih murah padahal sama saja.
  2. harga di info produk yang dipajang di display kadang tidak diupdate oleh karyawan sehingga tidak sesuai dengan struk yang harus dibayar.
  3. uang kembalian sering di minta karyawan untuk di donasikan walau kita tidak pernah tau dan pihak indomaret serta alfamart tidak pernah terbuka terhadap pembeli uang sumbangannya digunakan untuk apa, karena bisa bayangkan jika uang kembalian 200 rupiah dikali ratusan ribu cabang dan jutaan pelanggan yang memberikan sumbangan berapa uang yang dihasilkan oleh dua toko ini?

Kesimpulan dan saran

  • teliti harga sebelum membeli
  • lebih baik belanja di toko tradisional karena selain membantu perekonomian warga lokal dengan berbelanja di toko tradisional kita akan membantu kemajuan perekonomian di daerah kita.

Nah mungkin itu dulu yang bisa saya berikan tentang pemilik alfamart dan indomart semoga bermanfaat 

9 tanggapan pada “Siapa Pemilik Alfamart dan Indomart, ini Jawabannya”

    1. lu kira itu orang-orang yang dibahas di artikel bukan orang negara sini? masih aja busuk mikir pribumi vs cina.

  1. Terutama pemerintah sebagai pemegang kekuasaan harus berpihak kepada rakyat kecil di desa yang modalnya pas pasan, banyak lho yang gulung tikar. Dengan ditunjang modal besar itu mereka bisa menyediakan kenyamanan berbelanja, ruang ber ac, penerangan yang cukup. Tolonglah pemerintah untuk berbuat bijak kepada raknyatnya.

    1. Sebenarnya untuk usaha mikro, kecil dan menengah pemerintah sudah menyediakan pinjaman modal contohnya untuk yang didesa adalah program pnm, beberapa bank juga suport untuk melakukan peminjaman…
      Cuma kita saja sebagai warga yang kurang teredukasi dengan baik, ketinggalan informasi dan selalu menunggu bantuan pemerintah…
      Mari berfikir dewasa, bijak dan Jangan hanya menunggu serta menyalahkan pemerintah untuk kesuksesan orang lain,..
      Kalau mau modal ya bikinlah proposal datang ke pemodal…
      Di Indonesia ada banyak kok yang sukses tanpa mengandalkan bantuan pemerintah contohnya mas zaki (bukalapak)…
      Bahkan serge brin penemu saja harus rela di tolak berkali-kali sebelum mendapat modal untuk memulai google

    2. Perlu waktu untuk bisa menjadi berhasil dalam segala usaha. Banyak pengusaha kita bisa berhasil setelah menekuni usaha dagangnya TAMPA bantuan pemerintah. Tapi banyak juga pengusaha yg gagal setelah menekuni usaha dagang nya beberapa tahun. Alangkah baik nya kalo kita cukup mengagumi ato mengakui bahwa org yg berhasil itu hebat ya?
      Terus kalo kita mau coba dagang seperti mereka yg berhasil, mulai-lah berkaria dari sekarang, pergunakanlah akal dan kemajuan technology yg ada. SARAN boleh saja, kepada pemerintah tapi rakyat kecil di desa harus mengunakan akal nya.
      Tidak semua org yg berhasil itu datang nya dari keluarga yg modalnya berlebihan, banyak dari keluarga yg tidak bermodal malahan.
      Kita harus banyak membaca sejarah2 kehidupan manusia*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.